Aturan Minum Air Putih

9:02 PM

Aturan Minum Air Putih
Mari Minum Air Putih!
Tahukah kamu bahwa air putih itu adalah salah satu zat yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki kandungan air yang paling besar, yaitu kurang lebih 90%. Bisa kita bayangin ‘kan, kalau kita kekurangan air atau cairan? Kita bisa dehidrasi. Hal ini ditandai dengan kulit yang kasar dan kering serta terlihat pucat. Hmm, aku dulu termasuk salah satu orang yang males banget minum, karena males bolak-balik ke kamar mandi. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai rajin meminum air putih. Walaupun terkadang tidak sebanyak yang seharusnya. Sehari semalam aku bisa menghabiskan kurang-lebih 2,5 liter. Emang ini masih kurang banyak, tapi kalau malam tiba, aku dikit minum air putih, karena masih malas untuk bolak-balik ke kamar mandi, apalagi kalau malam-malam.

Aku paling suka menulis, mengerjakan part time job, atau nonton film itu malam-malam. Jadi, lucu aja yah kalau tiba-tiba setiap satu jam sekali aku harus ke kamar mandi. Apalagi pas tengah malam, yang aku takutkan itu satu hal kecoa! Biasanya di sepanjang jalan menuju kamar mandi, ada aja kecoa yang entah pada ngapain. Di lantai, meja dapur bahkan di kamar mandinya sendiri terdapat beberapa kecoa. Yang paling menyeramkan itu kecoa terbang! (*Oh, I can’t remember it). Baiklah mari kita lanjut ke bahasan semula yaitu meminum air putih.

Hayoo, masih ingat nggak satu anjuran yang mengharuskan kita untuk meminum air putih itu delapan gelas sehari? Hmmm, banyak yah. Nggak tahu deh gimana caranya kita bisa menghabisakan air sebanyak delapan gelas itu, selama sehari-semalam? Begitu kira-kira yang aku pikirkan saat masih kecil. Sekarang, aku sadar ternyata kita bisa loh menghabiskan air putih selama delapan gelas sehari, caranya dengan mematuhi aturan minum air putih yang disarankan.

Yupp, ternyata minum air putih itu ada aturannya loh. Berdasarkan buku Gaya Hidup Organik: Sehat Tanpa Mahal karya Christopher Emille Jayanata dan Ahmad Kholil, berikut beberapa aturan minum air putih yang benar setiap hari.
  • Satu gelas pertama saat bangun pagi, sebelum sikat gigi dan makan pagi (sekitar jam lima pagi atau setelah bangun tidur);
  • Satu gelas kedua saat akan berangkat bekerja (sekitar jam delapan pagi);
  • Satu gelas ketiga saat dilingkungan kerja dan saat berkegiatan (sekitar jam sebelas siang);
  • Satu gelas keempat 30 menit sebelum atau satu jam setelah makan siang (sekitar sekitar jam satu siang);
  • Satu jam kelima dan keenam saat menjelang sore (antara jam dua siang sampai jam lima sore);
  • Satu gelas ketujuh satu jam sebelum makan malam (sekitar jam enam sore); dan
  • Satu gelas kedelapan beberapa saat sebelum tidur (sekitar jam delapan atau sembilan malam).

Jika kamu memenuhi aturan minum air putih di atas, aku yakin kamu bakalan sehat dan tidak kekurangan cairan. Hanya siap-siap saja mengunjungi kamar mandi lebih sering dari biasanya, hehehe. Nggak apa-apa sih, itu bagus bagi tubuh kamu.

Selamat minum air putih teman-teman, ingat minumlah sesegera mungkin saat dahaga atau haus menyerang kamu! Yah, sebelum “Negara Api” menyerang juga ‘kan?

Source : m.beritasatu.com

You Might Also Like

10 comments

  1. Wahhhh saya juga takut kecoa terbang Upss salah Tema....

    Apakah minum berlebihan itu baik,, misalnya di anjurkan Delapan gelas tapi kita minumnya 12 gelas .... gmn tuh?

    BalasHapus
  2. Mantap. Yuk, minum air putih.

    BalasHapus
  3. Aku kdg susah disiplin kalo di kasi waktu kaya gitu. Wkwkw.. minumnya kapan sempet aja jadinya

    BalasHapus
  4. Aku sebelum beraktivitas di luar rumah, tiap pagi minum 2L air putih. Kalo seharian sih, ditambah 2L-3L lagi, jadi total sekitar 4-5L. Alhasil? BESEEERRR hahaha. Di luar itu, badan juga jadi lebih sehat dan nggak gampang ngantuk apalagi laper.

    BalasHapus
  5. Eh benar juga ya aturannya jadi nggak terasa berat. Tapi saya pernah dapat masukan katanya dari makanan2 yang kita makan itu belum termasuk dalam 'delapan gelas sehari'. Masih banyak yang salah mengartikan brarti ya ^^ Sekarang saya sukses bisa minum minimal 2,5 l perhari

    BalasHapus
  6. Aku termasuk orang yang susah minum air putih banyak, kayaknya kembung gitu perut.. hahaha. Tapi sekarang harus dipaksain, takut kena penyakit ginjal.

    BalasHapus
  7. wah,,, saya belum bisa teratur,minum air putih.

    adibriza

    BalasHapus
  8. saya belum teratur minum air putih nih, senengnya air teh, terimakasih infonya

    BalasHapus
  9. Nice Artikel

    nitip dulu, http://popular-quotes.blogspot.co.id/
    fiksisingkat.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Masih kebanyakan minum kopinya nih, bisa 3 gelas sendiri. Hihihi.

    BalasHapus