Perjalanan yang Sangat Menarik di Brunei

8:25 PM

Hallo teman-teman, kali ini aku akan membahas mengenai Brunei Darussalam, yang mungkin bisa menjadi refernsi rencana liburan kamu. Mungkin memang negara ini kurang menjadi favorit sebagai destinasi wisata para turis ya, namun gak ada salahnya untuk memperhitungkan negara ini. Meskipun negara ini kecil, namun negara ini termasuk negara terkaya di dunia. Wow banget ‘kan?

Untuk menuju ke negara ini banyak maskapai yang bisa kamu gunakan nih, dari mulai Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, AirAsia, sampai maskapai nasional negara Brunei sendiri yakni Royal Brunei Airlines. Jika kamu ingin menuju Brunei tanpa harus transit terlebih dahulu, Royal Brunei Airlines bisa menjadi salah satu pilihan kamu nih.


Harga tiket Royal Brunei  juga tidak terlalu mahal untuk pelayanan yang akan kamu dapat selama di perjalanan. Yupp, sebagai maskapai nasional full service pastinya kamu nggak akan kecewa, dimulai dari staff yang ramah ketika check in, entertaiment yang disediakan, snack dan makanan yang disajikan, hingga pengalaman yang berbeda dengan maskapai lainnya. Apa yang berbeda dari Royal Brunei Airlines?

Mendapati pramugara/pramugari yang ramah tentu bukan hal yang aneh, namun yang berbeda adalah para pramugari Royal Brunei Airlines menggunakan pakaian yang sopan dan semuanya berjilbab. Selain itu, jika maskapai lain pertama kali menperlihatkan demonstrasi keselamatan, tapi hal yang dilakukan pertama kali maskapai ini adalah memutar video do’a perjalanan. Benar-benar maskapai yang unik yah ‘kan?.
Sumber : news.merahputih.com

Sumber : catperku.com
Keunikan yang kamu rasakan ketika naik maskapai ini, memang sangat khas dengan citra negara Brunei sebagai negara Islam. Keunikan – keunikan yang akan kamu rasakan jika berkunjung ke negara ini ternyata bukan saat perjalanan aja, namun juga ketika berada di sini. Negara ini bisa dibilang cukup sepi, hal tersebut dapat langsung kamu rasakan ketika sampai di Brunei International Airport.

Ya, jangan kaget yah ketika kamu melihat bandara ini sepi, karena memang tidak terlalu banyak pesawat yang melakukan penerbangan di sini. Ukuran bandara ini juga tidak terlalu besar, hampir seukuran terminal 3 bandara Soekarno Hatta namun lebih bersih, tertib, dan rapi. Sekeluarnya dari Bandara, kamu dapat menemui taksi jumlahnya pun tak terlalu banyak. Menurut informasi, jumlah taksi diseluruh Brunei tercatat 35 unit namun hanya 22 unit yang aktif beroperasi.

Sumber : baltyra.com

Sedikitnya taksi dikarenakan sebagian besar warga Brunei memang memiliki mobil. Meskipun sebagian besar warganya memiliki mobil, tapi disini gak ada tuh yang namanya kemacetan. Yupp, disini jarang banget yang namanya macet, kecuali ketika ada razia polisi. Hal ini bisa juga disebabkan karena luas jalan yang cukup lebar, tetapi penduduknya sedikit. Kondisi jalan di Ibukota Brunei ini pun tidak terlalu ramai, rapi dan juga tertib.

Sumber : panoramio.com
Kalau kamu udah jenuh sama kemacetan yang ada di Jakarta, bisalah berkunjung  ke sini untuk melepas penat. Well, balik lagi nih meskipun hampir seluruh penduduk Brunei memiliki mobil, tapi tau nggak si guys kalau ternyata gak ada yang namanya mobil jelek disini. Semua mobil berkelas dan mewah, keren banget kan! Meskipun kota Bandar Seri Begawan adalah Ibukota Negara Brunei Darussalam, namun kelihatannya kehidupan metropolitan tidak terlalu nampak di kota ini.

