Sebut Saja Sebuah Perjalananku Nge-Blog M

8:03 AM

Sebut Saja Sebuah Perjalananku Nge-Blog M-Aku mengenal dunia blogging atau yang biasa disebut Blogosphere dari seorang sahabat. Awalnya sangat sulit memahami apa itu blog, apalagi kamu hanya berkutat dengan pikiranmu sendiri. Bisa dibayangkan bukan, aku hanya bisa bertukar ide dengan pikiranku sendiri. Setelah mencari tahu dan mendapatkan sedikit pencerahan mengenai blog beberapa orang blogger, akhirnya aku berhasil membuat sebuah blog dengan alamat domain yang aku sesuaikan dengan akun Twitter. Sekarang aku tahu bahwa ternyata memberi nama blog ataupun akun itu dianjurkan sama, untuk Personal Branding begitu mereka menyebutnya.

Sebut Saja Sebuah Perjalananku Nge-Blog M
Saat menjadi anggota BMC

Sebut Saja Sebuah Perjalananku Nge-Blog M
Acara Kudis di Sebuah Cafe

Enam tahun lalu, aku adalah seorang mahasiswi akhir di salah satu universitas negeri di Kota Medan. Sambil menyambi membuat TA (Tugas Akhir) aku membantu pamanku menjadi operator warnet atau bisa juga disebut tukang jaga warnet. Ini adalah kesempatan sangat besar bagi aku  yang sedang menyusun TA, apalagi aku memiliki akses internet tanpa batas untuk mencari bahan tugas akhir tersebut. Dan tentu saja, aku juga mulai berusaha membuat postingan untuk pertama kalinya.

Menurut sahabatku, buatlah tulisan apapun yang kamu inginkan di blog. Saat itu aku masih belum menangkap jelas, makna dari kata menulis apapun. Panutanku dalam blogging saat itu adalah blog sahabatku, aku tidak mengenal narablog lainnya hanya dia. Jadi, aku menganggap blog miliknya adalah blog yang paling kece, paling “badai”. Selain itu, blog miliknya paling bagus, paling menarik dan paling banyak komentarnya. Pokoknya his blog was number one! Waduh, dulu itu aku beneran nge-fans berat sama blog (dia). I don’t really know nge-fans sama blog-nya atau orangnya, hihihi...

Di depan komputer aku menghabiskan banyak waktu untuk melamun, sambil memikirkan tulisan seperti apa yang akan aku buat untuk pertama kalinya? Yang pasti harus amazing, perfect dan harus dikomentar oleh dia (#eh). Apakah aku membuat tulisan seperti dia?, sepertinya mudah, pikirku. 

Sahabatku itu memiliki personal blog, jadi kejadian sehari-hari yang dia alami dia tuangkan ke dalam blognya. Seperti kejadian di saat pulang ke kampung halamannya atau saat dia mencoba bereksperimen membuat makanan di rumah kontrakannya, atau kejadian-kejadian lucu dia bersama teman-teman mainnya. Wah, sepertinya menyenangkan bisa merangkum semua kejadian dalam sebuah tulisan singkat yang dapat dimengerti orang lain.

Teman-teman, kalian tahu apa postingan pertamaku? Sungguh memalukan, aku memposting sebuah salinan artikel di Majalah Arsitektur. Dan, tentu saja beberapa hari setelah posting, aku  merasa tidak puas karena artikel tersebut bukan hasil dari tulisanku sendiri. Dan aku menghapusnya. Aku membencinya! ini benar-benar memalukan!

Teman-teman, kalian tahu aku menyalin hampir secara detail, bahkan aku memasukkan gambar yang sama seperti di majalah. Kini, aku menyadari bahwa kita tidak bisa begitu saja menyalin tulisan orang lain, bila ingin menyalin pun harus menggunakan kata-kata kita sendiri dan tidak lupa mencantumkan sumbernya. 

