OPPO N1, Smartphone dengan Kamera Berputar pertama di Dunia

11:28 PM

OPPO N1 dengan layar lebar 
Oppo? Merk handphone apalagi ini tanyaku ketika muncul iklan OPPO di sela-sela tayangan televisi petang itu. Iklannya memang bagus, tapi namanya juga iklan, nggak mungkin memberikan informasi yang jelek tentang produknya. Aku tertawa mengejek, “Alah, pasti sama aja kayak hape-hape Cina lainnya. Nggak bagus.” Ucapku dengan nada mengejek.

Kemunculan Operasi Sistem Android menjadi awal pertanda merebaknya perangkat smartphone baru,­­­ yang sebelumnya dikuasai oleh smartphone yang berasal dari negara barat dan smartphone berbasis Windows.

Smartphone ini menawarkan fitur-fitur canggih dengan harga yang relatif mahal. Baru setelah lahirnya Android banyak perusahan yang memproduksi smartphone dengan harga yang relatif lebih murah. Sehingga, hal tersebut membuat membludaknya produk-produk “smartphone” tiruan dengan kwalitas yang rendah.

Hal ini jugalah menjadi salah satu alasan kenapa aku bisa menyimpulkan bahwa smartphone OPPO memiliki kwalitas yang sama dengan “smartphone” Android dari Cina lainnya.

Hmm, harusnya aku tidak menghakimi dan menilai suatu barang itu tanpa diketahui fakta dan kebenaran dari barang tersebut karena ujung-ujungnya bakalan menjadi fitnah terhadap barang tersebut. Apalagi jika komentar itu “dipajang” di ranah publik seperti sosial media yang cepat sekali menyebar.

Di negara seperti Indonesia ini, opini terkadang lebih dipercaya dibandingkan dengan fakta. Kita tidak akan pernah bangkit  dan maju bila kepala kita ini hanya dipenuhi dengan gosip dan informasi sampah yang tidak berguna.

Baiklah kembali ke laptop yehh!


Beberapa hari kemudian seorang teman kerja memintaku untuk menemaninya ke sebuah pusat perbelanjaan (mall) yang berada tidak jauh dari tempat aku bekerja, dan OPPO ini pun kembali menyita perhatianku untuk beberapa detik pertama.
“Loh, booth nya udah ada ta di sini?” gumamku sambil melewati sebuah booth OPPO, smartphone yang iklannya aku lihat di televisi yang kemudian aku sepelekan.

“Bagus loh, OPPO itu apalagi yang paling baru launching kemaren, OPPO N1. KEREENNNN”

“Hape Cina gitu keren?” tanyaku dalam hati.

Itulah komentar yang keluar dari mulutnya dan aku menjadi semakin penasaran dengan smartphone yang satu ini. Keingintahuanku terhadap smartphone OPPO  akhirnya membuat aku jatuh cinta dengannya, apalagi untuk smartphone terbarunya, OPPO N1 yang baru saja rilis beberapa hari lalu.

*Sejarah OPPO

Perusahaan OPPO yang berdiri pada tahun 2001 ini merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Dongguan, Guangdong-Cina. Adanya respon masyarakat yang sangat tinggi terhadap perangkat mobile smartphone melatarbelakangi OPPO Electronic Corp, Ltd dalam meramaikan pasar smartphone dunia.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui tentang sejarah Perusahaan OPPO Electronic, termasuk aku. Dan karena alasan itulah yang menghantarkan aku mejadi lebih dekat lagi dengan OPPO Electronic Corp, Ltd. Salah satunya dengan memfolow twitter @OPPOIndonesia dan Fanpage-nya OPPO Indonesia, sebagai salah satu sarana mengetahui lebih lengkap kabar-kabar mengenai smartphone ini.

Sebelum merambah ke teknologi smartphone, OPPO ternyata memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player pada tahun 2004, Portable Media Player, LCD TV, eBook, DVD, dan Disc Player. Barulah pada tahun 2008 OPPO mulai menggarap pasar smartphone dengan mengeluarkan A103.