Hal ini dapat terlihat di mana pada jam 10 malam kota ini sudah sepi sekali, karena pada umumnya orang Brunei lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarga setelah bekerja. Hmm, patut ditiru nih guys. Bagaimana pun keluarga itu nomer satu! Right?

Meskipun rakyat Brunei adalah masyarakat yang tergolong makmur, tapi masyarakat disini tetap menjujung tinggi norma kesopanan. Seperti tidak menunjuk menggunakan telunjuk, melainkan menggunakan jempol (kalau ini sih mirip orang jawa yah?), wanita wajib berjilbab, melarang lelaki dan perempuan bukan mahram berduaan, dan melarang perdagangan minuman keras. Salut ya guys dengan negara yang satu ini, meskipun kaya raya namun tetap bersahaja.

Kesultanan Brunei juga ternyata sangat mendukung kemakmuran warganya, seperti pendidikan gratis, dan untuk biaya kesehatan pun hanya cukup membayar satu dollar saja, lalu sisanya negara yang akan membayarnya. Ini berlaku baik itu untuk pengobatan dalam negeri maupun luar negeri. Keren banget yah?

Sebenarnya masih banyak hal – hal keren yang bisa kamu temuin di sini, seperti masjid – masjid keren, tempat wisata yang keren, tarif bus yang hanya 1 dollar kemanapun tujuannya, dan hal-hal lain yang bisa kamu rasakan sendiri ketika disini. so, jangan lupa liburan nanti kesini ya guys! See you!


You Might Also Like

48 comments

  1. Wahhh....
    pengen juga ah ke Brunei.
    kali aja dapat jodoh disana anak raja gitu.
    hhehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya mau juga dong dapat jodoh orang sana, hehehe

      Hapus
  2. Benar-benar menerapkan syariat Islam ya negaranya. Bagus banget.
    Selama ini ga pernah kepikiran pengen ke Brunei. Bahkan baru tahu kalo nama maskapainya Royal Brunei Airlines.
    Makasih infonya

    BalasHapus
  3. Bagus juga nih kayanya brunei airlines. Justru enakan sepi drpd rame. Jadi tidak perlu waswas juga

    BalasHapus
  4. Benar2 terjamin ya rakyat negara Brunei, bisa mendapatkan pendidikan gratis dan pengobatan sangat murah begitu

    Orang di kampung saya yang dulu bekerja di Arab mulai pindah ke Brunei lho Mbak, ada Yang jadi sopir, ART dan tukang bangunan. Gajinya lumayan

    BalasHapus
  5. Sdh lama pengen berkunjung ke negara ini. Deket ya ama indonesia.kl buat honeymoon boleh jg tuh. Secara kotanya sepi dan nyaman.hehehe

    BalasHapus
  6. Semoga bisa terbang ke luar negeri khususnya ke Brunei Darussalam ya Allah.... Amiin #jalan2blogger #jalan2men

    BalasHapus
  7. wah perlu di contoh tuch, usai kerja dirumah bersama keluarga. Kalau Indonesia kadang nongkrong sama teman sampai malam ehhehe

    BalasHapus
  8. Wiih... keren banget, pengobatan ke luar negeri pun di-cover sama negara. Kapan ya kita gitu? hihi... :D

    BalasHapus
  9. Syariat islam kalau diterapkan dengan baik memang indah, saya jadi ingin berlibur di sana. Semoga suatu saat saya punya kesempatan untuk pergi ke sana. Beautiful place :)

    BalasHapus
  10. Mendapati pramugara/pramugari yang ramah tentu bukan hal yang aneh, namun yang berbeda adalah para pramugari Royal Brunei Airlines menggunakan pakaian yang sopan dan semuanya berjilbab.

    Tapi .. tapi .. tapi. Kan di pesawat yang bikin menarik itu :'(

    Ini pengalaman pribadi rin? Saya mau menyentil sisi nasionalisme kamu. Kenapa kamu membanggakan 1 dollar bis ke seluruh penjuru kota, padahal di jakarta ke seluruh penjuru kota bisa digapai dengan harga 0.3 dolar saja. #dibahas.

