5 Dari 15 Pertanyaan untuk Tahu Siapa Aku

6:16 AM

5 Dari 15 Pertanyaan untuk Tahu Siapa Aku,-Tema untuk tantangan di hari keenam ini sedikit menyulitkanku, yaitu membahas mengenai diri sendiri. Bagiku selalu agak susah untuk berbicara mengenai diri sendiri yang tidak seberapa ini. Untuk itu, aku akan menjawab lima buah pertanyaan yang akan mendeskripsikan siapa aku. Bila, kamu seorang psikologi, mungkin kamu akan memahami arti dari pertanyaan-pertanyaan berikut, dan memahami juga arti dari jawaban yang aku berikan. Baiklah mari kita mulai.

Dalam seni perang Sun Tzu, kita tidak akan mengenali siapa musuh kita tanpa kita mengenali diri kita sendiri, setelah tahu siapa diri kita, maka kita tak perlu mengkhawatirkan hasil dari 100 pertemuran yang akan kita hadapi. Begitu juga bila kita mengenali siapa diri kita, maka kita akan mengerti situasi/lawan kita, dan tentu saja kemenangan pasti di tangan kita.

Mengenali diri sendiri tentu sangat susah, karena orang yang mengetahui siapa diri kita hanya diri kita sendiri. Hmm, di tulisan ini aku akan memberikan 5 jawaban dari 15 pertanyaan untuk mengenali diri kita masing-masing. Teman-teman bisa ikut bermain caranya hanya dengan mengosongkan pikiran, ambil satu lembar kertas kosong dan mulailah menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang pertama kali muncul di kepala kamu atau secara spontan. Tidak ada jawaban salah atau benar, dan jangan menjawab saya tidak tahu, jawab saja apapun itu. Ready?? GO!

  1. Apa kelebihan kamu?
  2. Apa kekurangan kamu?
  3. Apa yang saya suka?
  4. Apa yang saya tidak suka?
  5. Apa yang paling penting dalam hidup saya?
  6. Siapa yang paling dalam hidup saya?
  7. Apa arti kesuksesan bagi saya?
  8. Apa yang membuat saya bahagia?
  9. Apa yang membuat saya tidak bahagia?
  10. Siap sosok hero dalam hidup saya?
  11. Saya adalah orang yang…
  12. Saya ingin mejadi orang yang …
  13. Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang?
  14. Apa yang membuat saya takut?
  15. Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya mau?

Dan inilah 5 jawabanku atas 5 pertanyaan pertama, yang mengungkap 5 fakta soal diri aku sendiri.
  • Apa kelebihan kamu?

 Aku telaten, teliti, selalu tersenyum, penyabar, 
  •  Apa kekurangan kamu?

Aku moodian, suka merajuk, tidak sabaran, pemalas, 
  • Apa yang saya suka?

Aku suka merajut, travelling, makan, belanja,
  • Apa yang saya tidak suka?

Aku tidak menyukai pembohong, dibohongi, kebohongan.
  • Apa yang paling penting dalam hidup?

Uang!

Huhhf, itu hal pertama yang muncul ketika aku membaca pertanyaan dan menuliskannya ke dalam kertas. Jawaban terakhir sebenarnya mau aku ganti dengan kebahagiaan, karena muncul di awal dan kebahagiaan di urutan kedua, so I put money for the first. Terserah sih kalau mau ngatain aku matre atau apalah-apalah, karena teman-temanku tahu persis siapa aku sebenarnya, setelah diri aku sendiri. Dan aku tidak menyesal meletakan jawaban tersebut, heh.

Dan, bagaimana dengan jawaban dari kamu? Apa yang pertama kali terlintas untuk soal no 5? Hehehe.. Aku sebenarnya ingin memberitahu semua orang, untuk pertanyaan keenam. Mengenai siapa yang paling penting dalam hidup? Dan jawabanku adalah keluarga. Untuk keluargaku, kalian adalah prioritas utamaku, dan mungkin inilah alasan aku tetap berjuang.

Jika teman-teman sudah menjawab 15 pertanyaan di atas, maka lakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia. Gunakan kelebihan yang kamu miliki sesering mungkin, hindari hal-hal yang membuat kamu tidak bahagia. Hindari kelemahan-kelemahan dalam diri kamu, itulah arti dari mengenal diri  sendiri. 

Mengetahui apa-apa saja yang harus kamu kerjakan, dan tidak perlu kamu kerjakan. Tahu bagaimana kamu menggunakan apa yang kamu miliki. Tahu apa yang kamu perjuangkan dan apa yang harus harus ditinggalkan. Tahu kapan harus berhenti atau maju terus. Yang paling penting kamu harus tahu apa yang ingin kamu raih dalam hidup ini. Jadi, dari lima pertanyaan tadi kamu sudah tau dong siapa aku?



source : solusik.com

You Might Also Like

0 comments