Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas

12:34 AM

CeritaTravelling: Berkunjung ke Little Venice Cipanas- Little Venice yang berada di Cipanas ini adalah salah satu objek wisata yang berada di Kota Cianjur. Little Venice terletak di dalam kompleks perumahan Kota Bunga, Cipanas. Kota Bunga adalah sebuah kompleks perumahan dengan banyak rumah atau villa bergaya Jepang, Belanda, Eropa dan lain-lain.

Little Venice Cipanas
Tampak Depan Little Venice (taken by my sister)
Bila kamu belum sempat mengunjungi the real Venice yang berada di Eropa, mungkin objek wisata ini bisa jadi alternatif liburan. Didorong dengan rasa penasaran, aku mengajak kedua adik perempuanku dan mamahku untuk mengunjungi Little Venice Cipanas. Aku yang kebetulan sedang mudik di rumah orang tua di Kota Cianjur, memanfaatkan waktu libur lebaran H+3 itu. Aku sengaja tidak kabur ke Bandung atau Jakarta, untuk liburan karena ada satu dan lain hal.

Jarak antara rumah dan tempat tujuan bisa dibilang tidak begitu jauh karena masih di area Kabupaten Cianjur, walaupun dalam kenyataannya Kabupaten Cianjur itu lumayan luas. Dari rumah kami memanfaatkan fasilitas angkutan umum (angkot), tapi aku lebih menyarankan untuk membawa kendaraan pribadi, karena jarak dari pintu gerbang ke objek wisata Little Venice itu lumayan jauh, bila ditempuh dengan berjalan kaki. Kami berjalan kaki, karena kedua adik perempuanku suka photographi dan memanfaatkan jalanan yang kami lewati untuk mengisi blog fashionnya yang masih terbilang masih baru.

Rute Cianjur-Little Venice

Bila kamu dari arah Kota Cianjur, kamu hanya perlu menumpang angkot ke arah Cipanas (warna angkot biru), lalu melanjutkan perjalanan dengan mengganti angkutan umum dengan arah Loji (warna angkot kuning-hitam). Untuk lebih aman, kamu bisa langsung nanya sama sopir angkutan umum tersebut. Saat berada di daerah Cimacan, kita harus belok kanan, tenang saja angkutan umum ini lewat situ kok, jadi nggak perlu khawatir. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tidak usah takut juga karena ada papan petunjuk arah menuju Kota Bunga.

Little Venice Cipanas
Berjalan kaki di bawah Kompleks Perumahan Kota Bunga
Dari pertigaan tersebut ke Kota Bunga lumayan jauh, setelah melewati pasar oleh-oleh kita akan bertemu dengan Gerbang 1 Kota Bunga, tapi menurut aku lebih dekat bila kita masuk dari Gerbang 2 Kota Bunga. Itu saran dari si supir angkot.  Dari Gerbang 2 kita berjalan menyusuri jalanan, kita juga bisa meminta supir angkot tersebut untuk mengantar kita ke Little Venice, dengan tambahan biaya tentu saja.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu berjalan lurus saja mengikuti jalur, setelah melewati Arena Fantasi. Bila kamu bersama anak-anak kecil aku saranin untuk membawa mereka ke Arena Fantasi saja, karena dengan membayar Rp 70.000 kamu sudah bisa menikmati 11 permainan untuk 2 orang saja. Kamu juga bisa menyewa kuda dan berkeliling Kota Bunga.

Little Venice berada jauh dari Arena Fantasi, jadi keep moving. Belok kanan sekali lalu lanjut lagi sampai tiba di Gerbang Little Venice. Sebelum ke lokasi, kita akan melihat sebuah pasar kaget dengan berbagai kuliner dan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Di sini, aku sengaja membeli ayam bakar dan tahu sumedang untuk dinikmati  di area Little Venice, karena kebetulan sudah waktunya makan siang, dan bawaannya lapar terus.


Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas
Tampilan luar Arena Fantasi

Tiket

Tiket masuk ke area Little Venice adalah Rp 25.000,- perorang dan tidak termasuk tiket untuk menaiki berbagai permainan di dalam area objek wisata tersebut. Oh, iya di area luar dari objek wisata, terdengar musik dengan lagu eropa, aku nggak tahu itu bahasa apa yang pasti bukan Bahasa Inggris.

little Venice cipanas, cianjur
Silahkan pilih mau naik apa!
Nah, bila kamu ingin naik gondola atau perahu kamu harus membayar lagi. Berikut daftar harganya:

