April 09, 2019

Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Beberapa waktu yang lalu, aku pernah bilang ke salah satu teman kerjaku bahwa tidak penting seorang perempuan itu untuk pintar dalam merias wajah, yang paling penting adalah  bisa merawat wajah menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Kata-kata ini tiba-tiba saja keluar dari pikiranku, hmmm ini pertanda mulai dewasa atau karena aku kebanyakan mikir? Hahahaa... Seorang perempuan yang merawat wajah dengan seorang perempuan yang tidak merawat wajah pasti berbeda, coba aja bandingkan!

Aku mikirnya kulit wajah yang kenyal seperti 'nutrijel', lebih baik daripada kulit yang tidak sehat karena terlalu banyak atau terlalu lama memakai riasan. Yupp, sebenernya aku suka memakai riasan. Aku suka mengaplikasikan foundation, memakai eye shadow atau mascara. Tapi, tentu saja kita harus rajin membersihkan wajah setelahnya. Kalau tidak wow, bisa muncul jerawat atau mungkin komedo yang membandel.

Skincare yang digunakan juga tidak harus mahal, yang penting adalah sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, agar hasilnya pas dengan yang diharapkan. Selain itu kita juga harus tahu cara memakai skincare yang benar. Nah di bawah ini aku bakalan ngasih tahu rangkaian my morning routine skincare yang sering aku lakukan sebelum berangkat kerja. Karena kalau dirumah aja terkadang aku nggak memakai krim-kriman atau kalau mau keluar hanya pake sunscreen+pelembab saja.

1.    Pembersih atau Cleanser
Hal yang paling utama sebelum memakai skincare adalah membersihkan wajah. Biasanya aku membersihkan wajah hanya dengan air saja.  Aku tidak memakai sabun muka atau apapun itu. Kalau pagi hari wajah aku tidak terlalu kotor, hanya bersihin muka dari bekas skincare malam aja, dan biasanya itu berminyak.  Tapi, karena kemarin dapat free sabun cuci muka jadi cuci muka pake sabun, dan itu pun masih jarang banget kalau di pagi hari.

 Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah


2.    Penyegar atau Toner
Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Biasanya toner digunakan untuk mempersiapkan wajah menerima skincare yang lain. Toner tidak harus mahal yang penting sesuai dengan jenis kulit. Aku juga biasanya mengganti toner dengan air mawar, karena aku mikirnya banyak juga beauty blogger yang memakai air mawar untuk pengganti toner. Aku tidak tahu ini dibenarkan atau tidak tapi aku nggak ada masalah selama mengganti toner dengan air mawar. Untuk toner sendiri, beberapa orang lebih menyukai untuk memakai kapas, sedang aku langsung tuang di tangan, karena menurut aku kalau menggunakan kapas, lebih banyak toner yang terserap ke kapas daripada ke kulit. Tapi, yah its up to you, nggak masalah kok kalau kamu mau pakai kapas atau tangan kayak aku.

3.    Essence Water atau Serum
Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Aku termasuk jarang memakai serum di pagi hari, tapi kalau iseng aku  pake, essence water. Fungsinya sama seperti serum. Serum inilah yang diperlukan wajah untuk merawat kulit, meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini. Tapi, tentu saja setiap serum memiliki kandungan dan bahan aktif yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit juga. Aku lebih memilih memakai serum di malam hari, karena kita tidak beraktivitas sehingga kerja serum bisa maksimal. Cara mengaplikasikannya cukup tuang di tangan kemudian gosokan dengan tangan yang lain,lalu tempelkan di kedua pipi, kening dagu dan hidung dengan agak ditepuk-tepuk, lalu usap dengan lembut ke atas. Kamu rileks aja pas pake serum, biarkan serumnya meresap ke kulit wajah kamu.

