Dari Titik Nol Kilometer, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Sabang?

9:46 PM

Dari Titik Nol Kilometer, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Sabang? aceh
sumber:express-bahari.com
Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia

Dari Titik Nol Kilometer, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Sabang?,-Setiap kata Sabang diucapkan, bait demi bait lagu Dari Sabang Sampai Merauke langsung terngiang. Sabang yang berada di ujung barang Indonesa dan Merauke di ujung timurnya, menjadi wilayah yang berbatas langsung dengan negara tetangga. Kota Sabang mungkin hanya dikenal lewat lagu dan posisi terbaiknya di peta, namun keindahannya jauh lebih istimewa, tidak kalah dari saudaranya di timur Indonesia. Terletak di Pulau Weh, pulau yang menjadi ujung barat Indonesia, menarik sekali menjelajahi destinasi-destinasi wisatanya.

Sabang yang tenang dan rindang, memiliki pantai dan berbukit-bukit yang terbentuk dari letusan gunung. Masih ada gunung aktif yang ada di Pulau Weh, Gunung Jaboi di daratan, dan Gunung Pria Laot yang ada di perairan. Tidak heran Sabang menjadi kota yang subur dan memiliki kekayaan bawah laut yang tidak kalah dari tempat lainnya. Pulau Weh sendiri bisa dicapai dengan memesan tiket Garuda Indonesia menuju Medan, lalu dilanjutkan dengan menaiki kapal express melalui Pelabuhan Ulee Lheue. Ada apa saja destinasi wisata di sini?

Tugu Nol Kilometer Indonesia

Tidak lengkap kalau ke Sabang tanpa mampir ke Tugu Nol Kilometernya. Diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia waktu itu, Bapak Try Sutrisno, pada tahun 1997, kamu bisa mendapat sertifikat Pelintas Ujung Barat Indonesia sebagai bukti pernah melalui titik nol ini lho. Di sertifikatnya akan tercantum nomor ke berapa serta stempel dan tanda tangan asli pejabat yang berwenang. Sebuah suvenir yang berbeda dari jalan-jalanmu nih!

Pantai Sumur Tiga

Dari Titik Nol Kilometer, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Sabang?
sumber:steemkr.com
Pantai berpasir putih ini digadang-gadang sebagai Hawaii-nya Indonesia. Terletak di Gampong Le Meulee, di timur Pulau Weh, destinasi ini cukup dikenal dan diminati wisatawan. Apalagi Pantai Sumur Tiga sudah dilengkapi fasilitas pendukung untuk menikmati dive spot dan olahraga snorkeling di sana. Cukup 15 menit saja dari Kota Sabang, nama pantai ini disebut-sebut karena memiliki tiga sumur air tawar. Pasirnya putih berkilau bak kristal, lembut di tangan, meskipun airnya sedikit bergelombang. Mau berselancar juga bisa dilakukan di Pantai Sumur Tiga.

Pantai Anoi Itam

Inilah satu-satunya pantai berpasir hitam di Pulau Weh. Namanya sendiri memang diakronimkan sebagai 'pasir hitam', butiran pasirnya konon memiliki berat jenis yang berbeda dengan pasir hitam di pantai lainnya. Pantai Anoi Itam bisa dicapai dengan bersepeda motor dari Kota Sabang melewati jalur timur. Di sini juga ada bunker peninggalan Jepang yang tidak jauh dari bibir pantai. Eksotis!

Gua Sarang

 gua sarang aceh, destinasi, travelling ke aceh
sumber:kelilingdaerah.com
Sebenarnya tempat wisata ini termasuk dalam kawasan hutan lindung di Pulau Weh. Tempatnya agak lebih jauh dari Pantai Anoi Itam, sekitar 28 kilometer dari pusat kota Sabang, atau sekitar satu jam perjalanan. Konon kalau kamu pernah melihat Raja Ampat, kawasan Gua Sarang adalah miniaturnya dengan latar gugusan pulau-pulau kecil di kejauhan.

Gunung Jaboi

Masih ingat gunung aktif yang ada di Pulau Weh? Ada destinasi treking yang asyik di Gunung Jaboi yang berada di daratan Pulau Weh. Di sini kamu bisa melihat kawah yang masih aktif serta merasakan aliran air panas yang muncul di sekitar kawah. Karena lokasi wisatanya cukup minim fasilitas, jangan lupa membawa perbekalan secukupnya biar nggak kelaparan.

Kedai Kopi Aceh di Sabang

Dari Titik Nol Kilometer, Destinasi Mana Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Sabang?
sumber:merdeka.com
Lepas dari mengunjungi wisata alamnya jangan lupa untuk mencoba kedai-kedai kopi khas tanah rencongnya. Salah satu yang paling terkenal adalah de Sagoe Kuphie yang terletak di jantung kota Sabang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi tua muda, laki dan perempuan menyeruput kopi aceh yang konon ramah di lambung. Disediakan juga makanan khas Aceh seperti mie Aceh, nasi kari dan kue-kue basah sebagai teman minum kopi di de Sagoe Kuphie.

Menarik kan liburan ke Sabang? Yuk agendakan segera!

You Might Also Like

0 comments