Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia

11:38 PM

Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia
Jumpa Tengah (Sumber :IG Digidoy)

“Asli karya anak Medan, yang menceritakan tentang “kek Ginilah Medan” dengan misiuntuk me-Medan-kan dunia biar semua orang tau kalo kek ginilah Medan.”Digidoy

Siapa yang tidak mengetahui Kota Medan dengan berbagai ciri khas yang dimilikinya. Kuliner, tempat wisata, kebudayaan, Suku Batak dan lain-lain. Nah, satu hal lagi yang akan dikenal oleh orang-orang tentang Kota Medan adalah Komik Digidoy. Digidoy merupakan komik strip yang dibuat oleh beberapa orang komikus kreatif Kota Medan. Cerita yang dibawakan oleh Digidoy pun sangat ringan, dan yang pasti membuat orang tidak harus berfikir keras seperti komik-komik detektif atau misteri lainnya. Menurut komikus-komikus dari Digidoy mereka memiliki misi untuk ‘Memedankan Dunia’ biar semua orang tahu kalo kek ginilah Medan!

Penasaran dengan Digidoy? Tetap setia baca tulisan ini yah, karena aku bakalan ngenalin sama kalian Komik Digidoy.

Pertama kali tahu mengenai Komik Digidoy adalah saat mengikuti sebuah gathering dari sebuah komunitas yang mengumpulkan beberapa komunitas, tapi dalam skala kecil dan di ruangan yang kecil juga. Salah satu yang hadir adalah dari Komik Digidoy, selaina anak-anak Blog M atau Blogger Medan yang selalu menyemak di mana-mana. Hmm, di situ aku mulai mengetahui ada yang namanya komik bikinan aseli anak Medan, yaitu Komik Digidoy. Beruntung banget saat itu duduk di sebelah banner Digidoy, jadi aku bisa langsung kepo-in akun-akun mereka.

Setahun beraksi, Komik Digidoy akhirnya merayakan kerja keras mereka bareng para pencinta komik dan fans-fans Komik Digidoy tanggal 7 Juni 2015 di Sun Plaza, Medan. Jumpa Tengah menjadi sebutan untuk perayaan ulang tahun Komik Digidoy beberapa hari lalu. Acaranya menurut aku meriah dan petcaaahhh bayangin aja aku nggak dapat tempat duduk (*hiks.. untungnya sebagai orang Indonesia, ada yang merasa kasihan, dia gabungin dua bangku trus aku duduk ditengahnya, kayak-kayak angkot gitu lapan-enam), yah namanya juga telat. Maybe it was my punishment for my late.

Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia
Suasana Meet &Greed dengan Komikus dari Komik Digidoy

Jumpa Tengah, merupakan acara dari Komik Digidoy untuk merayakan setahun kehadiran mereka di Kota Medan. Kenapa namanya Jumpa Tengah? Hmm, mungkin karena tempat acara berada di tengah-tengah? Apapun nama acaranya tidak masalah yang penting orang-orang tahu acara ini, dan di dalamnya seru banget.Buktinya, walaupun acara sudah selesai, mereka masih belum pulang, ckckckck. Acara yang berlangsung diantaranya Meet and Greet bareng komikus-komikus di balik pembuatan Komik Digidoy, Lomba buat Komik, Lomba Selfie bareng banner dari Digidoy, Workshop dan Lomba Nulis di Blog.


Hadiahnya banyak banget, tapi jangan dilihat dari hadiahnya kawan, karena acaranya lebih meriah dan bermanfaat bagi kita. Aku datang telat, pas komikus-komikus dari Komik Digidoy cuap-cuap di depan, so aku kelewat pembukaan dan beberapa informasi di awal acara. But its okey!(*tuh kan gara-gara telat gagal dapat goodie bad).

