Notif! Magz: Majalah Online Buat para Blogger

8:00 AM

Memposting tulisan di dalam sebuah blog menjadi suatu tren baru dalam  gaya hidup sekarang ini. Saat ini, setiap orang telah memiliki blognya masing-masing dengan berbagai isi. Diantara mereka ada yang fokus mengisi blog pribadinya dengan ciri khas dari si penulis sendiri, sehingga menciptakan Personal Branding bagi dirinya beserta blognya, ada juga yang masih ragu untuk menciptakan sebuah ciri khas dari blog yang dimilikinya, sehingga memasukkan semua tema cerita dalam satu blog, yang pasti tulisan itu ingin di share oleh penulisnya di blogosphere (dunia blog).

Apapun isi blog tersebut, selama masih dalam kaidah-kaidah yang dipebolehkan dalam berinternet sehat serta tidak melanggar UU ITE, maka masih diperbolehkan. Ternyata ada berbagai alasan orang untuk membuat blog, diantaranya ingin membagi informasi, curhat, ikut-ikutan, dan lain-lain.


Pada bulan kedua di awal tahun 2014 ini, Warung Blogger dan tim akhirnya berhasil merilis sebuah majalah online pertama dari Warung Blogger, yang diterbitkan tanggal 26 Februari 2014, dan diberi nama NOTIF! Magazine, yang merupakan majalah online Indonesia untuk para Blogger Indonesia pada khususnya.
Cover Depan e-magz Notif!
Notif! Magz lahir berdasarkan ide dari salah seorang blogger dari Warung Blogger yang merupakan admin dari Warung Blogger itu sendiri. (Boleh sebut namakah di sini?) Ide ini kemudian di sambut baik oleh beberapa blogger lain yang ada di Pojok WB yaitu sebuah forum aktif dari Warung Blogger di WhatsApp!.

Setelah mengalami diskusi yang cukup panjang dan alot akhirnya, beberapa blogger yang tertarik untuk bergabung dan berkembang bersama di dunia Jurnalistik dan kepenulisan membentuk grup baru khusus, untuk memudahkan dalam berdiskusi menciptakan ide-ide segar dan kreatif untuk mengisi e-Magz yang akan di rilis tiap bulannya.

Nama sangat penting sebagai sebuah identitas dari apa yang mau kita tunjukkan kepada pembaca. Ketika pertama kali dibahas, e-magz ini diberi nama WBLOGMAGZ dengan tagline : Say no to Plagiarsm.

Konten yang direncanakan diawal pembentukan e-magz yaitu:

h        Aktivitas para blogger
h        Tips dalam nge-Blog
h        Event atau Lomba
h        Budaya
h        Fiksi / Flash Fiction
h        Catatan Kaki atau Renungan
h        Kuliner
h        Traveling (seorang blogger yang punya catatan perjalanan bisa ikut mengisi rubik ini)
h        Puisi

Struktur kepanitian yang direncanakan :

h        Redaktur
h        Editor
h        Designer
h        Marketing
h        Reporter/Kontributor

Setelah beberapa kali berdiskusi dengan anggota redaksi, akhirnya di pilihlah Notif! Magz dengan tagline No Limit For Our Creativity.  Untuk pemilihan nama e-magz sendiri terjadi cukup lama. Berikut calon-calon nama beserta designnya sampai akhirnya terpilihlah logo notif! magz seperti gambar berkut!