Tiket masuk Rp 25.000,-/ orang (Khusus area Little Venice)
Tiket terusan Rp 70.000,-/ 2 orang (Khusus area Arena Fantasi)*
*Sudah termasuk tiket masuk dan 11 permainan sepuasnya main
11 Permainan di Arena Fantasi yaitu;


Bumper Car
Rio Grande
Jet Fighter/Pesawat
Antique Car/Safari Adventure
Major Orbit
Lunar Around (Khusus anak-anak)
Venture River / Perahu Dayung
Tic Tac Wheel
Magig Ring/ Kuda
Flying Bug
Ball Pool (Khusus anak-anak)


Permainan yang Tidak termasuk Tiket Terusan:
Bumper Boat               Rp 15.000,-/orang
Battery Car/Motor             Rp 15.000,-/orang
Games                         Rp 3.000,-/orang
Midway                  Rp 15.000,-/orang
Sniper                         Rp 15.000,-/40 butir peluru
Fishy Fishy                    Rp 15.000,-/token
Break The Plate                Rp 15.000,-/token

Little Venice Price list

Tiket masuk                  Rp 25.000,-/orang
Gondola/Perahu              Rp 20.000,-/orang, kapasitas 4 orang
Kapal Missisipi                  Rp 20.000,-/orang, kapasitas 20 orang,
Perahu Bebek Kecil            Rp 40.000,-/perahu, kapasitas 4 orang,
Perahu Bebek Besar           Rp 80.000,- /perahu kapasitas 8 orang,
Perahu Bebek Motor         Rp 20.000,-/orang kapasitas 9 orang,
Sepeda Air Kecil                Rp20.000,-/2 orang,
Sepeda Air Besar               Rp 40.000,-/4 orang,
Perahu Naga              Rp 20.000,-/orang, kapasitas 9 orang,
Remote Boat                  Rp 15.000,-/coin
Batterey Car/Motor          Rp 15.000,-/coin
Sniper                          Rp 15.000,-/20 butir peluru
Break The Plate                 Rp 15.000,-/token
Buble Ball                          Rp 15.000,-/orang, min 10 menit
Rumah Midway                Rp 15.000,-/token

Saat kami ke Little Venice, air dari danau dan sungai buatan tersebut sedang keruh, mungkin karena hujan yang mengguyur Kota Bunga sebelumnya atau terlalu banyak aktivitas di danau, aku nggak tahu. Karena beberapa teman yang meng-upload Little Venice beberapa waktu sebelumnya, mendapatkan gambar air yang bening.

Ada Apa di Area Little Venice?

Saat aku memasuki kawasan ini, banyak banget remaja muda-mudi seumuran adik perempuan aku atau mungkin seumuran aku tengah menikmati kebersamaan bersama teman dekat mereka, baca pacar. Syutt, bukan ngapa-ngapain kok, mereka cuma selfie, wefie dan motret-gaya-motret-gaya. Cuma itu saja. Tidak jarang juga keluarga-keluarga muda dengan anak kecil mereka, dan terlihat beberapa orang tua seumuran mamah aku. Oh, iya di sini juga ada beberapa orang Timur Tengah tengah menikmati kebersamaan mereka bersama keluarga mereka.

Kawasan Puncak dan Cipanas, merupakan salah satu destinasi bagi mereka, terutama pemuda atau laki-laki Arab. Syuut, ini rahasia kita aja yah, Puncak dan Cipanas suka menjadi salah satu area prostitusi bagi mereka, bahkan  tidak jarang mereka melakukan “Kawin Kontrak” atau melegalkan perzinahan untuk beberapa waktu, sampai si Arab kembali ke negaranya. Ups, ini tidak berlaku bagi mereka yang tengah berlibur dengan kelurga mereka loh, dan pastinya tidak semuanya begitu. Hmm, aku rasa mereka menguasai Kota Cipanas dan Puncak, karena beberapa tempat usaha, memasang plang dengan tulisan arab gundul, yang tidak aku mengerti. Kebanyakan dari mereka membuka usaha sewa-menyewa villa, penjualan tiket pesawat, money changer dan restaurant.
Ada beberapa landmark negara luar dibangun di sini. Seperti di gambar ini.


