Lontong Adabi : Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong

7:21 PM

Gaes, kalian suka makan lontong atau ketupat nasi? Hmm, makanan ini bisa dinikmati dengan beragam jenis makanan lainnya seperi sate, sayur lodeh, pecel dan lain-lain. Di Kota Medan lontong dijadikan sebagai salah satu menu favorit untuk sarapan dan tentu saja lontong menjadi menu wajib di saat lebaran (Idul Fitri) tidak hanya di Kota Medan saja ini juga terjadi di beberapa kota di Indonesia. Bisa bayangkan ‘kan bagaimana muaknya makan lontong? hehehe

Btw, kalian tahu tidak cara memasak lontong? Hayoo, jangan tahu makan aja yah.. Hehehee.. Memasak lontong tidaklah sulit, tapi menunggu agar beras itu masak dan siap untuk dihidangkan itu butuh kesabaran yang super, karena memasak lontong itu memakan banyak waktu.

Keluargaku di Cianjur tidak memasak lontong tapi, memasak ketupat dengan bungkus yang terkadang kami buat sendiri dari daun pohon kelapa. Ini kami lakukan saat menjelang Idul Fitri. Ketupat nasi dan lontong sebenarnya sama saja, sama-sama terbuat dari beras dan rasanya pun hampir sama, yang membedakan hanya pembungkus lontong dan bentuknya saja.

Bagi kamu-kamu atau ibu-ibu yang tidak mau repot memasak lontong biasanya suka memesan lontong kepada orang lain, setelah jadi biasanya yang buat lontong suka nganter  tuh lontong  ke rumah. Eh, tunggu dulu kita juga bisa loh masak lontong sendiri, praktis, enak dan hemat waktu plus tenaga. Ini dia lontong praktis yang sudah aku coba, yaitu Lontong atau Ketupat Nasi dari Adabi.

Adabi adalah sebuah perusahaan supplier makanan yang berasal dari Malaysia. Produknya tidak hanya lontong tapi ada juga sarden, seperti yang pernah aku tulis sebelumnya di sini. Selain itu ada juga perencah nasi goreng dan bumbu-bumbu praktis untuk masakan lainnya.

Lontong Adabi terbuat dari campuran beras pilihan dan bumbu perasa lainnya. Hal inilah yang menjadikan lontong Adabi enak, dan harum serta bersih. Plastik berlubang yang digunakan juga aman bagi kesehatan, sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai plastik tersebut. Plastik  yang digunakan untuk meng-cover beras adalah plastik HDPE jadi aman, karena sudah diteliti sebelumnya. So, kamu tidak perlu khawatir dengan plastik ini.  HDPE (High Density Polyethylene) tahan terhadap suhu tinggi sampai dengan 106o Celsius.

Lontong Adabi :  Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong
Persiapan Memasak Lontong (Ketupat Nasi) Adabi
Cara Memasak Lontong Adabi juga sangat mudah dan praktis. Kita hanya perlu merebusnya dengan air dan biarkan 60 sampai 90 menit, hingga lontong masak. Jangan lupa yah, airnya jangan kurang karena kita akan merebusnya satu jam lebih. So, masukkan airnya sampai si calon lontong atau beras yang berada dalam plastik mengapung. Saat lontong direbus tutup panci untuk merebus lontong, agar lontong cepat masak. Setelah 90 menit kita bisa langsung angkat, hati-hati lontongnya panas. Diamkan lontong sampai dingin baru kita bisa potong dan hidangkan dengan sate, sayur lodeh atau  menu lainnya.

Lontong Adabi :  Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong
Nunggu Lontong dari Adabi ini dingin
Notes  penting saat memasak Lontong adalah jangan sampai plastik berlubang yang menampung beras itu terpotong. Walaupun plastik yang digunakan lumayan kuat. Selain itu, berasa yang ada dalam plastik tidak disarankan untuk dicuci atau merendamnya terlebih dahulu, agar rasa dari Lontong Adabi ini tetap terjaga.

Lontong Adabi :  Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong
Lontong Adabi Disandingkan dengan Sate. Mantap!
Aku dan keluargaku juga menyukai lontong Adabi, selain tidak lembek, kata tanteku yang sudah berpengalaman memasak lontong, Lontong Adabi ini wangi. Ini mungkin karena Adabi menggunakan beras pilihan sehingga lontongnya jadi harum dan enak. Beliau malah berencana untuk membeli dan membuat Lontong Adabi untuk lebaran ntar. Hmm, kalau teman mau nyoba Lontong Adabi bisa banget, karena Lontong Adabi sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Lontong Adabi :  Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong
Di tambah sayur ini juga enak
Hayukkkk, masak lontong. Berasa expert banget jadinya, heheee pertama kali buat lontong langsung enak  seperti ini, heheheee… Kalian nggak mau nyoba? Tidak ada salahnya nyobain ‘kan, biar teman-teman bisa membandingkan dengan lontong atau ketupat nasi buatan ibu kalian atau lontong buatan tetangga.

Lontong Adabi atau Ketupat Nasi dari Adabi ini berisi dua bungkus dengan berat 130 gram per bungkusnya. Satu pack Lontong Adabi atau Ketupat  Nasi Adabi bisa disantap oleh 4-5 orang.

Selamat Mencoba, guys!

Lontong Adabi :  Pilihan Tepat dalam Memasak Lontong
Selamat Menikmati Lontong atau Ketupat Nasi Adabi


You Might Also Like

2 comments

  1. Bisa dipadanin dengan bermacam jenis lauk ya... rasanya makin komplit 😀

    BalasHapus
  2. Praktis banget membuat lontong yang satu ini :D

    BalasHapus