Kemudian di tahun 2010 OPPO juga mengeluarkan telepon genggam yang di khususkan untuk para wanita bernama U525. Agustus, 2011 OPPO kembali meluncurkan telepon selular pertamanya yang berbasis Android Mobile yang diperkenalkan oleh aktor tampan, Leonardo de Caprio yaitu OPPO Find.

Satu tahun kemudian, Finder dan Find 3 dikeluarkan OPPO untuk terus memenuhi keinginan pangsa pasar yang semakin haus oleh teknologi smartphone yang lebih canggih dari smartphone sebelumnya dengan harga yang lumayan terjangkau.

Pada bulan April tahun 2013 ini OPPO untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum memasarkan produknya ke Indonesia, OPPO terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti Amerika, Vietnam, Thailand, Rusia dan Qatar.

Sejak saat itu OPPO terus melakukan promosi dalam rangka memperkenalkan kualitas brandnya melalui iklan TV, Interet, Media Cetak dan lain-lain. Beberapa produk unggulannya yaitu OPPO Finder dengan desain tipisnya, OPPO Find Away dengan kamera 5 megapikselnya dan fitur beauty plus, OPPO Find 5 dengan layar HD dan kini OPPO N1 yang merupakan produk andalan teranyar tahun ini hadir dengan kamera yang bisa diputar 206 derajat, O Touch Panel dan Oclick Control.

*Launching OPPO N1

OPPO, sebagai salah satu produsen smartphone asal Cina telah meluncurkan smartphone terbarunya yaitu OPPO N1 di Beijing, Cina pada tanggal 23 September 2013. Tidak hanya menawarkan layar besar yang selama ini menjadi ciri khas produknya, kali ini OPPO N1 memperkenalkan fitur terbarunya yaitu fitur kamera yang dapat berputar hingga 206 derajat, serta O Touch Panel dan O Click Control.

Dan pada tanggal 16 Oktober 2013, OPPO N1 diluncurkan di Hotel Ritz Carlton Pacific Place-Jakarta yang dihadiri oleh hampir 2000 orang tamu undangan.

Dengan tenggang waktu yang cukup dekat dengan peluncuran OPPO Find 5 pada tanggal 17 April 2013 kemarin, OPPO N1 hadir sebagai salah satu bagian dari rangkaian peluncuran OPPO N1 secara global. Dan Indonesia dipilih sebagai negara kedua untuk meluncurkan produknya setelah Beijing-Cina.

*Spesifikasi OPPO N1

a.       Desain

OPPO N1 hadir dengan layar yang lebar
 OPPON1 dirancang dengan desain unibodi plastik yang halus dan licin berwarna hitam dan putih yang terbuat dari material Polyurethane. Dengan dukungan Polyurethane, maka ponsel ini dapat menghilangkan bekas sidik jari serta keringat yang menempel. Walaupun terasa kaku dengan bodi belakangnya yang terbuat dari plastik dan tanpa tekstur namun memberikan kenyamanan saat dalam genggaman.

Desain OPPO N1
Bagian depan memiliki tiga tombol kapasitif, seperti smartphone Android kebanyakan dan dibalut dengan bezel hitam yang elegan. Dibagian atas terdapat kamera yang dapat diputar dengan resolusi 1080 x 1920 pixel yang disematkan utuh ke dalam bodi smartphone.

Kamera tunggal tersebut ditopang dengan dual LED flash dan dapat berputar hingga 206 derajat. Fitur kamera berputar OPPO N1 merupakan inovasi yang pertama di dunia.

Dengan layar yang berukuran jumbo, OPPO N1 seakan menantang seri tablet dari yang telah lebih duluan muncul. Namun, OPPO N1 dikatakan memiliki bentuk yang lebih besar dan lebar dengan bobot 213 gram atau 0,47 pounds. OPPO N1 memiliki dimensi 170,7 x 82,6 x 9 mm yang sedikit lebih tipis apabila dibandingkan dengan tablet dari merk lain.