Logo dari Notif!Magz
Notif! Magz~No limit for our creativity

Awal tahun 2014, merupakan waktu yang tepat untuk memulai sebuah hal yang baru, blogging yang memanjakan kita dengan segala kebebasan untuk berbagi as if there is no limit for our creativity, we are trying to develop our new way of sharing and expressing something through an online magazine, Notif!. Its main purpose is to provide a media for your new idea(s) (@MahadewiShaleh-Deputy Editor In Chief)

Di edisi pertama ini Notif! Magz masih mengangkat tema Imlek dilihat dari desain cover dan isi Notif! Magz. Isi dari Notif! ini sendiri cukup beragam, dimana semua tulisan yang terdapat di Notif! Magz ini adalah buah karya dari blogger-blogger yang tergabung di Warung Blogger.
Notif! Magz adalah bagian dari Warung Blogger yaitu sebuah komunitas atau wadah bagi para blogger-blogger untuk saling sharing dan berdiskusi mengenai blog serta kegiatan Blogwalking (saling mengunjungi blog milik orang lain) yang dilakukan oleh anggota WB.

Isi Notif! Magz

Penasaran dengan isi Notif! Magz ? Teman-teman bisa mendonlot langsung di notifmagz.com. Temukan, notif!-notif! apa saja yang bisa kamu nikmati sambil membunuh waktu luangmu. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan tips khusus untuk para blogger tersebut.
Daftar isi e-Magz Notif!
Diantara semua Notif! yang ada di majalah tersebut aku paling menyukai NotiFigure, yang menampilkan sosok cantik Angela Friska Timothy, seorang penyandang Tuna Rungu yang kini bekerja di ILO (International Labour Organization), yaitu organisasi ketenagakerjaan dunia sebagai Disability Programme Consultant.

Memiliki keterbatasan bukan berarti kamu juga terbatas dalam meraih mimpimu! Itu yang dapat aku tangkap dari tulisan itu. Diantara kelemahanmu pasti terdapat satu kekuatanmu!
Terima kasih untuk Mba @cindraprasasti (diarysofcindra.blogspot.com) yang telah mewawancarai serta menuliskan sosok Friska ini, semoga menginspirasi semua orang yang membaca kisahnya, termasuk aku.

Notifigurre edisi pertama dari Notif! Magz
Nama e-magz             Notif! Magz
Tagline                         No limit for our creativity
Part of                          Warung Blogger
Redaksi                        Member of Warung Blogger
Twitter                         @BloggerMagzID
Website WB                 Warungblogger.org
Website E-Magz          Emagz.warungblogger.org
Email                             BloggerMagzID@gmail.com



You Might Also Like

16 comments

  1. Kalian berdua, komennya ga berbobot banget sihhh,, aaarrrggghhh

    BalasHapus
  2. wah keren nih, oh ya jangan lupa kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/pekerjaan-yang-cocok-untuk-orang-cerdas.html

    BalasHapus
  3. tulisan gw ga di masukin :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haruskah mas??? ngiri yah, karena aku lebih suka tulisannya mba cindra,, ahahahaa

      Hapus
  4. saya udah download tapi filenya kok ga bisa dibuka yah?? fyi saya download pake laptop. :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. file nya dalam bentuk pdf,,mba -mas Notif Reader.

      Hapus
  5. aaah ririn aku jadi maluuuu ahahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. neh mba kertas koran, buat tutupin mukanya,, heee

      Hapus
  6. Hahaha sabar ya yan, nanti ke dua masuk, insha Allah!

    Thanks ya udah post. Mari liat yang lainnya di sini ya:
    Yang udah ngepost ini linknya, siapa tau mau saling sapa hahah
    1. Mahadews: http://www.msmahadewi.com/2014/03/welcoming-our-new-lovelies.html
    2. Yandhi: http://blognyayandi.blogspot.com/2014/03/notif-first-edition.html
    3. Elang: http://www.elangweb.in/2014/03/edisi-pertama-notif-magazine-telah.html
    4. Cindra: http://diarysofcindra.blogspot.com/2014/03/notif-magz-emagz-untuk-para-blogger.html
    5. Nurri: http://nurri-nurliana.blogspot.com/2014/02/akhirnya-terbit-juga.html
    6. Jung: http://www.jungjawa.com/2014/03/notif-magz-brand-new-magz.html

    BalasHapus
  7. Majalah Online, menghemat pemakaian.

    BalasHapus