    BalasHapus
  11. Aku suka banget sama negara Brunei. Hampir ga pernah terdengar cekcok negaranya ke luar. Masya Allah banget. Jam 10 udah sepi ya, hampir-hampir sama dengan kota yang pernah aku tempati dulu, kota Tanjungpinang. Jam 10 udah pada sepi, udah pada pulang ke rumah :)

    BalasHapus
  12. Pingiiinn ke Brunai..
    Cakep banget pemandangannya.

    BalasHapus
  13. Yeay! berhubungan aku tinggal satu pulau dengan brunei jadi sudh beberapa kali mampir ke negara ini tanpa harus pake pesawat hehehe. jangan lupa mampir ke mesjid kubah emas dan kampung ayer yak

    BalasHapus
  14. Tempat wisatanya disana apa aja kak rin?

    BalasHapus
  15. Suka sama konsep penerbangan Royal Brunei Airlines. Aman, sopan, dan nyaman.

    Wah, bisa jadi destinasi liburan nih. Tapi harga makanan dan barang2 disana kira2 di sana mahal nggak ya? ^,^

    BalasHapus
  16. Bayangin yang kalau nunjuk pake jempol, suka menghabiskan waktu sama keluarga setelah bekerja, rasanya ini kayak cerminan kotaku banget mbak. Ehm lebih ke kabupaten sih, bedanya bangunan dan mobil di sana bagus. Di sini masih banyak yang sederhana :))

    BalasHapus
  17. wah keren banget nih tata kelola lalu lintas brunei, yg jalanannya anti kemacetan..
    Ya bisa diterapkan juga di indonesia, tapi kenapa bebas macet ya menurutku wajar wkwkw
    habisnya penduduk brunei kan tidak sepadat penduduk jakarta :D

    BalasHapus
  18. Saya tidak hanya ingin berlibur di sana, tapi jadi ingin tinggal di sana juga he he he
    Agar bisa menikmati ketentraman dan kemakmuran negara yang benar-benar Islami itu.

    BalasHapus
  19. waduh itu kotanya sepi aja ya kayak jam 3 pagi, ngomong2 mbak destinasi wisata disana yg paling terkenal apa aja ya ? ._.

    BalasHapus
  20. Kayaknya wajar aja deh ya, jika jalanan brunei sepi dan bebas macet, karena ya itu penduduk brunei yang relatif sedikit dibandingkan penduduk jakarta, dan juga banyaknya jalan yang dimiliki brunei jauh lebih banyak dbandingkan jumlah kendaraan yang ada, jika dibandingkan dengan jakarta ya beda jauh...

    BalasHapus
  21. Brunei walaupun satu rumpun sama negara kita, baru sadar ternyata brunei negara yang menggratiskan pendidikan, kayanya jadi list buat travelling nih brunei hee
    terimakasih infonya

    BalasHapus
  22. wih asyik yang bisa jalan2 kesana...
    jadi pengen... moga2 bisa ke sana

    BalasHapus
  23. Jadi penasaran warga negara Brunei ada berapa, kan katanya sebagian besar punya mobil tapi enggak macet? Brunei itu termasuk negara kecil ya, jdi mudah diatur dan ditertibkan kyknya...

    BalasHapus
  24. Punya cita-cita ingin ke negara ini suatu hari nanti. Dan beneran deh semakin mupeng liat artikelnya mbak Rinrin hehehe disana adem banget ya mbak. :D

    BalasHapus
  25. Saya cuma berandai-andai, coba ya pemerintahan Brunei mau merelakan waktunya sedikit saja, buat ekspansi sebagaian p3nduduk Indonesia.. hehehe*duh ngaco

    Pengen suatu saat jalan2 (berharap nunggu endors aja sih) ke Brunei..

