Bangga itu....

4:08 PM

Bangga menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti merasa gagah karena mempunyai keunggulan. Tapi menurutku bangga adalah suatu kepuasan terhadap hal-hal yang telah diberikan. Dan bangga adalah kepuasan karena telah memberikan kebahagian kepada orang-orang yang spesial bagi hidupmu.
Aku hanyalah seorang gadis yang terlahir dari keluarga dengan ekonomi yang pas-pasan bahkan terkadang aku merasa kurang dengan materi tapi berlebih dengan cinta. Ketika mempunyai impian untuk maju dan berhasil, aku harus kembali tersadar bahwa itu adalah hal yang tidak mungkin untuk dilaksanakan. Apalagi aku mengetahui secara pasti seperti apa kehidupan keluargaku, keadaan adik-adikku yang masih kecil dengan pendidikan yang masih sangat panjang. Dan akhirnya aku harus bangga dengan ijazah SMA-ku.
Dan alhamdulillah, kesempatan itu datang dengan imbalan aku harus meninggalakan zona aman bersama keluargaku, membesarkan hati nenekku yang selalu mengatakan ‘makan tak makan asal ngumpul’ dan yang paling berat adalah meninggalkan keluargaku, meninggalkan mamahku yang berkaca-kaca mengalirkan kesedihan diantara tulang-tulang pipinya yang tirus. Aku akhirnya bersedia melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan bantuan seorang Tante, adik Bapak yang berada di Kota Medan.
Berada di Pulau yang berbeda seperti Sumatera Utara ini dengan adat dan kebudayaan serta kebiasan yang berbeda itu luar biasa berat kawa! Apalagi untuk aku yang seorang Gadis Parahiyangan yang polos dan pemalu ketika berhadapan dengan orang-orang yang berwatak dan berprilaku keras dengan suara yang nyaring di telinga itu juga dahsyat kawan. Tapi, aku dengan cepat bisa membaur dan beradaptasi dengan keadaan kota Medan bersama lingkungannya ini, pastinya itu peran serta teman-teman semua.
Dengan bangga tiga tahun kemudian aku mengabarkan kepada keluargaku di kampung, bahwa aku sudah berhasil meraih gelar Ahli Madya Teknik Sipil dengan nilai yang lumayan. Dan yang membuat aku bangga ketika meraih gelar itu adalah, bahwa saudaraku yang selalu mendukungku di Kota Medan ini merasa bangga juga dengan keberhasilan ini. Akhirnya semua perjuangan itu terbayar sudah.
Dan yang paling membanggakan adalah aku bisa mempersembahkan semua kerja keras selama beberapa tahun ini kepada orang tuaku terutama mamahku yang selalu dengan tanpa lelah mendoakanku. Aku bisa merasakan tangis haru mamahku mendengar kabar bahagia ini
Bahagia mempersembahkan yang terbaik bagi mereka, orang-orang yang selalu menyayangimu adalah bagian dari kebanggaan. Dan bangga atas keberhasilan yang telah dicapai itu membuat orang-orang yang menyayangi kita pun ikut merasakan kebanggaan yang sama. Yah, tentu saja Mamahku pasti bangga dengan keberhasilanku menyelesaikan pendidikan di Perguruan tinggi seperti yang aku inginkan. Walaupun beliau tidak secara langsung mendampingiku dan menyaksikan kelulusanku.
Dan bangga karena membahagiakan orang lain itu seperti tambahan tabungan energi positif yang pasti kembali ke diri kita sendiri. Kepuasan ketika melihat senyum mereka yang merekah adalah hal yang paling membahagiakan serta membanggakan. Walaupun perjuangan untuk meraih hal tersebut sangat berat dirasakan.
Mudah-mudahan kebanggaan yang aku rasakan ini tidak membuat aku sombong, karena masih banyak orang-orang yang lebih membanggakan dari aku. Yah, masih banyak orang-orang yang hebat dan luar biasa di luar sana yang memberikan manfaat lebih besar bagi orang lain, bukan hanya bagi dirinya dan keluarganya sendiri.
Tapi, aku selalu merasa bangga bisa menciptakan senyuman di bibir mereka, memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta. Karena merekalah orang-orang yang selalu menerimamu kembali disaat orang lain meninggalkanmu.
Aku setuju kalo bangga itu berasal dari hati dan tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain, seperti cuplikan video berikut ini yang merupakan trailer dari novel CineUs karya Evi Sri Rezeki. Nyimak yuukk...!


 Untuk apa pengakuan dari orang lain yang sama-sama manusia, kenapa kita tidak berusaha mendapat pengakuan dari Tuhan kita saja karena dialah yang akan menentukan kehidupan kita kelak di akhirat.


You Might Also Like

4 comments

  1. bangga itu... "tidak terlalu" senang akan sesuatu hal, yang sedang-sedang saja... menurutku ^^

    BalasHapus
  2. Makasih, sarannya Mas Atun,
    Itu definisi bangga menurutku mas, siipp. Makasih sudah berkunjung Mas Atun

    BalasHapus
  3. oh orang bandung toh, kirain asli medan.
    bangga yang berlebih dapat menyebabkan serangan jantung, impostensi dan gangguan kehamilan danjanin
    good luck GAnya rin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, mas yandhi saya asli Bandung lebih tepatnya sih, Cianjur. Makasih mas yandhi, lagi nyoba peruntungan nih di GA nya si alif hee,, doain saya yah mas

      Hapus