Menata Taman Anda dengan Fengshui

3:33 PM

Memiliki halaman yang luas dan lapang di depan pintu masuk baik untuk rumah.Anda selain dapat mengumpulkan qi yang lebih banyak juga Anda bisa menyalurkan hobi Anda untuk memiliki taman yang cantik.
Dalam fengshui , kita mengenail istilah yin yang. Yang menerangkan bahwa setiap benda di alam semseta ini pada dasarnya merupakan dua kekuatan yang saling berlawanan, namun saling melengkapi. Keseimbangan inilah yang merupakan bagian dari fengshui.
Yin  disimbolkan air dengan sifat dingin, pasif, lembut, halus dan sifat lain yang lebih tenang. Sedangkan Yang  disimbolkan sebagai api bersifat panas, aktif, terang, agresif dan lebih bergejolak. Kedua aspek yang saling berlawanan ini mencakup segala aspek pada kehidupan manusia, termasuk dalam desain rumah tinggal.
Pada dasarnya, prinsip yin  yang sama dengan pronsip desain secara umum, yaitu keseimbangan merupakan salah satu faktor utama terciptanya desain ruang yang nyaman sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.
Pada taman juga berlaku keseimbangan yin dan yang. Sebagai contoh, taman sebagai sarana yin  dan aksesorisnya sebagai yang, keduanya harus berpadu dengan serasi untuk memberikan kenyamanan si pemilik rumah.
Di bawah ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menata taman berdasarkan fengshui!
  • Tanaman berbunga dan berbuah
Dalam fengshui tanaman yang berbunga dan berbuah digunakan untuk menepis energi negatif dalam bentuk pemandangan yang kurang sedap. Bunga memberikan tampilan warna yang ceria. Taman Anda pun tidak melulu dipenuhi daun. Kehadiran bunga aneka warna bisa memberi kesegaran. Mata pun dimanjakan dengan penglihataan yang indah. Begitu juga dengan buah yang memberikan banyak manfaat. Semua ini bisa memberikan qi pemandangan yang positif ke dalam rumah Anda.
  • Pepohonan
Perhatikan penempatan pohon sebelum Anda tanam, sebaiknya Anda memilih lokasi yang bersebrangan dengan area yang jelek. Rumah sakit atau kuburan, misalnya. Pohon dapat mengahmbat datangnya energi buruk dari lingkungan luar rumah.
Sebaiknya, hindari meletakkan pohon di depan pintu masuk rumah karena hal ini dapat  menghalangi qi  masuk. Penanaman pohon juga jangan terlalu dekat dengan bangunan, apalagi yang akarnya kuat. Struktur pohon yang kuat dapat mengganggu struktur bangunan.

  • Air
Menempatkan elemen air di taman dapat menyejukkan area sekitarnya. Mendengar gemericik air juga terasa menenangkan.Dalam fengshui, gemericik air adalah qi  suara. Keberadaan air, dalam kolam misalnya, sebaiknya selalu dijaga agar tetap mengalisr guna mengingkatkan terkumpulnya qi  sebelum “diundang” masuk ke dalam rumah.

  • Pagar bambu

Bambu memiliki nilai filosofis yang menyimbolkan tingginya tingkat fleksibilitas dan adaptasi terhadap naik turunnya grafik kehidupan. Penggunaannya di taman bisa berfungsi sebagai pagar. Selain tampilan narural, pagar bambu dapat menyaring suara bising atau qi suara yang negatif dari luar rumah.


  • Lonceng/Genta angin
Suara yang dihasilkan genta angin biasanya digunakan untuk menepis sha chi (energi negatif) yang berasal dari energi “wu huang” , yang menstimulasi malapetaka dan penyakit berat. Untuk menepis sha chi seperti ini,, Anda bisa menambahkan lonceng angin yang digantung pada sektor luar rumah yang sedang dihinggapi “wu huang” . Selain suara dari lonceng Anda juga bisa menghadirkan gemericik air dan desir angin lewat tanaman yang rimbun.
Kicau burung juga dapat mendatangkan qi. Namun bukan berarti Anda harus memelihara burung. Mengurung burung sama artinya dengan memenjarakan kehidupan makhluk hidup lain. Ini memberikan energi yang tidak baik bagi rumah Anda.

  • Stepping Stone
 
Stepping stone sebagai bagian dari elemen taman bersifat yang atau keras dan maskulin. Untuk mengimbanginya, sebaiknya stepping stone dibuat tidak kaku. Buatlah bentuk atau alur yang melengkung, sehingga keseimbangan pun tercipta. Dekorasi stepping stone yag berliku dapat melembutkan aliran qi yangterlalu deras dari arah luar rumah.(IDEA,87/viii/2011)

You Might Also Like

2 comments

  1. Itu rupanya lonceng genta angin fungsinya yah, mantap juga artikelnya

    BalasHapus
  2. học kế toán tại đà nẵng
    học kế toán thực hành tại đồng nai

    http://kylin1st.com
    http://cattleyavn.com
    http://kenyseo.com
    http://ngoduong89.com
    trung tâm dạy kế toán
    http://meomeo007.com
    học kế toán tại huế tốc độ vận chuyển rất nhanh, dịch hóa chân khí càng trở nên tinh thuần,
    chất lượng năng lượng đang từng bước tăng lên.

    Sau khi Đoạn Vân đem chân khí vận hành vài lần, Đoạn Vân phát hiện chân
    khí đang dũng mãnh tiến vào đan điền của mình và bắt đầu phát sinh biến
    hóa. Biến hóa này quả là khác hẳn những gì Đoạn Vân đã tưởng tượng. Từ
    hình thái chất lỏng như nước, dần dần biến thành chất lỏng đặc sệt lại
    như dầu. Nói cách khác, trạng thái chân khí của Đoạn Vân ở tầng thứ bảy,
    không phải là chân khí đông lại, mà là du hóa chân khí (chân khí hóa
    dầu). Từ mức độ năng lượng ẩn chứa, Đoạn Vân phát hiện ra chân khí vẫn
    đang ở trạng thái lỏng rồi trong nháy mắt bị ép nhỏ đi vài lần, tựa hồ
    như bị bốc hơi đi. Còn cường độ năng lượng của du hóa chân khí thay thế
    xem ra cũng mạnh hơn chân khí ở thể lỏng vài lần. Dựa theo phương pháp
    ép chân khí thành dịch thể lần trước, Đoạn Vân luôn luôn đem chân nguyên
    trong cơ thể không ngừng vận chuyển. Thông qua thần thức cường đại, Đoạn
    Vân phát hiện ra một phần của chân khí lỏng lúc trước bây giờ lại thấm
    vào thân thể mình, làm cường hóa thân thể.

    Chân khí cứ liên tục được vận chuyển, ước chừng sau khi chân khí vận
    chuyển bảy bảy bốn mươi chín chu thiên, Đoạn Vân cũng đã hoàn toàn

    http://01embesexy.com
    http://tradaboho.com
    chung cư eco city long biên
    http://nguoicodanh.net
    http://chotruongyen.com
    http://caubesieunhan.com

    BalasHapus