    BalasHapus
  26. Jadi di sana gak macetan ya....
    makmurnya Brunai, ada andil kesultanan dan jg rakyatnya yg gak sikut2 tan. Saluttt bgt

    BalasHapus
  27. Dulu pas sma sempat review salah satu masjid mewah di Brunei dan ada keinginan ke sana. Seakan diingatkan kembali untuk ke Brunei. Semoga kesampaian. Aamiin

    BalasHapus
  28. Wah asyik banget ya mba keluatannya buat santai. Kotanya teduh. Jadi dapat view yang berbeda dari kebanyakan kota metropolitan lain. Kalau lihat sepintas karakter kotanya mirip ya sama kota2 lain di Kalimantan atau Sumatera. Bedanya karena Brunei ibukota negara jadi fasilitasnya lebih lengkap. Semoga suatu kali bisa liburan ke sana. :-)

    BalasHapus
  29. Kayanya enak tinggal di brunei. masih sepi. :)

    BalasHapus
  30. Wahhh baru tauuu kalau bandaranya sepiiii. Mungkin karena emang luas negaranya juga kecil, maka warganya sedikit, dan pemerintah nya lebih mudah memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya hehe

    BalasHapus
  31. baru tau kalo total taxi yang ada di sana cuma 35 unit aja, kebayang jalanannya sepi banget ya, oia untuk tempat wisatanya di sana ada apa aja sih mba?

    BalasHapus
  32. Wah bisa jadi tempat pelarian kalo bosen dengan hiruk pikuk kota yang padat ya. Boleh juga ini negara dikunjungi.... :)

    BalasHapus
  33. Keren banget ya di sana. Saya baca dgn perasaan wow...
    Jadi, negara kecil ini punya keunikan yg sangat islami, ya. Benar2 tak ada diskotik atau kehidupan malam?

    BalasHapus
  34. Belum pernah ke Brunei.. Ada apa ya yang menarik dan recommended di sana?

    BalasHapus
  35. Bukan cuma baju syari.. airlines ternyata ada yang syari juga.. :D

    Beberapa kali baca postingan teman bloger tentang Brunei, emang kayak Negara yang makmur gitu, keamanan pendidikan segala terjamin.

    BalasHapus
  36. Wahhh Brunei! Sepertinya menarik buat dukunjungi yaaa...
    Lagi banyak promo maskapai penerbangannya juga ya 😄

    BalasHapus
  37. Royal Brunei Airlines ini juga masuk dalam daftar maskapai yg menyajikan makanan halal on board, keren yah :)

    BalasHapus
  38. Lalu.. Lalu.. Kesayangan aku si fakhrulrazy yang dr brunai itu kamu nggak bahas rin? Aku sedih

    BalasHapus
  39. Ayo ke Brunei Yuksss Rinn
    Ini salah satu negara kayaaa yg harus diki jungi nih XD

    BalasHapus
  40. Aku pingin banget ke brunei mau ketemu orang yang mengenalkan aku dengan blog tahun 2003 silam

    BalasHapus
  41. Huwa... bebas macet! Jadi pengin kesana suatu saat. Emang bener-bener keren ya Brune Darussalam. Syariah Islamnya dijalanin, warganya mudah diatur dan sopan.

    BalasHapus
  42. Sepi jalanannya, kayak kota kecil di Indonesia. Hihihi. Tapi jangan membandingkan dengan Indonesia, ah, temenku yang di Brunei kangen karena belanja di sana musti nyetir 10 km-an. Kalo di Indonesia kan ada tukang sayur lewat, 😂

    BalasHapus
  43. Langsung ke Pontianak dong. kan deket, satu pulau inih, sekalian icip icip makanan disini :)

    BalasHapus
  44. wah Brunei pernah masuk dalam list tur Asia Tenggara saya nih, cuma kalah bersaing dengan negara-negara lain, karena bingung disana khasnya paan ya? bisa bantu info & jelaskan menurut Rin apa menariknya disana, selain bis yang 1 USD hehehe #dibahas
    anyway poin bagus yang ngga macet dan jam 10 udah di rumah semua, ngga ada yang kelayapan kayak di Jakarta.

    BalasHapus
  45. Waaah...
    Di sana ada wisata alam nggak kak?

    BalasHapus