Beberapa bulan berlalu, aku mulai memahami sedikit mengenai aturan dalam blogging, bagaimana cara menulis, bagaimana cara menggambil gambar orang, atau berkomentar. Selain itu, bila kita ingin mendapatkan pengunjung yang melimpah, kita juga harus melakukan hal-hal tertentu, seperti mengunjungi blog yang lain atau dikenal dengan blogwalking, memperbaiki tampilan blog atau template, personal branding dan konsisten menulis.

blog m, blogger medan
Durian Blog M Perdana

Bertambahnya pengetahuan dalam blogging tidak lepas dari bantuan teman-teman blogger senusantara. Dari berbagai sharing dan diskusi, aku mulai belajar mengenai blog dan hal-hal lainnya. Hal ini tentu tidak akan bisa aku dapatkan bila tidak mengenal atau bergabung dengan komunitas blog, Blog M salah satunya.

Pada suatu hari, seorang sahabat mengajakku untuk ikut sebuah pertemuan yang diadakan oleh sebuah komunitas blog. Atau bisa juga disebut pertemuan antar blogger. Hehehe, anggap saat itu aku sudah jadi blogger kece, sehingga mendapat ajakan yang pada akhirnya pertemuan kecil ini membawa perubahan yang besar dalam proses blogging aku. Acara tersebut kalau tidak salah (#berarti benar) diadakan oleh sebuah Komuntas Blog yang merupakan cabang dari komunitas blog di Jakarta yaitu, Jamban Blogger. Ternyata yang datang ke acara tersebut tidak hanya anak-anak Jamban tapi juga komunitas blog yang lain, seperti Kancut dan BMC (Blogger Medan Community), dan kalau nggak salah ada dari blogger sumut dan blogger pelajar juga saat itu.  Aku lupa, tujuan diadakannya meet and greet waktu itu apa? Tapi, yang jelas pertemuan kami tersebut mengenalkan aku ke beberapa orang Blogger Medan yang merupakan cikal bakal pengurus Blog M.

Beberapa kali bertemu dengan teman-teman seperti Rudi, Yoga, dan Dewi, Sabda dan lain-lain, menggiring aku memasuki komunitas blog yang berbasis di Kota Medan. Awalnya aku pikir bakalan susah mencari sesama blogger di Kota Medan, ternyata tidak. Bahkan beberapa dari mereka sudah aku kenal terlebih dahulu, seperti owner dari BMC sendiri, kita sudah saling mengenal di acara bertemakan kopi, dan aku mendapat undangan dari beliau untuk menghadiri acara bertemakan kopi tersebut.

Bertemu orang-orang baru, obrolan baru tentang blog dan satu hal yang “mengena” banget adalah blog itu postingannya jangan melulu mengenai lomba, karena orang pasti bosan atau tidak suka. Dan kenapa ngena banget? Karena saat itu aku sedang mengikuti beberapa lomba blog. Ya, bad newsnya adalah setiap kali aku mengikuti lomba blog, dan tidak pernah menang (#hiks hiks). Adapun hadiah-hadiah yang aku dapat, aku dapatkan dari para blogger yang sedang membuat kuis, giveaway ataupun mungkin karena kasihan.

Jadi, menurut saran si owner BMC tersebut adalah, boleh kita mengikuti lomba blog asalkan tidak terlalu rapat postingannya antara lomba blog yang satu dengan lomba blog yang lainnya. Di pertemuan-pertemuan berikutnya aku sudah menduduki jabatan sebagai pengurus BMC bersama teman-teman yang lain. 

Menghadiri undangan dan mengikuti event menjadi hobi baru kami. Selain memperkenalkan komunitas blogger di Kota Medan, aku mengambil hikmah positif dari setiap kegiatan, yaitu ada bahan untuk diposting, berkenalan dengan teman baru, mendapatkan ilmu, dan saling mendukung antar komunitas di Kota Medan.

Perbedaan pendapat antara owner BMC dan beberapa anggotanya, menyebabkan beberapa orang blogger menyatakan diri keluar dan  mendirikan  komunitas baru yang dinamakan Blog M, salah satunya adalah aku. Di sinilah, aku kembali menimba ilmu mengenai blogging dari berbagai narasumber yang dihadirkan dalam acara rutin bulanan yaitu Durian (Diskusi Ringan Anak Medan).