Di acara Meet and Greet kita bisa menyaksikan secara langsung siapa-siapa saja orang dibalik pembuatan Komik Digidoy tersebut. Kalau nggak salah ada sekitar enam orang dan semuanya memakai kacamata. Ups, MC juga suka ingetin kita bahwa mereka bukan berasal dari komunitas kacamata, hehee. Di acara workshop kita diajarin bagaimana membuat komik, mendapatkan ide cerita dan tentu saja cara menggambar komik. Menurut si pembicara yaitu Lana Molen, komik itu berawal dari ide sederhana tapi bertahan lama seperti Doraemon. Komik Digidoy bertema komedi dengan ending yang akan membuat orang tertawa at least tersenyum lah. Selain itu Komik Digidoy mengangkat karakter orang-orang Medan. semoga bisa bertahan lama seperti Komik Doraemon yah! Maybe more.

Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia
Ini dia para komikus di balik Komik Digidoy
Kebanyakan orang yang berada di luar Medan, selalu beranggapan bahwa orang Medan itu adalah orang Batak, padahal tidak semua penghuni Kota Medan adalah Suku Batak, ada juga seperti diriku yang Suku Sunda atau di Medan lebih dikenal dengan Suku Banten, (*hey, aku bukan dari Banten loh!), Suku Aceh dan lain-lain. Masih menurut Lana Molen, Komik Digidoy ingin mematahkan mind set yang sudah tertanam di benak orang-orang yang berada di luar Medan, bahwa Medan not only Bataknese.
Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia
Acara Workshop yang dibawakan oleh content creater di Komik Digidoy
Seperti yang aku bilang, Komik Digidoy mengangkat karakter dan kebiasan-kebiasan yang ada di Kota Medan, seperti inang-inang (red; perempuan yang berjualan di pasar), Landmark di Kota Medan seperti Lonsum (London Sumatera), Pamela (Pajak Melati; sebuah pasar yang menjual barang-barang bekas, seperti baju, seprai, dan lain-lain), Merdeka Walk, Guru Patimpus, kekhasan orang Medan dengan suara kerasnya dan lain-lain. Intip, kenapa orang Medan suaranya keras-keras di komik strip berikut.

Digidoy: Komik Medan yang Akan Memedankan Dunia

Mudah-mudahan bisa sedikit memberi gambaran mengenai Komiknya Orang Medan, Komik Digidoy di tulisan ini. Setelah membaca beberapa strip Komik Digidoy bagi orang-orang di Kota Medan bakalan mengamini dengan isi cerita, “yah itulah kebiasaan orang-orang Medan”, “Seperti inilah Medan”. Sedang bagi orang di luar Kota Medan, mungkin bisa lebih mengetahui kebiasaan orang-orang Medan dan karakter orang-orang Medan, so kalian nggak akan terlalu kaget dengan kebiasaan mereka di Kota Medan. Paling tidak kalian bisa mengetahui trend apa sih yang lagi booming di Kota Medan sekarang.

Masih penasaran dengan komik-komik dari Komik Digidoy? Bisa kalian kepo-in di akun-akun berkut;
Facebook : fb/digidoy
Twitter : @digidoy
Instagram : @digidoy
Website : www. Digidoy.com

Oh, yah mereka juga nerbitin Komik Cetak Full Version bisa di order di www.digidoy .com edisi ‘Kek Ginilah Medan’. Semoga Komik Digidoy berhasil me-Medan-kan dunia. Satu lagi yang ketinggalan, mereka memanggil para pembacanya dengan sebutan Kedaners, hmm aku nggak tahu artinya sih, cak kelen cari tau sendiri yah..



You Might Also Like

4 comments

  1. Balasan
    1. Nggak sedap, nggak sapa goodie bag nya ..

      Hapus
  2. Seru juga ya komiknya mengangkat sisi unik kota medan. Biar yang belum kenal medan jadi tahu. :D

    BalasHapus
  3. medan dan segala kemedannya kahaha

    BalasHapus