Tren Blogger Indonesia 2016: Mau Di Bawa Ke mana Blog Kamu?

6:50 AM

http://hellboundbloggers.com/wp-content/uploads/2015/12/
Source here
Apakah kamu seorang blogger? Bersiaplah untuk menyongsong tahun 2016 yang semakin smart dan canggih. Hal ini dimulai dengan jaringan internet yang beralih dari 3G ke 4G sampai dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar bebas ASEAN yang mulai diberlakukan Bulan Desember 2015 lalu. Ini bisa menjadi jembatan kita menuju kehidupan modern yang lebih canggih. Bagi kamu yang seorang blogger, mungkin harus menentukan passion blog kamu mumpung  di awal bulan nih, sehingga kamu bisa memiliki niche blog yang lebih fokus. Karena ini bisa menjadi salah satu peluang kamu sebagai blogger di tahun 2016.

Perkembangan internet yang lebih baik dari sebelumnya, membuat internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa kita hindari. Berbagai brand provider berlomba menawarkan kemudahan dalam mengakses internet, walaupun terkadang beberapa brand provider  tersebut masih sulit diakses di beberapa tempat, terutama tempat-tempat terpencil. Ini merupakan peer bagi mereka, bagaimana agar akses internet bisa dinikmati di setiap inchi dari Indonesia.

Yupp, dan internet bisa menyatukan kita dengan orang-orang baru yang memiliki kesamaan hobi, seperti komunitas blogger yang ternyata semakin semarak di Indonesia. Indonesia semakin berkembang lagi dengan menerapkan smart city di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Jogjakarta dan Malang. 

Smart city atau kota cerdas diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah di perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah dan keamanan warga kota. Konsep smart city ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Nah, salah satu modal dari smart city ini adalah keterampilan dari masyarakatnya yang mampu menggunakan fasilitas internet dan teknologi informasi lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang mulai beralih telepon genggam mereka ke smartphone yang lebih canggih.

Bagi blogger sendiri ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Berkutat sedari awal dengan internet dan nge-blog menjadikan kita lebih melek teknologi. And maybe smarter than someone who never known or using the internet before. Para pengusaha yang dulu memanfaatkan televisi dan papan reklame sebagai sumber untuk mengiklankan produknya, kini sebagian besar telah beralih kepada blogger dan buzzer di sosial media.

Senangnya bagi mereka yang telah memilih niche blog mereka, karena para pengusaha pastinya akan memilih para blogger yang sesuai untuk mengiklankan produknya. Misalnya, produk kecantikan pastinya akan lebih dipercayakan untuk di-review oleh seorang beauty blogger bukan oleh blogger otomotif.

Banyaknya tempat-tempat wisata baru yang masih ‘virgin’ dan mulai terekspos menjadikan para blogger beramai-ramai berubah haluan menjadi seorang travel blogger dadakan. Sedang, bagi mereka yang telah terjun terlebih dahulu ke passion travel blogger menjadi semakin bersemangat mengangkat tempat wisata baru yang bisa menaikkan jumlah pengunjung blog-nya.

Niche atau passion blog lainnya yang semakin ramai adalah food bloggerfashion blogger, lifestyle blogger, gadget dan teknologi. Jadi bersiaplah dengan menambah kemampuan kamu mengenai hobi dan passion kamu mengenai blog kamu tersebut.


Jadi, sudah tahukah mau dibawa kemana blog kamu? 

You Might Also Like

21 comments

  1. Hiks, sayangnya 4G belum merata ya, mbak. Siap-siap sama MEA. Dan sayang juga smart city yang dapat kota besar.. kasihan yang di kota kecil, apalagi desa pedalaman. yuk travelling aja biar gak stres! :D

    BalasHapus
  2. Meski 4G udah nyampe sini tapi gadget belum memadai,
    اعمل بقدر ما استطعت aja deh...
    Melakukan yg terbaik sebisa kita. (dalam ngeblog) 😊

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang blogku isinya masih gado-gado :( Agak kesulitan kalau harus fokus ke satu niche, takut nggak bisa konsisten. :|

    BalasHapus
  4. Kudu bersiap nih.... Harus bisa menyesuaikan diri

    BalasHapus
  5. Semoga kelak ada desa pintar hehehe *maklum tinggal di dekat kaki gunung yang sinyalnya timbul tenggelam. Kalau ada wifi gratis kan asik tuh :) Dan aku sendiri baru belajar ngeblog, isi blognya pun masih random dan sebagian besar curhatan. Semoga suatu saat nanti bisa fokus ke satu tema. Salam kenal mba :)

    @gemaulani

    BalasHapus
  6. Bismillah, semoga makin berkuulitas, aamiin :)

    BalasHapus
  7. Menggeluti sesuatu sebagaimana passion kita, seperti halnya memulis blog. Bagikan informasi yg di sukai selama itu bermanfaat bagi pembaca

    BalasHapus
  8. "And maybe smarter than someone who never known or using the internet before."

    Semoga dimanfaatkan untuk kebaikan yaak, bukan buat membodohi orang lain yang gatau internet, nyebar hoax atau isu sara. Hihi

    jangan cuma city dan phone-nya aja yang smart, people-nya juga :D

    @onlykharisma

    BalasHapus
  9. Blog ku mau tak bawa ke arah yang lebih baik :)

    @masirwindotcom

    BalasHapus
  10. Blog ku mau tak bawa ke arah yang lebih baik :)

    @masirwindotcom

    BalasHapus
  11. Setuju banget sama yang MEA. Yang jago review produk makin banyak kesempatan =)

    @kening_lebar

    BalasHapus
  12. Blogger semakin menantang dan tertantang, terus semangat dan konsisten,, :)

    BalasHapus
  13. haduh harus ke hutan nih cari inspirasi sebenarnya apa passion blog saya kahaha

    BalasHapus
  14. passion,passion, passion
    kalo blog gue ga gue bawa kemana-mana ah :D
    @aleksdejavu

    BalasHapus
  15. Kalau saya masih bertahan dengan personal blogger bin gado gado, masih kesulitan untuk menjadi blogger sungguhan, he he he

    BalasHapus
  16. saya sedang mengembangkan blog baru dengan suatu niche, tapi konsistensinya itu lho, bueeeraaattt banget... :D

    @f_nugroho

    BalasHapus
  17. kadang bingung mauuuu dibawa kemana hubungan eh blog kitaaaa


    mampir ya ke http://mutheas.blogspot.com
    @mutmuthea

    BalasHapus
  18. sejauh ini aku memag masih nyaman sama blog gado2ku hehe
    udah buat sih niche blog, tpi agak jarang aku postinginnya :D
    @chikarein

    BalasHapus
  19. pesyen saya read, saya akan menajadi read a blogger.... lah sama aja sama sekarang dong...

    BalasHapus
  20. Dan 2016... akan semakin banyak blogger2 baru yang bermunculan...


    @witri_nduz

    BalasHapus