Berbeda pendapat itu biasa dalam sebuah perkumpulan, semoga hal ini tidak merenggangkan silaturahmi diantara kita, karena kita sama, sama-sama ingin memajukkan Kota Medan melalui blog dan memasyarakatkan blog. Kenapa melalui tulisan? karena kita tidak abadi tapi tulisan kita bisa abadi. Melalui tulisan, sebenarnya kita sedang menyusun riwayat hidup kita sendiri, dan melalui tulisan juga kita mau dikenang sebagai “apa”  oleh keturunan-keturunan kita nanti.

Tidak disangka, Blog M sudah menapaki usia yang ke-3 tahun, di tanggal 2 Februari 2018 ini. Aku tahu tidak mudah untuk mempertahankan hingga sekarang. Butuh pengorbanan dan kerja kerjas dari semua pihak. Jadi, supaya Blog M bisa terus hadir dan eksis, dibutuhkan kekompakan dan kerja sama tim yang solid, sehingga visi misi dari komunitas ini bisa tercapai.

Selamat ulang tahun yang ketiga untuk Blog M, semoga orang-orang di dalamnya semakin solid, tetap membumi, hangat dan selalu nyaman seperti rumah.  Terima kasih telah menerimaku menjadi bagian dari keluarga besar Blog M bergabung dengan orang-orang hebat. Love you

You Might Also Like

38 comments

  1. ternyata bermula dari di ajak temen hehehe

    BalasHapus
    Balasan

    1. iya begitulah, kalau nggak diajak teman, nggak bakalan ada deh blog ini

      Hapus
  2. Ngeblog akhirnya mempertemukan kita semua ya, Rin. Kalau ngga nulis dan gabung sama komunitas, mungkin ngeblogku juga bakal jalan di tempat aja :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Nggak nyangka bisa kenal sama blogger hits Medan.

      Hapus
  3. Semoga terus semangat ngeblognya kka.. Biar makin hits dan kece dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, semoga kita-sama-sama menjadi blogger hits yah...
      Walaupun bukan itu yang kita kejar

      Hapus
  4. Fotonya keknya lebih sedap dibesarin. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal udah ekstra large ukurannya, Okey. coba nanti aku besarin lagi. Makasih bang Wahyu sarannya

      Hapus
  5. Ya Allah, waktu liat foto kudis di cafe itu buat aku flash back kak rin. Ini masih aja kutengok-tengok 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ketika kita masih sangat muda, Nikmal masih SMA kan??

      Hapus
  6. Jadi tahu perjalan pertama blog m semoga dengan komunitas ink silaturahmi semakin kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita bisa sama-sama menjaga tali silaturahmi yah

      Hapus
  7. Selamat ulang tahun Blog M, perjalanan seorang blogger memulai blog-nya memang beda-beda ya, namun tentunya semakin ke sini semakin menyukai dunia blogging yang penuh dinamika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp Mba.. cuma penulisan harus lebih banyak belajar lagi

      Hapus
  8. SUdah 3 tahun ya, wahh...kalau anak sedang lincah-lincahnya lari sani sini tu. Selamat ulang tahun Blog M. Jaya terus.

    BalasHapus
  9. Awal ngeblog saya juga gitu mosting asal..puitis2.. cerita2 geje..
    He2..
    Makin kesini..banyak belajar sama blogger lain..jadi pelan2 mulai membiasakan diri..

    BalasHapus
  10. salam kenal Mbak. jadi kepo itu temennya yang ngajakin siapa namanya. hehe

    BalasHapus
  11. Jadi teringat pertama kali punya blog seneng saking senengnya sampai semua ditulis di sana.
    Semoga blog ini dan penulisnya semakin berjaya!

    BalasHapus
  12. Wahhh barakallah untuk blog M. Semoga bisa terus menebar manfaat dari blog nya.. Terus berkarya ya mba..