4.    Tabir Surya atau Sunscreen
Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Beberapa orang dari beauty blogger selalu mengatakan untuk jangan pernah keluar rumah tanpa sunscreen, karena sinar matahari itu berbahaya. Hahaha, and finally aku termakan rayuan mereka, sehingga aku suka memakai sunscreen baik dari produk local maupun dari luar bila keluar ruangan. Fungsinya selain melindungi dari sinar jahat raja siang juga untuk melembabkan kulit. Nah, untuk pemakaian sunscreen sendiri ada beberapa orang menggunakannya setelah memakai pelembab tapi aku menggunakan sunscreen sebelum pelembab. Mereka tidak salah, karena aku sempat baca bahwa kandungan tertentu di sunscreen menentukan kapan kita harus memakai sunscreen. Kebetulan produk sunscreen yang aku pake saat ini mengharuskan untuk memakainya sebelum pelembab. Aku lupa apa nama kandungan tersebut. Hiks.., nanti aku tulis di lain waktu yah.

5.    Pelembab atau Moisturiser
Morning Skincare Routine ala Blog Rinjaniah

Terakhir aku menambahkan pelembab untuk mengunci air agar kelembapan kulit selalu terjaga. Gunakan pelembab dengan tekstur ringan.

Dan selesai, setelah pelembab biasanya aku langsung pake foundation atau bb cream dan make up ringan untuk ke kantor atau hangout. Kalau di rumah-rumah aja, yaudah nggak usah tambah apapun lagi. Khusus dihari minggu biasanya aku jarang pake skincare kecuali sunscreen sama pelembab, itu juga bila ingin keluar rumah. Kalau di rumah aja, nggak pake beginian apalagi kalau Hari Minggu  Siangnya aku lanjut ekspoliting plus maskeran.

Semoga tulisan aku mengenai my morning skincare routine ini bisa sedikit membantu, teman-teman yang masih baru-baru mau make skincare. Percayalah seorang perempuan yang merawat wajah dan tubuhnya akan kelihatan lebih muda dan segar daripada mereka yang ‘sabodo teuing’ dengan kesehatan kulit wajah.

Apapun itu, setiap orang berbeda produk skincare dan kebutuhannya. Selamat mencoba!

Sumber :kompas.com

8 komentar:

  1. sebenarnya aku pusing melihat itu semua karena, kebutuhan wanita memang banyak banget ya untuk merawat kulitnya supaya tetap putih dan halus gitu.

    BalasHapus
  2. eh tonerku juga pake some by mi. aku pake kapas sih, soalnya sekalian mengangkat sel-sel kulit mati. terasa banget ampuhnya

    btw, yang alat di sampingnya cleanser itu apa kak? aku baru tau

    BalasHapus
  3. Aku bingung milih skincare untuk laki-laki yang wajahnya berminyak. Ada rekomendasi skincare untuk laki-laki mba?
    Jika ada, boleh dong intip-intip speknya. Jadi pngen merawat diri sendiri agar jadi lebih baik dan bersih. :)

    BalasHapus
  4. wah.... asik juga kalau punya waktu buat pake skin care pagi ya kak. aku keburu kerja soalnya bangunnya mepet hehehe. Ntar boleh juga di coba dan di cek cek nih

    BalasHapus
  5. sunscreen nya aku juga pakai Wardah Mbak.
    duhh jadi pengen pakai toner yg dipakai pas malam hari
    Produk dari Innisfree belum pernah kucoba heheheee
    Makasih sharingnya ya mbak

    BalasHapus
  6. Kalau aku, sun screen bagian terakhir mbak. Jadi sabun muka, toner, serum, pelembab dan sun screen. Malam hari cuma ditambah dengan 2x pembersih dan 2x toner.


    Kan kalau wajahnya sehat, riasan apapun keliatan kece

    BalasHapus
  7. Kalau buru-buru gimana, bebh?
    Aku suka juga morning routine skin care, tapi simple.
    Dan samaan kita, pakai Innisfree.
    Tapi aku pakai yang greentea.

    Enakeun di kulit yaa...

    BalasHapus
  8. Aku kok galfok sama brush pinknya itu, beli di mana? hehe
    Lengkap ya mbak skincarenya. Aku pakai krim malam erha itu sih, bangun pagi bersihinnya pakai facial wash aja biasnaya. Eh itu sunscren wardah sama kyk aku :D

    BalasHapus