Tips Sebelum Membeli Cat Tembok

8:13 PM

Tips Sebelum Membeli Cat Tembok
Cat tembok merupakan cat pelindung tembok yang hingga kini masih selalu dicari banyak orang. Fungsinya yang begitu penting untuk ketahanan tembok, menjadikan cat khusus tembok diproduksi tiap harinya. Bagi pembeli pun, memilih cat khusus tembok bukan perkara yang mudah. Pasalnya banyak penawaran cat khusus tembok yang dihargai dengan harga yang bervariasi. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pembeli saat hendak membeli cat tersebut. Seperti apa tipsnya? Di bawah ini sudah ada beberapa tips dan penjelasan mengenai cat yang bagus untuk rumah.

  • Pilih cat yang ramah lingkungan
Cat yang ramah lingkungan adalah cat yang saat digunakan tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. Sebenarnya bila para pembeli jeli dalam membeli cat, mereka akan bisa menemukan cat yang masuk kategori ramah lingkungan. Nah, cara praktis untuk mengetahui cat yang masuk kategori ramah lingkungan ialah dengan melihat label yang ada di kemasan maupun wadah cat tersebut. Bila di dalam label terdapat tulisan free lead and mercury berarti cat tersebut masuk ke dalam cat ramah lingkungan.

  • Memilih cat yang tidak berbau
Salah satu ciri cat yang berkualitas ialah tidak mengeluarkan bau pada saat dibuka hingga saat pengecatan selesai. Cat ini busa dikatakan sebagai cat asli dan ramah lingkungan. Sementara pada cat berkualitas rendah tentu saja mengeluarkan bau yang menyengat. Bau ini tentu saja disebabkan oleh campuran zat kimiawi yang ada di dalam cat tembok  . Agar tidak menyesal saat membeli cat, pastikan terlebih dahulu bau yang dihasilkan oleh cat tersebut. Jangan tergiur dengan wadah yang cantik dan harga yang murah tetapi kualitas diragukan.

  • Pilih cat sesuai kondisi lingkungan
Tips yang harus dilakukan saat sebelum membeli cat ialah melihat dulu kondisi lingkungan rumah yang akan dicat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap cat yang akan dibeli. Pasalnya, membeli cat harus disesuaikan dengan kondisi rumah. Misalnya saja, cat akan digunakan untuk rumah yang sering terkena banjir. Maka pemilihan cat yang tepat cat anti jamur dan bakteri sehingga tembok terhindar dari jamur serta cat tidak mudah mengelupas ketika terkena air banjir. Cat khusus tembok yang sering terkena banjir mudah ditemui di toko-toko saat ini.

  • Pilih cat double UV protection
Sesuai namanya, cat double UV protection sengaja diproduksi untuk menahan sinar matahari yang menyengat. Cat berkualitas ini biasanya sedikit mahal namun kualitasnya tak diragukan lagi. Cat ini juga tidak akan mudah luntur ketika terkena terik matahari serta terjangan air hujan sekalipun. Warna cat juga tidak akan mudah hilang saat dipakai dalam jangka yang lama. Jadi untuk cat rumah bagian luar, sebaiknya Anda memilih cat lengkap dengan kandungan double UV protection.

  • Pilih warna cat sesuai kebutuhan

Saat membeli sebuah cat, warna cat juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya warna cat juga akan mempengaruhi keindahan rumah Anda. Sesuaikan warna cat dengan desain dan model rumah yang Anda tempati. Bila tak bisa menentukan warna apa saja yang tepat untuk rumah, Anda meminta bantuan kepada para desainer yang mendesain rumah Anda. Atau bila Anda menentukan sendiri warnanya, maka warna-warna terang seperti putih dan kombinasi warna merah serta abu-abu busa Anda terapkan pada rumah minimalis model saat ini. Nah, jadi apakah Anda sudah memikirkan cat tembok dan warna apa yang sesuai dengan rumah Anda saat ini?

You Might Also Like

2 comments

  1. Kalau dari merknya, yang bagus cat apa?

    BalasHapus
  2. Salah satu kriteria milih cat tembok versiku, yang penting aromanya ngga ajaib. Karena pernah juga nyium aroma cat tembok yang sampe bikin eneg.

    mollyta(dot)com

    BalasHapus