Menjamurnya Blogger Copas

6:11 AM

Menjamurnya Blogger Copas
Sumber
Menjamurnya Blogger Copas (Copaster) di dunia maya, lama kelamaan membuat gerah si pemilik asli tulisan. Hal inilah yang membuat beberapa orang melaporkan perbuatan si Copaster ke Google karena dia sebagai penguasa blog-blog tersebut di dunia maya.

Menjadi seorang copaster bukanlah keinginan mereka yang baru saja terjun di dunia blog. Mereka tidak mengenal blog, sama seperti anak-anak kecil yang selalu merasa tertarik dengan dunia luar. Dan mereka selalu ingin tahu dengan hal-hal yang baru. Sama seperti blogger pemula. Blog adalah hal yang baru bagi mereka, sehingga selalu membuat mereka penasaran.

Menjadi copaster adalah pilihan termudah bagi seorang blogger pemula. Mereka tidak mengetahui secara lebih mendetail apa itu blog dan etika ketika menjadi seorang blogger. Bagi blogger pemula, mereka merasa senang karena telah memiliki sebuah blog. Itu artinya mereka telah menyandang gelar blogger.

Mereka lupa, bahwa mereka tidak mempersiapkan secara lebih matang mengenai isi blog. Padahal itu adalah salah satu hal terpenting dari seorang blogger. Boro-boro bahas mengenai Personal Branding, mereka cukup senang jika blog mereka sudah memposting satu tulisan artikel atau apapun itu. Walapun copas dari tulisan blogger lainnya.

Blogger-blogger senior sebenarnya tidak masalah tulisan mereka di copas. Asalkan mereka menautkan ataupun menyebutkan sumber, darimana tulisan mereka berasal.

Untuk blogger pemula yang menjadi copaster mungkin bisa kita maafkan, secara mereka anak baru di dunia blog. Tinggal bagaimana kita mengajarkan kepada mereka tentang blogger dan etika menjadi seorang blogger.

Naah, bagaiman jika copaster itu adalah seorang blogger senior? Dan dia telah malang melintang di dunia blog cukup lama. Apakah yang harus kita lakukan kepada copaster yang satu ini? any idea?

Aku jujur tidak tahu bagaimana cara memberantas blogger copas yang kian menjamur ini. Secara, aku aja masih baru berkecimpung di dunia blogger ini setelah hiatus beberapa tahun lamanya. Dan sebagai seorang blogger pemula, aku masih harus banyak belajar kepada blogger-blogger senior. Seperti belajar dari Andreeh, dengan mengunjungi blognya. Nah, untuk memberantas blogger copas, ada cara seru dari Andreeh yang mungkin bisa kamu gunakan untuk menindak blogger copas. Untuk lebih detail lagi buka di sini yah.

Sebenarnya, copaster adalah manusia yang pintar dan berwawasan. Namun sayang mereka tidak memahami etika dalam nge-blog. Alasan utama mencopas yang aku lihat dari seorang copaster adalah berasal dari dirinya sendiri. Tinggal bagaimana kita menyikapi secara bijak hal tersebut.

Satu hal yang paling menyedihkan dari seorang blogger yang telah dicopas adalah bahwa bisa saja orang akan menganggap dirinya sebagai copaster. Jika, melihat dari Nama Domain yang digunakan masih menggunakan yang gratisan. Sedangkan si copaster sesungguhnya sudah menggunakan domain yang berbayar. Ini miris banget ‘kan? Belum lagi, peringkat dia di google lebih bagus daripada kita,si penulis asli. Arrrggghhh...

Ups, jangan panik. Mending buruan deh daftarin Nama Domain kamu di Web Hosting Indonesia. Dan jadilah blogger sesungguhnya, tentu saja tanpa copas yah Gaes!

Dengan tulisan ini, aku juga ingin mengkampanyekan Berantas Blogger Copas, seperti teman-teman yang lainnya. Walaupun kita tidak bisa, melarang dan meneriaki mereka di blog dengan kata-kata “Hey, kamu tidak boleh copas!” atau “Hey, dilarang copas tulisan saya!”. Karena semakin kita melarang, mereka semakin cuek. Mungkin, inilah tugas kita semua untuk membantu para copaster agar mereka bisa lebih menghargai karya tulis dari blogger lain. 



Lomba Blog by : andre.web.id

You Might Also Like

23 comments

  1. hari gini masih COPAS blog??? kelaut aje deh, sama aja kayak korupsi uang rakyat itu!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tuh yang copas, om buktinya. Emang lautnya dimana sih?

      Hapus
  2. ada lho wes yang isinya artikel copas semua.. terkenal lagi webnya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menyakitkan si pemilik blog yang di copas kan mba?

      Hapus
  3. dari pada kopas mending ga usah update blog. kopas itu kriminal, sama kayak nyuri gebetan orang lain eh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas yandhi,, ujung-ujungnya selalu pasangan, kalo ga suami yah gebetan.. mentang-mentang udah laku yah

      Hapus
  4. banyak yang menggunakan trik ini mungkin karna malas dan ingin mengambil jalan pintas yang gampang dan cepat agar pekerjaan cepat selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi, karena mungkin satu hal, tidak suka menulis atau tidak ada ide untuk menulis

      Hapus
  5. bererti mereka sebenarnya butuh biombingan ya kaka,.,.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi,,,mari kita sama-sama saling memberi pengarahan sama blogger pemula.. aku juga mau dong dibimbing

      Hapus
  6. Rugi banget kalo blognya copasan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. hemmm mang sih sudah banyak yang copas tapi harus lah tetap memberikan sumbernya..dan jangan pulak kita kopas semuanya...

    tapi saya suka mengambil informasi dari wikipedia. dan tetap harus memberikan sumbernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo memberikan sumbernya nggak apa-apa

      Hapus
  8. hari gini copas, mendi g usah update blog deh :(((

    BalasHapus
  9. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus
  10. Dicopas, Page one pula, kasihan juga.

    BalasHapus