Resolusi 2016: Memiliki Rumah Sendiri? Tapi Bagaimana Caranya dengan Gaji Pas-Pasan??

9:17 PM

http://gambarumahminimalis.com/wp-content/uploads/2014/08/
Rumah Impian Aku. Source : Google
Euforia kemeriahan pesta tahun baru masih terngiang di telinga kita, and finally kita telah berada di awal tahun yang baru, 2016 Yeayyy. Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk menyusun kembali resolusi-resolusi yang akan kita raih. Membuat resolusi di awal tahun akan membuatmu lebih fokus mengerjakan apa yang harus kamu kerjakan. Resolusi juga akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting dalam hidup kamu. Selain itu, awal tahun bisa juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi resolusi yang gagal di tahun kemarin. Apa sih resolusi kamu di tahun ini? Hmmm, jadi penasaran hihihihi..

Nah, buat kamu yang sudah menikah kayaknya kudu banget memasukkan dalam list resolusi  yaitu memiliki rumah sendiri. Aku tidak mau menuduh kamu sebagai orang yang tidak bisa harmonis dengan mertua atau orang tua kamu. Tapi, pasti dalam hati ada keinginan untuk kamu memiliki rumah sendiri dari uang pribadi sendiri. Sebenarnya resolusi memiliki rumah sendiri itu, tidak hanya berlaku bagi mereka yang sudah menikah, tapi bagi kita-kita yang masih single juga, terkadang terpikir untuk membeli sebuah rumah. Entah itu untuk ditempati sendiri, investasi atau disewakan kepada orang lain.

Memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan utama manusia, selain sandang dan pangan. Kalian pasti tahu kalau harga rumah dan tanah setiap tahun terus meroket tajam, dan tidak pernah ada diskonan untuk penjualan rumah ( hiks ). Berbeda untuk barang-barang lain, seperti fashion  dan gadget. Jadi, masih ragu untuk memiliki rumah sendiri?

Resolusi 2016: Memiliki Rumah Sendiri? Tapi Bagaimana Caranya  dengan Gaji Pas-Pasan??
Saat mencari rumah di rumah.com
Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang, tapi karena harga rumah yang tidak murah menjadikan mimpi itu terkadang sulit terealisasikan. Selain itu, jika kita lihat pendapatan kita tidak cukup untuk membeli sebuah rumah bahkan untuk membayar Down Payment (DP) dari sebuah rumah. Apalagi cicilan perbulan dari sebuah rumah ditentukan oleh seberapa besar kamu membayar DP. Inilah beberapa pikiran yang mungkin singgah di kepala kita saat ingin memiliki rumah. Lalu, apakah impian memiliki rumah itu menguap begitu saja?

Tentu saja tidak! Satu hal yang harus kita lakukan adalah berhemat untuk menabung atau berhemat untuk membayar cicilan rumah. Inilah salah satu jalan untuk memiliki rumah dengan pendapatan yang tidak terlalu besar. Misal, jika pendapatan kamu Rp 3 juta perbulan, maka kamu harus mengusahakan untuk menyisakan kurang-lebih Rp 1juta untuk menabung, dan kamu harus mencukupi semua kebutuhan pokok kamu dengan Rp 2 juta saja. Selain itu, kamu juga harus menghindari mengkonsumsi barang-barang yang tidak terlalu penting atau mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi semua kebutuhan kamu. Jadi hindarilah gaya hidup yang berlebihan.

Ingat! Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. Ingin memiliki rumah sendiri, maka salah satu caranya adalah dengan mencicil KPR rumah. So, kamu harus mencari bank yang memiliki bunga kecil dan tentu saja kamu harus memilih bank yang terpecaya baik itu bank konvensional ataupun bank syariah. Sebagai orang yang berpenghasilan pas-pasan maka jangan terlalu berharap mendapatkan rumah mewah, jadi pilihlah rumah minimalis saja.

Di rumah.com kita bisa memilih dan mencari tempat tinggal yang sesuai untuk kita. Rumah.com juga memiliki fasilitas kalkulator bagi kamu untuk menghitung cicilan dan melihat kemampuan berdasarkan penghasilan  kamu pada setiap iklan property yang ada. Selain itu, ada juga review property pertama dan terlengkap di Indonesia.

Caranya mudah banget,  kamu hanya perlu membuka rumah.com dari browser kamu. Kemudian kita bisa mencari rumah yang kita inginkan, sekaligus menghitung cicilan yang harus kita bayarkan setiap bulannya melalui kalkulator yang berada di bawah deskripsi dari rumah atau property yang kamu taksir.
Resolusi 2016: Memiliki Rumah Sendiri? Tapi Bagaimana Caranya  dengan Gaji Pas-Pasan??
Kalkulator di setiap item properti yang kamu klik
Bagaimana mudah bukan? Ingat, jika kita ingin memiliki rumah sendiri maka harus kita persiapkan dari sekarang. Bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan maka mencicil adalah salah satu solusi yang tepat dalam memiliki rumah. Mencicil rumah itu tidak seperti mencicil kendaraan bermotor yang bisa kita lunasi 1-5 tahun tapi mencicil rumah bisa kita lakukan hingga puluhan tahun lamanya. Jadi, kamu harus berhemat selama puluhan tahun untuk melunasi cicilan rumah kamu. Hal ini juga bisa menjadi salah satu pendorong kita untuk terus berusaha dan bekerja keras yah!

Jadi, nggak salah ‘kan memasukkan memiliki rumah sendiri untuk resolusi di tahun 2016 ini?

You Might Also Like

2 comments

  1. Untuk bisa punya rumah memang kudu bersakit-sakit dulu, nabung dan pelan-pelan ngisi barang-barangnya. Lebih puas didapat dari hasil keringt sendiri ketimbang dapat limpahan dari org tua/mertua. Kalau udah tercapai punya sendiri... senangnyaaaa ! Hehehe...

    BalasHapus
  2. gak resolusi iyah 2016 ini sih kak, tapi bagus buat referensi masa depan *eaaak
    *nabung mulai sekarang*

    BalasHapus