Kalender Wisata Kota Medan dan Sumatera Utara 2016

8:29 PM

Kalender Agenda Wisata Kota Medan danSumatera Utara 2016~Semakin meningkatnya pergerakan wisatawan domestik di Sumatera Utara dan beberapa daerah lainnya di Indonesia dipicu oleh semakin meningkatnya kelas menengah masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda. Yah, beberapa dari kaum muda itu adalah para blogger yang fokus dengan wisata dan orang-orang yang aktif di sosial media. Hal ini, membantu mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya masing-masing, yang mungkin masih ‘virgin’ untuk lebih digali dan diminati oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Kalender Wisata Kota Medan dan Sumatera Utara 2016
Mari bersantai di tepi Danau Toba
Adanya kesadaran akan pentingnya manfaat pariwisata sehingga semakin banyak pemerintah daerah yang melakukan promosi pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerahnya. Namun demikian, kelemahan umum yang dirasakan para wisatawan dalam menjelajah berbagai destinasi pariwisata di daerah adalah masih belum optimalnya infrastuktur.

Walaupun demikian, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berupaya menarik wisatawan nusantara dan wisatawan asing untuk mengunjungi Kota Medan dan Sumatera Utara. Hal ini dibuktikan dengan mengalokasikan anggaran Rp 30 miliar untuk menggelar berbagai event di sepanjang tahun 2016 ini. Salah satu upaya promisi dengan menerbitkan kalender wisata 2016.

Kalender Wisata Kota Medan dan Sumatera Utara yang berisi 102 halaman tersebut berisi berbagai event yang dicanangkan Disbudpar, baik yang merupakan agenda tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Berikut beberapa agenda wisata Kota Medan dan Sumatera Utara 2016;

*Maret
18)  Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-44 (berlangsung dari tanggal 18 Maret-18 April 2016)
      PRSU adalah suatu acara yang diadakan oleh Pemko Medan dan perusahaan swasta untuk menyelenggarakan berbagai pergelaran seni dan budaya dari Sumatera Utara. Acara ini banyak dikunjungi oleh masyarakat baik untuk mengikuti lomba, memahami jenis-jenis budaya yang ada di Sumatera Utara amupun sekedar menikmati kemeriahan dari acara ini.

*April
4-5)    Festival Godang Naposo di Samosir
      Acara ini bertujuan untuk menggali kebudayaan Batak terutama tentang Tonggo Raja dan Godang Naposo untuk dilestarikan, hal inilah yang menyebabkan daerah Samosir dikenal sebagai ‘Negeri Indah Kepingan Surga’.

18)  Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-44 (berlangsung dari tanggal 18 Maret-18 April 2016)
11-12)  Geobike Kaldera Toba

Kalender Wisata Kota Medan dan Sumatera Utara 2016

*Mei
17-18)  Pesta Mejuah-juah di Kabupaten Karo
*Juni
7)   Ramadhan Fair (berlangsung dari tanggal 7 Juni -6Juli 2016)
      Ramadhan Fair adalah sebuah acara yang diadakan sebagai pemersatu umat sekaligus ajang promosi atau memperkenalkan kuliner kepada masyarakat luar.

*Juli
6)   Ramadhan Fair (berlangsung dari tanggal 7 Juni -6Juli 2016)

*Agustus
     Festival Tor-tor dan Alat Musik Tradisional Kabupaten Humbang Hasundutan
     Duta Wisata Kabupaten Nias

*September
19) Samosir lake Ultra Marathon, Kab. Samosir
     Festival Danau Toba
      Festival Danau Toba merupakan kegiatan tahunan yang berlangsung sejak 2013. Kegiatana ini merupakan pengganti dari Pesta Danau Toba yang sudah ada sejak 1983. Awalnya acara ini  diadakan oleh masyarakat di sekitar Danau Toba untuk mensyukuri atas keberadaan Danau Toba yang berperan penting bagi kehidupan suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

     Festival Bunga dan Buah Karo

*Oktober
25-30) Pesta Budaya Njuah-njuah Kabupaten Dairi

*November
25 Margondang Padang Sidempuan

*Desember
25 Karnaval Kota Medan
25 Christmas Season
31 Pesta Akhir Tahun Kota Medan

Yahh, dan itu dia kalender wisata Kota Medan dan SumateraUtara 2016, silahkan tandai kalender masing-masing dan buat rencana daerah dan acara apa yang akan kamu hadiri, untuk mengenal dan menikmati kebudayaan dari Sumatera Utara. Aku beserta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan dan Sumatera Utara bisa meningkat dari tahun sebelumnya. Selain itu, tempat wisata yang layak bagi para wisatawan yang berkunjung, satu lagi pungutan liar, please stop it.


Source:

You Might Also Like

10 comments

  1. pengennya liat festival bunga dan buah. Duh seru ada bunga terus banyak buah #lapeer

    @gemaulani

    BalasHapus
  2. Iya.. Festival bunga dan buah ini kayaknya menarik banget.. Pasti banyak bunga dan buah yang aromanya seger-seger :D

    BalasHapus
  3. Aku suka Medan karena logatnya
    Pengen belajar tapi ga bisa-bisa hihihi

    @amma_chemist

    BalasHapus
  4. Horas,, medan... :D

    @adibriza

    BalasHapus
  5. Danau Tobaaa, asyik banget pemandangannya tuh. Pesta Menjuah-juah sepertinya semarak dan ramai...
    @ge1212y

    BalasHapus
  6. Samosir... toba... pengen ke sana
    Budheku asli orang sana..

    @witri_nduz

    BalasHapus
  7. jadi kapan kita kemana? ambil satu agenda diatas yok jenjalan kita hehehee

    BalasHapus