Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa

6:16 AM

Sabtu, 12 April 2014 Blogger Medan Community (BMC) memenuhi undangan dari Sumatera Wonder Trips, dalam acara “TOBA HIDDEN PARADISE NIGHT”. Acara ini diadakan di Ngopi-Ngopi, Coffee Shop & Cafe, berlangsung meriah  dengan serangkaian acara yang pastinya tidak akan pernah bosan buat dinikmati. Inti utama dari acara ini adalah launching Paket Perjalanan Wisata yang diadakan oleh Sumatera Wonder Trips. Paket perjalanan wisata itu adalah Toba Hidden Paradise (Surga Toba yang Tersembunyi).


Satu hal yang membuat aku tertarik untuk ikut meramaikan acara dari Sumatera Wonder Trips ini adalah adanya kebudayaan dari Masyarakat Toba Samosir (Tobasa).  Penasaran banget, seperti apakah kebudayaan yang mereka tampilkan di acara ini? Lanjut baca yahh

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Add caption
Acara dimulai dengan “Glamour Ethnic Photo Session” yang menghadirkan beberapa sesi diantaranya Diskusi Fotografi bersama Andi Lubis (fotografer profesional), Foto Shoot with Model dan Lomba Foto. Acara ini diikuti oleh banyak fotografer dari berbagai media dan komunitas foto. Untuk hadiah utama dari Lomba Foto ini adalah Paket Perjalanan Wisata, yaitu Toba Hidden Paradise sambil belajar Fotografi dari Andi Lubis secara langsung.


Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Pengambilan Foto Model (sumber dari FB Sumatera Wonder Trips)
Toba Hidden Paradise Night merupakan sebuah acara yang sarat dengan kebudayaan dan tradisi dari suku asli Tobasa. Banyak kebudayaan dan tradisi yang coba digali oleh Sumatera Wonder Trips dalam acara ini. Yah, mereka mencoba menarik kembali masyarakat yang mungkin telah melupakan, seni, budaya dan tradisi dari Tobasa.

Sumatera Wonder Trips ??

Sumatera Wonder Trips adalah sebuah Travel Agency yang membantu teman-teman untuk berwisata di Sumatera Utara. Misi yang diusung oleh Sumatera Wonder Trips adalah bersinergi dengan peningkatan ekonomi. Ekonomi yang dimaksud adalah ekonomi dari masyarakat sekitar atau daerah wisata yang dikunjungi.

“Kita ingin mengenalkan pariwisata dari Sumatera Utara, sehingga orang-orang yang hendak berwisata ke Sumatera Utara bisa mengenal hal lain yang tersembunyi dari Toba. Mereka tidak hanya akan mengagumi pemandangan indah Danau Toba ataupun Pulau Samosir saja, tapi lebih dari itu” terang Ecie dari Sumatera Wonder Trips.

Sumatera Wonder Trips menawarkan paket perjalanan yang tidak hanya datang, melihat Danau Toba, makan-makan, foto-foto kemudian pulang. Sumatera Wonder Trips menawarkan lebih dari itu. Sumatera Wonder Trips menyajikan suatu paket perjalanan di mana kita bisa menikmati lebih dari yang biasa ditawarkan oleh Travell Agency lainnya. 

Kita bisa merasakan tradisi dan kebudayaan Tobasa lebih dekat lagi dengan hati dan mata kita. Karena kita berada di tengah bahkan di dalam dari Kebudayaan yang ada di Tobasa. Itulah yang ditawarkan oleh Sumatera Wonder Trips.

Paket perjalanan yang ditawarkan oleh Sumatera Wonder Trips, diantaranya; Coffee Testing, Toba Hidden Paradise, Edu Trips dan Tuut Tuut Wonder Trips.

Coffeeland Wonder Trips

Di sini kita bisa menikmati kopi dan mengenal langsung tanaman kopi dari dekat. Bahkan bisa berinteraksi secara langsung dengan si petani kopi.

Toba Hidden Paradise

Paket perjalanan ini merupakan paket perjalanan lengkap. Hal ini dikarenakan, semua kegiatan inti dari masyarakat Toba bisa dipantau dan diikuti langsung di sini. Seperti, menginap di rumah batak. Di sini, kita bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya menjadi seorang warga Tobasa. Penasaran?? Hmmm, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Facebook dari Sumatera Wonder Trips.

Edu Trips

Mengajak siapapun untuk melakukan perjalanan sambil menambah ilmu. Cocok banget bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin jalan-jalan sekaligus menambah ilmu.

Tuut tuuut Wonder Trips

Ini adalah acara di mana, teman-teman melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Misalnya untuk destinasi Medan-Binjai atau sebaliknya.

Bagi teman-teman yang penasaran untuk berwisata di Sumatera Utara bareng Sumatera Wonder Trips, boleh menghubungi Sumatera Wonder Trips, di bawah ini:

·        Twitter                 : @sw_trips
·         Facebook             : sumatera wonder trips
·         WA                        : 0813 6132 4002/0813 7537 8476
·         Call                       : 0813 6132 4002/0813 7537 8476
·         BB                         : 768883BA

Its Show Time

Sekitar pukul tujuh malam, acara Toba Hidden Paradise Night pun kembali dimulai, setelah break untuk Shalat Maghrib. Menampilkan beberapa pertunjukkan tari dan musik tradisonal dari Bale Marojahan.