Little Venice, cipanas cianjur

Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas

Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas

Hanya, untuk mengambil gambar bagus gampang-gampang susah, saking banyaknya orang yang berkunjung ke sini. Kita harus sabar dan saling menghormati, karena kita sama-sama ingin menikmati moment bersama orang tersayang sekaligus mengabadikan momen tersebut, tanpa gangguan bayangan dan orang-orang yang tidak perlu di capture kamera kita. Tadinya mau romantic bareng doi, eh ada penampakan hihihi.., so sabarrrr,,,


Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas
Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas
Sorry, posting duluan fotonya, hahaha, mudah-mudahan nggak nyebar, hihihi

Cerita Travelling : Berkunjung ke Little Venice Cipanas

Tidak lama kami berada di sini, karena si nenek sendirian di rumah, so must go! Menurut aku, Little Venice boleh juga untuk tempat wisata terutama foto-foto, tapi menurut aku tidak cocok untuk anak-anak di bawah 10 tahun, kecuali mereka suka moto dan selfie. Oh, iya sampah juga menjadi salah satu hal yang perlu ditekankan lagi, karena banyak sampah kecil di sini. Satu lagi, mungkin pengurus harus lebih giat lagi menata kebersihan kawasan ini, terutama kamar mandinya. Tapi, balik ke kitanya juga sih, karena kebersihan itu tanggung jawab kita bersama bukan hanya petugas kebersihan. Senangnya bisa berada menghabiskan waktu bersama, ternyata quality time bareng keluarga itu bisa di mana saja, seperti Berkunjung ke Little Venice Cipanas.

Have a nice day, gals!

You Might Also Like

51 comments

  1. Eh, di Cipanas ada wisata kayak di Venice gitu? kereeen yaaaak :D
    Aaakh, yang naik kapal ituuu mauuuuk :3

    BalasHapus
  2. kapalnya menggoda sekali,....
    Jadi ingin ke sana :D

    BalasHapus
  3. kalau di berastagi sumatra utara kita bisa berkunjung ke taman lumbini.. serasa di thailand tiba disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah ke sana, keren ada ttamannya juga

      Hapus
  4. widih... lengkap banget infonya. ntar klo kesana mau mampir ah. kayanya seru nih jalan jalan disono

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Gimana menurut pendapat mba Faniya tempatnya?

      Hapus
  6. Wah, kalau diliat dari harganya. Kayaknya enak langsung beli tiket terusan ya. Biasa puas nyobain apa aja :D

    BalasHapus
  7. Wisata di sekitar puncak dan cipanas memang digemari berbagai wisatawan dalam maupun luar negeri ya..semoga bisa mengajak keluarga besar ke sana. Tiketnya juga tak terlalu mahal untuk berbagai macam wahana permainan

    BalasHapus
  8. Infonya lengkap dan bisa jadi panduan nih. Terima kasih ya.
    Pengen ke sana. Asyik sekali kalau bisa quality time bersama keluarga di Little Venise. Tiketnya juga ternyata tak bikin orang kaget. Masih terjangkau. TFS Miz.

    BalasHapus
  9. mayan jg ya tiket masuknya, better tiket terusan ya...

    tertarik yg naik kapal layaknya di venince beneran haha

    BalasHapus
  10. bisa jadi alternatif nih ya mbak buat yang pengen liburan ala-ala eropa tapi minim budget.
    pengen naik gondola, tapi airnya kayak kopi susu ya mbak, kan jadi pengen nyeruput hahhahahaaa..

    BalasHapus
  11. Indonesia rasa Italy itu istilah pas utk Venice nya Indonesia yg di Cipanas.

    Tapi kok dilihat-lihat air nya kotor , butek. Ga jernih deh.

    BalasHapus
  12. Aihhhhhh Venice van java ya hahhaha.. Pingin Cobain naik kapalnya, hanya sayang yaaa airnya tak sejernih di Venice aslinya 😝😝😝

    BalasHapus
  13. Infonya lengkap banget. Asik. Udah lama pengen ke Kota Bunga, tapi selalu kalah nyali liat kemacetan arah Puncak. Semoga bisa secepatnya ngerayu suami buat ngajak main ke sini ah. Makasih infonya :)

    BalasHapus
  14. Asik banget mba. Ternyata makin banyak aja tempat wisata seru diIndonesia. Ga mesti melulu ke luar negri ya. Semoga suatu hari bisa berlibur ke sini deh amiin insya Allah

    BalasHapus
  15. Tempat wisata yang sangat bagus ya, apalagi disana ada replikanya merlion :D kereenn

    BalasHapus
  16. Baru tau, di Cipanas ada little venice. Cocok untuk bahan di instagram ya...hi..hi..
    Etapi...itu sungainya memang gitu? Kok, gak bening ya...

