Mengantuk di Jam Kerja Setelah Makan Siang,,, Why?

9:59 PM

Tidak seperti biasanya Jum’at ini aku datang lebih cepat dua menit dari biasanya (heee...walaupun dua menit, tetep lebih pagi kan) karena ada beberapa kerjaan yang mengantri untuk aku sentuh, untuk di asistensikan kepada customer  oleh Marketing Designer hari Sabtu besok.
Okey, ‘idupin kompi (bc; komputer) isi botol minum, duduk nyaman dan mari kita kerja. Kerjaan pertama me-revisi itungan untuk proyek Ruang Tidur Anak (RTA) pun dimulai. Minum seteguk, lalu membuka draftsight untuk melihat gambar dua dimensi dari ruangan yang aku itung. 
 

Gambar Koleksi Pribadi

Inilah kerjaan aku, sebagai seorang Estimator di salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang Design Interior dan Product yang berada di Kota Medan.
Gambar Koleksi Pribadi

Hari ini ada tiga gambar yang harus aku selesaikan perhitungannya karena semua proyek tersebut merupakan proyek urgent , karena besok hari Sabtu cutomer-customer tersebut mau datang untuk melakukan penawaran harga serta melihat hasil dari design  yang dicetak ataupun dapat dilihat melalui ipad. RTA dan dua buah Vanity berhasil dikerjakan sebelum jam lima teng, alhasil berasa free banget bisa ngenet di jam-jam kantor (walaupun ngenet pake hape aja, lumaya kan).
Perut kenyang kerjaan aman si bos nggak di tempat hatipun senang, hehee malah ngantuk yang ada, hadeuh *tepok jidat. Coba tebak kenapa yah kita bisa mengantuk setelah makan?
Gambar dari dearbella-bella.blogspot.com

Seperti dilansir dari Huffington Post (22/11), jenis makanan yang mengandung lemak, gula dan karbohidrat paling banyak memberikan perubahan hormon dalam tubuh. Karena ketiganya memicu respon saraf dengan cepat saat makanan mencapai usus halus, begitu katanya para ahli dari Scientific American.
Respon yang diterima saraf parasimpatis itu memberi informasi pada tubuh untuk memperlambat gerak tubuh dan lebih fokus dalam mencerna makanan.
Selain itu, sekelompok sel otak yang disebut dengan neuron orexin dalam hypothalamus juga sensitif terhadap glukosa. Kadar glukosa tersebut akan selalu meningkat drastis secara otomatis setelah kita makan banyak. Makanya, neuron akhirnya menghasilkan protein khusus, orexin, dalam jumlah besar.
Gambar dari filhifzillah.blogspot.com
Kemudian, hormon insulin ikut meningkat setelah seseorang makan banyak. Hormon tersebut juga mempengaruhi produksi serotonin dan melatonin yang dihubungkan dengan pemicu rasa kantuk (serta kebahagiaan)-à bahagia karena telah makan banyakk??? hehee...
Cara paling tepat mengurangi risiko mengantuk setelah makan banyak sebenarnya adalah dengan membatasi jumlah karbohidrat, lemak, dan gula yang dikonsumsi. Namun pada dasarnya fenomena ini tergolong normal dan bukan merupakan masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.
Tapi inget, jangan biasain diri buat makan banyak di malam hari sebelum tidur. Karena bakalan mempengaruhi pola tidur. Jika kamu makan malam pukul sepuluh kemudian tidur, itu artinya kamu mematikan fungsi insulin yang membuat kadar gula darah naik turun. Menurut Dr Loren Greene, dari New York University kamu bakalan mudah terbangun di malam hari dan susah untuk tidur nyenyak
Kesimpulannya adalah jangan makan terlalu malam agar tubuh punya cukup banyak waktu untuk mencerna makanan, menurut guru Biologiku, makanan dicerna selama empat jam di dalam tubuh, jadi usahakan jangan terlalu banyak makan sebelum empat jam, biar tubuh atau pencernaan kamu tidak kelelahan mengolah makanan.
 Meskipun mengantuk setelah makan besar, tunggu beberapa jam jika Anda ingin tidur sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyenyak.
Jiah, kok malah jadi bahas ketidur yahh?? Hadeuhh beginilah kalo kebanyakan makan, heeheehe.. Nggak apa-apa juga kali yah mumpung ditraktir sama yang ultah hari ini. kenyangnya pool sampe pulang kerja. Ngantuknya juga juara, untung si bos nggak di tempat.
Bro makasih traktirannya, Met Ultah yah Bro Mandi, sukses untuk semuanya. Mudah-mudahan jadi bapak yang bisa dibanggakan di masa depan. Salam buat Imay juga.. dan makasih buat makan-makannya..
Boleh dong share teman-teman cara ngilangin rasa kantuk setelah makan, apalagi jam-jam dua sampai jam 3 siang...



You Might Also Like

0 comments