Alasan Aku Menulis Blog, Dia!

9:00 AM

Alasan Aku Menulis Blog, Dia!Awal mula aku menulis blog adalah karena seorang pria yang aku kenal, memperkenalkannya begitu saja. Dia bercerita mengenai blog-nya dan semua hal yang sering dia bagi di sana. Dia juga bercerita banyak hal mengenai apa itu nge-blog dan kesenangan dia dalam menulis blog. Pada akhirnya aku tertarik pada blog, dan tentu saja dirinya.



Aku memulai blog pertamaku di pertengahan tahun 2011 dengan memanfaatkan platform gratisan blogspot, jadi kalau dihitung-hitung sudah sekitar 7 tahun sejak aku memiliki blog ini. Alhamdulillah sudah memiliki domain .(dot)com, yang dikira orang sudah menjadi blogger yang diperhitungkan, padahal I’m still as before. Banyak hal yang menarik terjadi sejak itu sampai saat ini. Blog juga menuntun aku untuk bertemu teman-teman yang memiliki hobi serupa, sehingga aku mendaftar menjadi anggota komunitas blog, baik di Kota Medan  yang disebut Blog M dan komunitas blog nasional seperti Blogger Perempuan.

Tidak ada alasan khusus ketika aku bergabung di komunitas-komunitas tersebut, pertama aku hanya ingin mencari teman dan menambah ilmu. Tapi, jujur saat itu adalah masa dimana aku senang untuk mengikuti berbagai kegiatan, senang berkumpul dan mengikuti berbagai acara yang mengharuskan kita untuk menulis ulasan acara tersebut ke dalam blog. Bahkan aku selalu pulang telat, demi menghadiri acara-acara yang berhubungan dengan blogger dan komunitas blog.  Selain itu, aku berharap aku menerima balasan kunjungan dari blogwalking yang aku lakukan. 

Seiring dengan berjalannya waktu dan kesibukan kantor, aku mulai jarang untuk memposting di blog. Aku benar-benar menjadi seorang blogger yang pemalas, bahkan  hampir hiatus, alhamdulillahnya saat itu menerima beberapa content replacement saja dari beberapa kenalan. Terkadang aku ingin menghapus semua tulisan iklan tersebut hehehe, bila tidak ada perjanjian sebelumnya, yang mengharuskan tulisan itu tetap berada di sana. Hehehe, kasarnya aku sudah menerima bayaran, yang mengharuskan tulisan itu tetap berada di sana.

Adanya sifat pemalas dalam diri, membuat aku mengacaukan jadwal yang aku susun sebelumnya. Yeah, aku memiliki jadwal khusus untuk menulis draft blog dan jadwal khusus lainnya untuk memposting. Tapi, seperti yang aku katakan sebelumnya, I’m a the crazy lazy one! Draft-draft itu hanya menumpuk di draft blog dan leptop, tanpa sempat untuk aku posting.

Walaupun dengan semangat yang selalu mengendor, aku masih memiliki keinginan untuk terus menulis postingan blog. Yah, walaupun semuanya berakhir sama, yaitu tersimpan di folder atau draft saja. Kalau aku simpulkan, alasan aku tetap menulis blog sampai saat ini adalah:
  • Hobi Menulis
Aku menyukai menulis dan membaca sejak kecil. Hal ini terjadi, karena hidupku lebih banyak aku habiskan di rumah. Waktu itu, tidak ada smartphone atau internet yang aku miliki. Jadi untuk membunuh waktu, biasanya aku membaca buku. Novel-novel aku baca saat itu, dari yang hanya beberapa lembar saja, sampai ratusan halaman. Dan, seseorang yang suka membaca, pasti suka juga untuk menulis. Blog adalah salah satu pelampiasannya.
  • Berbagi Banyak Hal 
Ketika aku mengalami hal yang menarik, maka aku akan menuliskannya di dalam, seperti perjalanan ke suatu tempat. Kegiatan yang tidak pernah aku kerjakan, seperti membuat pizza, mencoba kosmetik baru atau menghadiri acara promosi. Sampai-sampai blog juga menjadi tempat aku curhat, tentu saja aku tidak serta merta menceritakan semuanya di sana. Tapi, aku ingat ketika patah hati aku menulis tips menghilangkan patah hati di blog ini. Dan tentu saja aku harus melalui waktu yang panjang, sampai bisa move on, dan menulis hal tersebut. Bagi teman-teman yang penasaran boleh klik di sini.

  • Blog sebagai Perekam Sejarah Aku dan Kehidupanku
Ingin menjadi seperti apa kamu dikenang kelak? Maka, blog mungkin bisa menjawab pertanyaan ini. Dan tulisan itu kekal di sana. Siapa tahu, anak cucu kita "terdampar" di blog kita dan membacanya sebagai sebuah kenangan, nostalgia atau mendapatkan informasi dari sana.

Tapi, apapun alasan yang aku kemukakan di atas. Itu adalah alasan aku tetap menulis blog pada saat ini. Mungkin alasan-alasan itu akan berubah seiring dengan berjalannya waktu, tapi tentu saja pada awalnya aku menulis blog karena Dia!

You Might Also Like

0 comments