Seperti dijelaskan sebelumnya, OPPO N1 merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi kamera yang dapat diputar. Selain dapat diputar, kamera pada OPPO N1 dilengkapi dengan fitur geo-tagging, touch-focus, face detection, panorama, HDR dan long exposure (hingga 8 detik).   

OPPON1 dilengkapi teknologi Pure Image, fungsi remote control, rear Touch panel serta Touch Gesture pada layarnya. Yang paling menarik dari desain smartphone ini selain kameranya yang dapat diputar adalah adanya teknologi rear Touch Panel atau OPPO menyebutnya  O Touch Panel yang dapat ditemukan di bagian belakang N1 dengan ukuran 12cm persegi. Kegunaan O Touch Panel ini adalah memberikan kemudahan dalam bernavigasi di layar OPPO N1

O Touch Panel salah satu inovasi dari OPPO N1
Melalui O Touch Panel ini pengguna dapat memberikan perintah untuk menggulirkan layar, menekan pilihan layar dan mengambil foto tanpa terhalang oleh jari-jari pengguna yang mengambil foto.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan OPPO N1 yang terintegrasi dengan sebuah perangkat  O Click Control.

O Click Control dapat dijadikan sebagai gantungan kunci
OPPO N1 dan O Click Control
O Click Control memudahkan si pengguna mengoperasikan OPPO N1 secara remote seperti mengambil objek foto (shutter camera) atau membunyikan alarm ketika si pengguna lupa meletakkan OPPO N1nya. O Click Control dapat terhubung ke OPPO N1 dengan memanfaatkan sambungan Bluetooth hingga jarak 15-50 meter. Alat ini juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci, unik banget ‘kan teman. Tapi, sayangnya O Click Control ini masih dijual secara terpisah.

b.        Software & Hardware

Smartphone ini menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean dengan tambahan Color OS buatan OPPO sendiri. Yaitu ROM khusus yang akan mendukung Multi Gesture Demontration.

Untuk menunjang performanya OPPO N1 dilengkapi dengan prosesor Quad-Core 1,7 GHz krait 300 Qualcomm Snapdragon 600, RAM 2GB, pilihan memori internal sebesar 16/32GB, baterai Li-Ion 3610 mAh dan konektivitas berupa NFC, micro USB v2.0, USB OTG, Wi-Fi, serta Micro-SIM. Serta untuk  grafis-nya, OPPO menggunakan chip Andreno 320.

Dengan layar Full HD IPS 5,9 inchi beresolusi 1920 x 1080 serta kamera sebesar 13 megapiksel yang beresolusi 4128 x 3096 piksel ditambah lagi dengan layar yang memiliki kecepatan sebesar 377 ppi (pixel per inchi), dual-LED flash serta fungsi autofokus mampu menghasilkan gambar yang berkualitas.

Yang menarik OPPO N1 diklaim memiliki dua OS sekaligus (dual-OS). Ada Color OS (UI khas dari OPPO) dan stock Android hasil kerja sama Cyanogenmod. Color OS merupakan Sistem Operasi (Operating System/OS) hasil modifikasi dari pihak OPPO yang mengambil sistem awal Android Jelly Bean 4.2.2 lalu dibenamkan fitur yang akan memaksimalkan gerakan jari tangan dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan ketika menyentuh OPPO N1 dan Color OS tersebut.

OPPON1 terkesan ingin mengambil resiko dengan besarnya layar yang digunakan. Tapi, karena aku belum memilikinya dan melihatnya secara pasti maka belum bisa mengambil kesimpulan kalau desain OPPO N1 ini kurang memuaskan. Atau mungkin OPPO N1 memang menyasar pasar phablet??

Who’s know?

OPPO N1 memiliki kapasitas internal memory 16 dan 32 GB tanpa kehadiran memori internal, namun hal tersebut bukan menjadi masalah karena telah disediakan USB OTG yang setia menemani ponsel OPPO N1.

c.        Kamera

Kamera yang terdapat pada OPPO N1 yang bisa diputar 206 derajat
Berbicara seputar kamera ternyata OPPO bekerja sama dengan Perusahaan Fujitsu dalam bidang kamera. Fujitsu membuatkan prosesor kamera khusus yang diberi nama Owl untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup dari kamera ber-resolusi 13 megapiksel tersebut. Dipadukan dengan dual flash dan fitur rotasi 206 derajat menjadikan OPPO N1 berbeda dari smartphone-smartphone lainnya.