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Pertunjukan kesenian tradisional dari Bale Marojahan
Gaes, seru banget loh menyaksikan tarian serta lagu-lagu dari Bale Marojahan sambil menikmati Mie Gomak. Makanan khas dari Tobasa. Pada penasaran nggak dengan rasa mie khas batak ini?

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Mie Gomak , makanan khas masyarakat Tobasa
Di acara ini juga, SumateraWonder Trips menampilkan demo memasak, yang dibawakan oleh masyarakat asli dari Tobasa. Menu yang dibawakan oleh ibu-ibu ini adalah, membuat minuman pegagan yang merupakan minuman untuk ketahanan tubuh dan camilan masyarakat Tobasa yaitu sagon.

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Mulai memasak tanaman pegagan 
Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Antusias penonton mengabadikan cara membuat minuman dari pegagan

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai minuman berkhasiat (Pegagan)


Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Demo memasak sagon
Setelah acara memasak selesai dilanjutkan dengan mengenal tanaman atau Pohon Kemenyan. Hutan Kemenyan ini terdapat di Tobasa loh.

 
Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Ini dia pohon kemenyan

Penasaran dengan pohon kemenyan lebih dekat boleh loh ikut trip Toba Hidden Paradise yang diadakan oleh Sumatera Wonder Trips.

Semakin malam, acarapun semakin menarik untuk disimak. Setelah memperlihatkan Pohon Kemenyan secara lebih dekat. Acara pun dilanjutkan dengan memperkenalkan sebuah kepercayaan Batak asli yaitu Parmalim. Seperti penjelasan dari seorang Amang (bapak) ini, mengenai apa itu Kepercayaan Parmalim. Parmalim adalah sebuah kepercayaan leluhur dari masyarakat Batak. 

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Penganut Parmalim, agama leluhur dari masyarakat Batak

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Menjelaskan parmalim kepada penonton
Amang ini, menjelaskan bahwa dirinya memiliki agama tapi bukan Nasrani. Dia meyakini Parmalim sebagai kepercayaannya, yaitu agama Suku Batak tempo dulu, dengan Dewa tertingginya yaitu Debata Mulajadi Na Bolon atau Ompu Nabolon. Selain menyembah, Dewa Debata Mulajadi Na Bolon, mereka juga menyembah arwah dan kerabat dari Suku Batak yang dihormati.

“Kami tidak menyembah pohon, seperti kata orang kebanyakan. Tapi kami menyembah dewa kami” terang amang ini kepada kami.

Agama parmalim terdapat di desa Hatinggian. Daerah ini merupakan tempat bagi penganut parmalim terbanyak se-Indonesia. Di desa ini juga disebut-sebut sebagai sebuah desa multikultural di Tobasa. Hal ini dikarenakan agama-agama di sana hidup secara berdampingan. Seperti adanya sebuah mesjid, gereja dan tempat ibadah parmalim yang berdiri berdampingan.

Di Sumatera Wonder Trips dan memilih Paket Perjalanan Toba Hidden Paradise maka kamu bakalan berkesempatan untuk melihat secara langsung kepercayaan asli masyarakat Tobasa. Kalian juga bisa mewawancarai penganut kepercayaan ini. Menarik bukan, yuukkk segera hubungi Sumatera Wonder Trips dan buat nama kamu terpajang di list wisatawan.  Untuk menikmati Surga yang Tersembunyi dari Toba.

Buruan hubungi mereka, mumpung tanggal 3-4 Mei 2014 mereka bakalan mengadakan perjalanan Toba Hidden Paradise ini bersama salah seorang pemenang Lomba Fotografi.

Sebenarnya acara tidak hanya itu saja, karena masih ada pembacaan puisi dari mahasiswi-mahasiswi sebuah universitas di Kota Medan dan dari Bale Marojahan. Diakhir acara Bale Marojahan kembali menghibur dengan tarian tradisional, cuma sayang aku nggak tahu apa nama tariannya. Tapi, kata pertama dari lagu yang mengiringi adalah Piso Surit (jika aku nggak salah).  Nonton cantik dulu yuukk tarian mereka, berikut.




Ups, ternyata tarian paling akhir dari acara Toba Hidden Paradise ini adalah menari Tor Tor secara bersama-sama. Yuukkk, gabung menari kita, manortor kita!

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa

Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Menari Tor Tor bersama di akhir acara
Sekitar pukul sembilan malam acara pun selesai. Banyak banget kebudayaan yang bisa kita ketahui dan nikmati dari acara ini. Dan pastinya bakalan, lebih kamu nikmati dengan mengikuti Paket Perjalanan Toba Hidden Paradise dari Sumatera Wonder Trips. 

Bocoran bagi kalian yang tertarik mengikuti acara ini, harga dari paket perjalanan tersebut ternyata nggak mahal-mahal amat, masih dibawah satu jutaan rupiah. So, ngapain banyak mikir buruan sikat, dengan menghubungi contact person dari Sumatera Wonder Trips, di atas.

Notes: Bagi yang mengambil paket perjalanan Toba Hidden Paradise untuk tanggal 3-4 Mei 2014, maka kalian bakalan dapat free belajar fotografi dari Andi Lubis, si fotografer handal Kota Medan. Dan kamera yang digunakan tidak hanya  SLR atau DSLR saja, kamera pocket dan handphone pun bisa, asal jangan kamera LDR aja. Ups!


Toba Hidden Paradise : Paket Perjalanan Anda di Tobasa
Dokumentasi FB Sumatera Wonder Trips



Makanya buruan gabung, sebelum kehabisan tempat duduk.








You Might Also Like

0 comments