Lonsum, Lift dan Kliwon

5:00 AM


Foto Gedung Lonsum yang telah terjual

Gaes udah pada tau dong apa itu Lonsum? Lonsum atau London Sumatera adalah sebuah perusahaan perkebunan yang berada di empat pulau terbesar di Indonesia, salah satunya di Sumatera Utara, yaitu di Kota Medan.

Gedung ini dibangun pada tahun 1906 oleh Horrisons and Crosfield yang kemudian berkembang menjadi perusahaan perkebunan terkemuka di dunia dengan beberapa hektar perkebunan kelapa sawit, karet, kakao dan teh. 

Lonsum dilihat dari sudut Merdeka Walk

Selain digunakan sebagai kantor, Gedung Lonsum sekarang ini juga menjadi salah satu heritage yang berada di Kota Medan.  Dilihat dari bangunannya orang sudah dapat menyimpulkan bahwa bangunan ini merupakan benda heritage yang harus dipelihara keberadaannya. Selain itu gaes Gedung Lonsum yang terdiri dari empat lantai itu memiliki lift sederhana yang merupakan lift pertama yang dibangun di Kota  Medan.

#Lift Pertama di Kota Medan

Tampak luar lift yang terdapat di Gedung Lonsum
Gaes seperti yang ‘udah aku bilang barusan, bahwa di Gedung Lonsum in terdapat sebuah lift antik yang berupa kandang besi dan ditarik oleh beberap kabel yang digerakkan oleh energi dari PLN. Lift ini biasa digunakan untuk mengangkat orang dari lantai satu ke lantai empat ataupun ke lantai lainnya.

Menurut si penjaga lift, dulunya lift tersebut hanya digunakan oleh pejabat-pejabat ataupun atasan yang bekerja di Kantor Perkebunan tersebut. Sedangkan, karyawan biasa tidak diperbolehkan menaiki lift tersebut. Sehingga disediakan tangga disamping lift tersebut yang memanjang ke belakang atas.

Nahh,, sekarang lift tersebut tidak hanya digunakan oleh si bos saja, siapapun boleh make tuh lift. Kita juga nggak usah khawatir make liftnya, karena walaupun berbeda banget dengan lift-lift yang biasa kamu jumpain di mall tapi lift ini aman buat kamu karena ada bapak penjaga lift yang setia membantu kita untuk mengantarkan kita ke lantai tujuan kita. Yupz, karena di sana ada Bapak Kliwon, si penjaga lift di Lonsum, Medan.

#Kliwon

Kliwon dan Liftnya
Pak Kliwon sudah bekerja di Lonsum sebagai sejak tahun 1986, itu sekitaran 27 tahunan yang lalu. Sebagai seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan lift tersebut, Pak Kliwon telah diberikan pengarahan khusus sehingga memang tidak sembarang orang bisa mengoperasikan lift ini.

Lift ini juga tidak bisa mengangkut terlalu banyak orang, maksimal enam orang saja untuk ukuran orang-orang luar alias orang bule, gitu ujar Pak Kliwon. Dan enam orang itu belum termasuk dengan Pak Kliwon, loh!


Jadi kalo punya body yang “mungil-mungil” lift ini bisa mengangkut sampai delapan orang maksimalnya, kata beliau sambil tertawa mandangin badanku yang mungil.

Yahhh, Pak Kliwon kalo kayak aku bisa sampai 8 orang di lift, kan?? (*besok banyak makan ah biar agak gemukan lagi).

Itulah sepenggal ceritaku mengenai Lonsum Lift dan Kliwon.
Hope you enjoy it!

Rin



You Might Also Like

6 comments

  1. mirip sama time squarenya new york ya, keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah ke new york sih om, jadi kagak tauu,,tapi LONSUM emang kerennn kok om

      Hapus
  2. Namanya lucu, pak Kliwon.bangunan nya keren bgt Rin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hheeee,,iya mas,, lucu yahh, namanya? orangnya juga, polosgitu seperti orang-orang kampung yang baik hati,, alahhlebai mode on

      Hapus