Mendesain kamera yang berputar memiliki tantangan tersendiri bagi para mekanik OPPO N1. Setahun lebih mereka memikirkan hal ini dan lebih dari 20 jenis kamera yang berbeda di uji cobakan untuk menciptakan kamera OPPO N1 yang briliant ini.
Yang akhirnya kamera OPPO N1 berhasil dirancang dengan memiliki tempat yang kecil untuk menampung lebih dari 10 moduler, 50 kabel dan 67 bagian dari kamera yang kesemuanya dirancang dengan sangat struktural.


Komponen lensa pada kamera OPPO N1
Selain menghasilkan gambar yang baik, kamera OPPO N1 juga mampu menghasilkan video berkualitas HD dengan resolusi 1080 piksel.

Melihat inovasi OPPO N1 dengan kamera berputarnya, pasti membuat kita sedikit was-was dengan pemakaiannya, bisa-bisa karena sering diputar kamera tersebut menjadi cepat rusak.

Tapi, jangan khawatir OPPO telah menjelaskan mengenai hal ini, bahkan mempunyai jawaban yang dapat meyakinkan dan telah diuji di laboratorium OPPO N1.

OPPO mengklaim bahwa OPPO N1 sebagai smartphone pertama yang mempunyai rotasi kamera dengan resolusi 13 MP. Fokus kamera yang menggunakan 6 bagian lensa ini telah diuji ketahanan mekanisme putarnya sampai dengan 100 ribu kali yang artinya kamera OPPO N1 dapat diputar 40 kali dalam sehari selama tujuh tahun dan masih dalam kondisi seperti baru.

Dalam pengambilan gambar, lensa kamera OPPO N1 mampu melakukannya hanya dalam waktu 0,6 detik saja.

Jadi, kamu tidak perlu takut pada inovasi sistem rotasi kamera tersebut. Karena akan bertahan selama 70 tahun lebih. WOW..., keren kann!

d.        Spesifikasi 


OPPO N1
UMUM
Perusahaan
OPPO
Type
N1
DISPLAY
Dimensi
170.1 x 82.6 x 9 mm
Berat
213 gram
Layar
·         5.9 inchi, 1080p Full HD IPS display (1920 x 1080 piksel),
·         377 ppi 16 milion colours multi-touch, capacitive screen
Warna
Hitam danPutih
FITUR
OS
Android 4.2 dengan OPPO Color ROM atau CyanogenMod
Chipset
Snapdragon 600
CPU
1.7 GHz quad-core
GPU
Andreno 320
RAM
2GB
Baterai
3610mAh
Lain
·         USB OTG
·         Bluetooth 4.0
·         5G Wi-Fi Direct
·         Wi-Fi Display
·         GPS
·         Distance sensor
·         Light sensor
·         G-sensor
·         4D Gyroscope
KAMERA
Roating camera
·         13 Megapiksel Dengan Sensor ISP Dual-Mode LED Apertur F/2.0
·         Normal, High Speed, Rewind, Beauty, Dan Slow Shutter scene modes
MEMORI

Internal
16-32 GB
SD card
Tidak Ada
JARINGAN

Dual-sim
 Tidak Ada
WCDMA
850/900/1700/1900/21//MHz
GSM
850/900/1800/1900MHz
INFO HARGA

Harga
$570 sekitar 6,5 jutaan-7 jutaan

OPPO N1 merupakan smartphone canggih nan unik yang dilengkapi dengan berbagai inovasi menarik. Kamera yang berputar menjadikannya sebagai kamera yang bisa digunakan dual fungsi, yaitu sebagai kamera depan dan kamera belakang.

Kamera yang terdiri dari 67 komponen ini bakalan mejadi andalan dan sahabat yang tepat untuk mengabadikan setiap moment yang paling berharga dalam hidup.

