Benefit Mendapat Undangan Sebagai Blogger

2:40 AM

Aku paling seneng deh kalau mendapat undangan dari beberapa perusahaan besar, cafe atau restaurant, EO acara dan lain-lain untuk meliput atau mengulas produk, tempat atau acara mereka. Selain kita mendapatkan pengetahuan dan informasi mengenai hal-hal yang mereka sharing, kita juga biasanya mendapatkan keuntungan-keuntungan kecil dari mereka, seperti goodie bag atau  cindera mata.

https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xft1/v/t1.0-9/
Undangan Grand Opening Cafe (Source)
Sejak bergabung dengan komunitas blog di Kota Medan, yaitu Blog M. Ada beberapa undangan yang aku terima sebagai seorang blogger. Undangan-undangan itu diantaranya, peluncuran produk smartphone terbaru, pembukaan café/restaurant, undangan nonton bareng bersama salah satu brand audio otomotif, dan lain-lain.

Sebagai seorang blogger, kita harus aktif dalam memposting suatu tulisan, blogwalking dan tentu saja bersikap ramah kepada para pengunjung kita yang telah meninggalkan jejak di blog kita. Walaupun, terkadang aku harus meluangkan waktu sekitar dua jam lebih di tengah malam untuk blogwalking dan membalas jejak-jejak langkah para pengunjung, yang telah dengan senang hati meninggalkan tanda cintanya. Terkadang, itu pun tidak sempat, maapkeun yah!

Aku memprediksi (mudah-mudahan) bahwa tahun 2016 ini adalah tahun kejayaan bagi para blogger, karena para pengusaha sudah mulai melirik blogger sebagai media promosi, tentu saja hal ini bisa menekan biaya promosi yang selalu di atas seratus juta tiap kwartalnya. Semoga saja, ini bisa menjadi kenyataan yah, walaupun begitu, saat ini telah banyak para pengusaha yang telah memanfaatkan jasa para blogger untuk “mengiklankan” produk mereka, dilihat dari sudut pandang si penulis atau blogger sendiri. Si penulis atau blogger akan menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan produk atau ‘hal’ yang akan di bahas menurut sudut pandang si blogger. Biasanya, selalu dituliskan keuntungan dan kekurangan dari produk tersebut.

Benefit Mendapat Undangan Sebagai Blogger
Undangan Nonton Bareng
Sebagai seorang blogger amatir yang tidak mengerti SEO, mengabaikan page rank, alexa maupun DA dan PA, Alhamdulillah aku sudah mendapatkan beberapa kali untuk menulis review, dan undangan dari beberapa perusahaan yang sedang melakukan promosi. Lalu apakah yang akan kita dapat?

Banyak hal yang bisa kita dapat dari undangan mereka, misal pengalaman, teman, informasi ter-update dari produk yang sedang di publish. Selain itu, kita juga biasanya mendapatkan makan siang/malam, snack, voucher, goodie bag dan lainnya. Jika kita beruntung maka kita bisa mendapatkan doorprize seperti, smartphone, jalan-jalan, atau mungkin uang tunai.

Lalu, apakah yang mereka minta dari kita? Hanya sebuah tulisan, seperti review acara, review produk, review tempat dan lain-lain. Ada beberapa acara yang meminta kita untuk men-share acara mereka di sosial media. Tapi, tidak semua undangan itu bisa aku terima, coz I’m not a fulltime blogger, so when it’s held at office hours I can’t accept it, bagaimana pun meriahnya acara tersebut.


Hal-hal yang aku sebutkan di atas adalah keuntungan-keuntungan yang aku dapatkan ketika mendapatkan sebuah undangan, sebagai seorang blogger. Di samping hal tersebut, ada hal-hal lain yang harus kita lakukan, sebagai konsekuensi dari undangan tersebut. diantaranya menuliskan hal-hal yang mereka inginkan atau harapkan. Tapi, aku selalu berusaha menuliskan hal-hal yang memang ingin aku tulis di blog, yahhhh sedikit banyak pake bahan mereka juga, sih.  Waduh, apalagi yah yang menjadi kekurangannya?  Ada yang bisa ngasih tau, biar aku bisa waspada, hehehe….

You Might Also Like

7 comments

  1. Undangannya seru-seru tuh, grand opening cafe dan nonton bareng. Makan gratis hehe
    Keren. Tetap semangat :)
    @ge1212y

    BalasHapus
  2. aku pun masih apalah-apaalh mengenai seo seo itu hehehe

    BalasHapus
  3. wah bioskopnya jauh kalo di saya mah jadi gak pernah dapat undangan nonton bioskop

    BalasHapus
  4. hahaha, lama tak bersua di dunia maya Rin. cie yang udah jadi Blogger Pro. Gimana kabar?

    BalasHapus
  5. asik banget ya kak dapat undangan nonton film yang lagi booming. mau dong diundang nonton gratis lagi :D

    BalasHapus
  6. dilema juga ya. pas ada undangan seru, kerjaan ga bisa ditinggal. ya, belum rezeki mungkin.

    BalasHapus
  7. Beberpa waktu lalu ada undangan utk blogger nobar the hope, tp akhirnya tak jd diselenggarakan. Pas banget, aku juga memberitahukan ke CP klo gak jadi bisa ikut nobar.

    BalasHapus