    BalasHapus
  13. wah selamat ulang tahun blog M. Sukses terus ya smeoga bisa menjadikan blogger semakin sukses dan terus berkarya. seneng bisa kenal beberapa teman blogger di medan, kaya kemarin sempat ketemu kak molly, dewi dan ramli. semoga next bisa ketemu yang lain

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun Blog-M .. Semoga semakin jaya dan menghiasi dunia perbloggeran Indonesia. Oh iya mba blogger medan kenal sama Badia Tarigan atau Kak Moly??
    saya kemarin desember soalnya juga pulang kampung ke medan dan malah sempat ketemu sama kak moly hehee

    BalasHapus
  15. Dulu awal2 ngeblog saya juga asal comot foto orang lain tanpa memberi sumbernya mbak. Dan ternyata foto kita diambil tanpa ijin itu rasanya menyakitkan. Makanya ga pernah lagi. :)

    Selamat ultah untuk blog M semoga tetap berjaya di tengah perbedaan dan tetap menginspirasi untuk anggotanya maupun orang lain. Amin

    BalasHapus
  16. Aku duu waktu masih kuliah pernah jaga warnet, lumayan untuk tambahan anak kost. Dari situ juga makin kenal dengan dunia blog, games. Asik juga untuk kerjaan mahasiswa

    BalasHapus
  17. Selamat ulang tahun Blog M. Semoga segala yang diharapkan bisa tercapai...

    Postingan pertamaku apa ya? Kayaknya kutipan dari buku gitu deh, hahahha

    BalasHapus
  18. Perjalanan panjang penuh perjuangan. Sangat menginspirasi. Semoga selalu jaya.

    BalasHapus
  19. Jadi nara-blog memang gak bisa gini-gini aja yaa..
    Harus senantiasa berinovasi dalam penyampaian dan contentnya itu sendiri.

    Semoga semakin produktif bersama komunitas Blog M dan komunitas nara-blog yang lain.

    BalasHapus
  20. cerita ngblognya hampir sama denganku, belajar dr temen. selamat ulang tahun Blog M, semoga bisa menjadi inspirasi untuk terus berkarya.

    BalasHapus
  21. Seruuu baca ceritanya. Walau agak shock pas baca nama namanya komunitasnya wakakakak itu serious Ada Kan**t?. Trus durian.. hmmm nama komunitasnya bikin pengen durian. Btw selamat ya blognya udah 3 tahun.. aku bln dpn 2 tahun blogku.. (ga Ada yg nanya xiixi)

    BalasHapus
  22. Berkomunitas di dunia bloggger mmg banyak tantangan
    Semoga tetap kompak ya

    BalasHapus
  23. Dari semua hal penting di perjalanan ngeblognya Mbak Rinrin menurutku yang paling penting adalah peran komunitas ya. Apalagi blogger Medan sepertinya cukup kompak dengan Blog M-nya. Salut dengan perjalanannya Mbak. Semangat terus!

    BalasHapus
  24. itu dari awal sedikit dan makin lama makin banyak? keren juga dan jadi tambah semangat dong ya mba kalo banyak temannya begitu dan apalagi kalo satu pemikiran pasti ada aja ide yang ingin dituangkan kedalam tulisan

    BalasHapus
  25. hahaha jadi inget ngeblog awal kuliah dulu medio 2000-an, nulis puisi, galau-galauan sekarang dunia penuh pencitraan gak mungkin gitu lagi sih hehe

    BalasHapus
  26. Berkomunitas penting ya mbak, jadi nambah teman dan kenalan. Selamat ulang tahun Blog M

    BalasHapus
  27. Blog M kini berusia 3 tahun ya...semoga semakin maju dan menjadi wadah silaturahmi para blogger.
    Dan semoga blog ini pun tetap terus hadir dengan tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pembacanya. Aamiin

    BalasHapus
  28. Semoga terus mampu menyimpan karya indah Blog M. menjadi inspirasi menulis bagi banyak orang. Semangat dan terus konsistensi menulis ya kak

    BalasHapus
  29. twins! hihihi
    kita kenal udah lama ya, hehehe
    semangat nulis, walaupun dari diajak teman tapi ketagihan kaan? :P

    BalasHapus
  30. Awal mula saya nge-blog karena tugas kuliah dari dosen saya. Terpuji lah beliau!

    BalasHapus
  31. Keren euy. Inspiratif sekali! Blog M ya. Semoga semakin menggelorakan saya dalam menulis artikel, blog dan yang lainnya. Salam kenal

    BalasHapus