Gagal Hangout, Dapat Roti Manis

12:33 AM

Gagal Hangout, Dapat Roti Manis.Hari Minggu adalah hari yang super sibuk bagiku. Setiap Hari Minggu selalu begitu, memang ada beberapa kali di Hari Minggu aku mengabaikan pekerjaan rumahku demi untuk lain hal, seperti jogging atau belajar berenang. Yah, ketika melakukan kegiatan lain maka, aku harus mengganti hari lain atau jam yang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumahan aku yang rutin itu.

Hari Minggu kemarin, tanggal 17 Januari 2016 tepatnya aku mendapat sebuah ajakan untuk menghadiri sebuah event dari sebuah provider telekomunikasi. Setelah melihat jamnya yang cocok maka aku menyetujui untuk menghadiri undangan tersebut. Tapi, memang bukan rezeki kali yah, karena undangan tersebut dibatalakan. Bayangin aja, tumben-tumbenan loh, hari itu aku mandi lebih awal, karena tidak ingin terlambat dari jam yang sudah ditentukan. Jadi, setelah menyelesaikan semua pekerjaan rumah, cap cus mandi.

Sambil memantaskan diri di cermin, aku mendapatkan kabar bahwa, our invitation has been canceled. Its meant that our hangout was cancel. Okey, it’s been canceled, but feel so disappointed (*just take a deep breathe). Then, I got an idea, to make a bakery: sweet bread!
Roti manis


Siang itu juga, aku memarkirkan roda duaku di sebuah mini market dekat rumah. Membeli beberapa bahan untuk membuat roti manis. Beberapa bahan sudah tersedia di rumah, jadinya aku hanya membeli margarin, susu dan beberapa butir telur saja, dan melupakan untuk membeli keju. (*aku sudah berkeliling rak di mini market tersebut, dan aku tidak menemukan keju)

Satu hal yang aku pelajari siang itu adalah, dibalik kekecewaan selalu ada hal-hal lain sebagai penggantinya. Ini seperti obat kecewa  aja, hahaa.. whatever ‘lah. Jadi ingat sebuah kalimat, bahwa Allah tidak mengabulkan apa yang kamu inginkan tapi, Dia memberikan apa yang kamu butuhkan.  Aku berpikir, bahwa Allah memutuskan untuk aku, lebih baik mencoba resep baru daripada keluar bersenang-senang. Apalagi isu bom yang semakin simpang siur.

Baiklah daripada semakin ngaco aja, lebih baik aku jabarkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti manis.
Roti Manis
Bahan-bahannya


Bahan-Bahan

Bahan I;
  • 1 sdt ragi instan (fermipant)
  • 1 sdt gula pasir
  • 150 ml susu hangat (*aku pake susu ultra milk yang vanilla)

Bahan II;
  • 250 gr tepung terigu serba guna (*aku pake tepung terigu premium. Ini sisa tepung saat membuat pizza)
  • 1 btr telur kocok lepas
  • 1 sdm gular pasir (*bila suka manis, boleh ditambah)
  • ½ sdt garam
  • 30 gr margarin

Bahan Isian;
  • Coklat

*Untuk isian sesuai selera, bisa juga diganti denga keju

Cara membuat;

  • Campur semua bahan I aduk sampai rata. Diamkan sampai muncul busa (5 menit). Jika busa tidak muncul artinya ragi instant yang kamu gunakan tidak bagus, lebih baik buang saja,  karena kalau dipakai juga, roti kamu tidak akan mengembang. (Notes: untuk susu, bisa digunakan 120 ml dahulu karena susu ini sebenarnya bisa kita adjust sesuai kebutuhan)
  • Campur 250 gr tepung terigu, tambahkan 1 btr telur yang sudah dikocok, 1 sdm gula pasir dan campuran ragi atau Bahan I. Aduk rata
  • Uleni adonan dengan tangan kurang-lebih 1-2 menit. Tambahkan 30 gr margarin. Uleni hingga kalis
  • Diamkan selama satu jam hingga adonan mengembang. Kamu bisa tutup dengan kain yang telah dibasahi atau bisa juga dengan menggunakan plastic wrap.
  • Uleni kembali adonan, bagi menjadi 9 bagian atau sesuai dengan kebutuhan, bentuk bola. Tutup dan diamkan kembali kurang-lebih 10 menit.
  • Bentuk adonan sesuai selera, tambahkan isian yang kamu suka ke dalamnya. Lalu kembali diamkan selama 1 jam
  • Olesi adonan dengan kocokan telur. Untuk olesan ini ada yang mengatakan dengan satu butir telur, ada yang bilang dengan putih telurnya saja dan ada juga yang mengatakan dengan kuning telur saja. Terserah kamu mau pilih yang mana, dan tentu saja hasilnya akan berbeda. Tapi Farah Quinn menggunakan satu butir telur yang dikocok lepas untuk olesan.
  • Oven selama 20 menit dengan suhu 1800-2000 . Untuk oven manual, kamu bisa panasin dulu ovennya. Terus ketika memanggang, kamu harus rajin cek dan memindahkan posisi roti agar matang sempurna, untuk api lebih baik gunakan api sedang. Apalagi bagi yang baru mulai belajar seperti aku. Untuk oven listrik, lanjut aja gan!
  • Setelah 20 menit angkat dan olesi dengan mentega atau margarin yang sudah dicairkan.

Bagi yang bingung untuk membuat bentuk roti seperti apa, kamu bisa lihat di Youtube karena beragam bentuk menarik ada di sana. Mau roti manis kepang boleh atau roti manis bulat dengan isian coklat. Hmm, jika kamu membuat roti manis dengan bentuk kepang maka setelah diolesi telur kamu bisa tambahkan keju di atasnya lalu taburi denga gula pasir. Hmm, pasti lezat.
Oh iya, untuk mengatur posisi adonan saat memanggang, jangan terlalu rapat karena roti akan mengembang jadi jaga jarak yah!

Roti manis

Selamat Mencoba!

You Might Also Like

8 comments

  1. Resepnya asyik, save ah...lain kali mau coba bikin. Hihi

    BalasHapus
  2. Waaa.. pas bahannya ada semua,, jadi tergoda untuk bikin... makasih ya Rin, resepnya :)

    BalasHapus
  3. aa enak. pasti yummy kalau beneran. :D

    BalasHapus
  4. aku maunya roti manid buatan kak Rin aja ah, pasti lebih manis rasanya, semanis orangnya :)

    BalasHapus
  5. Yum yum yuuuum...
    ENyaaaaaakkkk

    @Nurulrahma
    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  6. mau dong mbak...yg tinggal makan aja, hihii :p

    @Wawa_eN

    BalasHapus
  7. Rin cobak lemparkan roti manisnya ke rumahku dulu.. hahaha :p

    BalasHapus
  8. Rin cobak lemparkan roti manisnya ke rumahku dulu.. hahaha :p

    BalasHapus