    BalasHapus
  17. Tempat ini adalah tempat yang aku impikan, suatu waktu pasti ke sini pengen menikmati keseruan fasilitasnya

    BalasHapus
  18. Beeeeh berasa di luar negeri ini tempatnya instagramable banget hehehe. Tapi lumayan jauh ya hehe


    Cakep banget tempatnya :)

    BalasHapus
  19. Waaahhhh baru tau kalo di Indonesia sudah ada little venice 😂😍

    Itu naik gondola atau perahu menyusuri aliran little venice kayaknya menyenangkan, selain itu harga masuknya juga relatif murah. Cocok buat liburan keluarga, meski dalam hal ini harus waspada ya jika bawa anak kecil. Mbok jatuh wkwk

    Bedanya mungkin di warna airnya ya, kalo di real venice mah jernih, kalo ini agak keruh hehe tp gakpapa namanya jg little venice 😂🏊🏊

    BalasHapus
  20. Sebelum ke venice beneran, ke little venice dulu yaa....
    biar tau gimana gimananya...

    assiiikk niih...seru.
    kerren liputannya.

    BalasHapus
  21. Kayaknya seru kalau lihat foto-fotonya, sayang kurang cocok ya kalau ajak anak-anak, hiks...anak-anakku masih balita dua-duanya, hehehe

    BalasHapus
  22. Fantasi bneran yaaaa, dr jauh aja mengundang

    Kalo liburannya berjamaah kudu siap2 budget ini

    BalasHapus
  23. Kok setelah mbak bahas2 arab2 itu, rasa2nya makin cipanas ya mbak :D

    Aneh juga lokasi wisata dibuat begitu ya.

    BalasHapus
  24. Kok setelah mbak bahas2 arab2 itu, rasa2nya makin cipanas ya mbak :D

    Aneh juga lokasi wisata dibuat begitu ya.

    BalasHapus
  25. Oh, jadi ka rin orang cianjur yg bertransmigrasi ke medan? Hehe
    Itu arena nya masuk ke perumahan?kalau jalan kaki gitu diliatin satpam nya enggak? Soalnya kmrn mau masuk perumahan, eh di liatin satpam, trus gak di bolehin masuk hahaha sedih.
    Mungkin mirip World of Wonder yang ada di Tangerang sana kali ya. Tapi litle venice nya lucu wkakaka hati2 nyebur😂

    BalasHapus
  26. Wah, tempatnya keren. Sekeren tampilan blognya yg terakhir saya kunjungi tahun kemarin (LBI 2015).

    @nuzululpunya

    BalasHapus
  27. Wuaa lengkap banget mbak.
    Pengen itu foto di kapalnya. Hehehe.

    BalasHapus
  28. Keren banget tempatnya. Kapan bisa main kesitu. Hmm..

    BalasHapus
  29. Instagramable banget ya kak tempatnya....😍

    BalasHapus
  30. Saya pernah (lewat) kesini :'((

    Sayang banget yaa itu area perahu dayungnya kotor banget airnya. Kalau bening, pasti lebih asik yaa

    BalasHapus
  31. Weuuh... saya dah berapa taun kalau ke jakarta ga pernah lewatin cipanas... banyak perubahannya ya. Tiket masuknya lumayan kejangkau lagi. Coba di bandung ada kayak ginian, seru.

    BalasHapus
  32. Tiap ke Jakarta suka lewat wisata ini, sayang cuman lewat saja :D
    liat harga tiketnya bikin dompet nangis kalo pengen nyoba semua hee
    tapi memang benar-benar menggoda kalo berbicara Wisata di daerah Cipanas memang gak ada habisnya.

    BalasHapus
  33. Liat sampah-sampah di tempat wisata jadi sedih :'(
    Padahal kan kalo emang mau tempat wisatanya Instagramable ya dijaga kebersihannya :)

    BalasHapus
  34. Wah cianjur ada beginian ya. tinggal benerin kondisi airnya biar lebih jernih, udah makin mirip venice kayanya >.<

    BalasHapus
  35. masyallah, airnya :(((
    suruh pake kaporit mba kalo kesana lagi.
    wkwkwkwkw.

    BalasHapus
  36. Banyak juga ceritanya ya, apalagi kalau naik gondolanya terpeleset, macam disamak lah itu kita ya :D

    BalasHapus
  37. Di Cipanas sekarang ada tempat keren begini sekarang?? Wow... nampak kali udah ngga update, saking lamanya ngga main ke daerah sana :D. Wajib didatengin nih!

    BalasHapus
  38. Menarik tempatnya, kayaknya sih instagramable ya? Hahahahha

    BalasHapus
  39. Howa, asiknya yang pulkam sambil jalan-jalan kaaak :')

    BalasHapus
  40. Sayang airnya keruh, coba kalau airnya jernih pasti tambah asyik kaya di gunung!

    BalasHapus
  41. apa cuma nesya yg ngerasa fotonya kurang gede huhu. biar lebih jelas viewnya kak-e hehe

    BalasHapus