O Touch Panel dan O Click-nya menjadi salah satu cara unik dalam menggunakan smartphone, sehingga menjadikan kamu berbeda dari yang lainnya.

Satu-satunya hal yang paling aku inginkan saat ini adalah memanfaatkan dan menikmati setiap fitur keren yang dimiliki smartphone ini semaksimal mungkin.
Inilah beberapa alasan kenapa aku ingin memilikinya  dan harus memilikinya sekarang juga.

Oh, yah untuk memuaskan konsumennya, OPPO Indonesia memiliki Layanan Konsumen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Batam, Yogyakarta, Jambi, Semarang dan Denpasar.

Pasti tertarik ‘kan dengan OPPO N1 yang super inovatif itu, simak yukk video berikut untuk melihat inovasi-inovasi yang dimiliki oleh OPPO N1 secara lebih real. 




You Might Also Like

23 comments

  1. Kirain mw ngasih aku OPPO N1 nya

    BalasHapus
  2. Wah jadi pingin beli nih akooooh

    BalasHapus
  3. @fahmi, hehee ikutan aja kontesnya, ntar saling mendoakan yahh
    @om sacoko monggo dibeli,, makasih yah sudah mampir

    BalasHapus
  4. smartphone yang sangat canggih nmun harganya masih tidak memungkinkan dimiliki kalangan menengah ^^

    BalasHapus
  5. @kafarah makasih sudah mampir, yah begitulah ada kualitas ada harga.

    BalasHapus
  6. nice... inpormasinya kumplit amit jeng....
    nunggu ripiew minusnya.... #ehe

    BalasHapus
  7. ngeliat kamerananya bikin melting.. semakin banyak hape pintar, semoga manusianya juga semakin "pintar" .. sukses ngontesnya ^^

    BalasHapus
  8. @bang zidan, makasih udah mampir
    @teguh,, kalo udah punya ntar yah,, hehee
    @mba ayu,amiinn, makasih udah mampir mba ayu

    BalasHapus
  9. kameranya bisa muter kayak gitu, ngiler....

    BalasHapus
  10. lucu yang dijadiin gantungan kuncinya :-D

    BalasHapus
  11. @mas yandhi aku juga pengen banget mas
    @rina hehee,, ​​​yupp tapi sayang masih dijual terpisah dengan smartphone nya

    BalasHapus
  12. Kompetitornya apa nih hp dari brand lain

    BalasHapus
  13. Wow.asli bikin ngiler nih.. aku juga mau. speknya mantep bgt!

    BalasHapus
  14. sebenarnya kalau lihat spesifikasinya, gak rugi beli HP OPPO ini. Canggih :))

    BalasHapus
  15. ulasannya tentang OPPO seolah-olah marketing OPPO beneran yang nulis, luarbiasa, selamat berlomba semoga menjadi yang terbaik...
    btw-aku juga lagi buat GA, dicari 32 orang blogger yg suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang buat dapatkan gift unik dari Makassar, Tana Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan.....salam :-)

    BalasHapus
  16. @Blog Of Hariyanto :makasih banyak sudi mampir. Baiklah,inshaAllah ikutan yah mas

    BalasHapus
  17. Sering banget liat iklannya oppo kirain tuh buat pasaran menengah kebawah tau2 pas liat harganyah njieehhhhh ga sesuai banget sama kita2 yak tapi sepertinya menyasar kekelas bisnis karena melihat spesifikasinya aja desainnya kelas buat para pengembang kelas ke atas yang uobby nya terjun ke lapangan jadi ga perlu modal kamera DSLR lagi kali ya, tapi itu bisa jadi aih hahahaha..... tsaaahhhh... oke deh moga menang yah dapet hp barunya klo menang bagi2 bonusnya wkwkwkwkwk......


    Sista jgn lupa mampir diblog akika yach

    BalasHapus
  18. @chiaka : makasih doanya dan makasih juga udah mampir. Btw A̶̲̅A̶̲̅ nama blognya?

    BalasHapus
  19. wishh oppo,mau dong smartphonennya,,

    BalasHapus