Hati-Hati Pada Love Scammer

10:48 PM

Hati-Hati Pada Love Scammer. Holla Gaes! Lama tak menulis itu seperti ada sesuatu yang hilang dari kehidupan. (*uhuk, segitunya). Hahaha, untuk melepas rindu yang tidak berujung ini, aku ingin berbagi cerita mengenai kejahatan Love Scammer. Jujur, aku pernah mengalami hal ini, beberapa kali malahan waktu kuliah, Alhamdulillah sekarang sudah mulai menurun. Hmm, ini terjadi karena situs pertemanan yang membawa aku mengenal banyak orang, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Dan kebanyakan pelaku Love Scammer itu berasal dari luar negeri, hmm bule gitu.

Aku baru menyadari bahwa ini adalah kejahatan Love Scammer, setelah secara tidak sengaja “terdampar cantik” di sebuah blog yang menuliskan pengalamannya saat mengalami Love Scammer. Beliau (red; yang aku lupa namanya) menuliskan secara panjang lebar mengenai kejadian yang telah dialaminya, disertai ciri-ciri dari Love Scammer dan bagaimana cara kita supaya terhindar dari kejahatan ini.

Love Scammer adalah kejahatan berbentuk penipuan yang dilakukan oleh seorang/sekelompok orang untuk memeras korbannya. Scam bisa berarti penipuan melalui media internet, dan pelakunya biasa disebut scammer. Jadi, Love Scammer bisa juga diartikan sebagai penipuan di internet yang memanfaatkan cinta untuk memeras korbannya. Pelaku biasanya mencari korban melalui situs-situs Dating Online atau media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Mereka menjalankan aksinya dengan memakai akun palsu dan foto profil menawan yang tentu saja palsu. Biasanya mereka mengambil foto atau gambar dari Google.

Source here
Alur yang biasanya dilakukan oleh seorang Love Scammer untuk menjebak korbannya adalah berkenalan dengan wanita yang menjadi targetnya. Setelah beberapa hari mengobrol, si Love Scammer akan menyatakan cinta dan menarik hati si target dengan mengatakan bahwa dirinya akan menikahi targetnya. Ia juga berjanji akan pindah ke Indonesia menemui si gadis, yang membuat si wanita melting selanjutnya adalah si Love Scammer yang non-muslim bersedia merubah keyakinannya demi bersama si target, yah kamu, kamu ‘kan target mereka.

Nah, setelah dia merasa dekat sama kamu. Dia akan mulai melancarkan aksinya, dengan meminta uang atau meminjam uang sama kamu. Cara meminta uang ini pun penuh dengan taktik cerdas. So, jika kamu bisa berfikir cerdas dan tidak dibutakan oleh cinta, maka si pelaku tidak akan bisa  meminta uang itu sama kamu.

Cara-cara yang sering mereka lakukan adalah:
  • Kirim Hadiah Palsu

Katanya dia mau mengirimkan hadiah mewah nan mahal dari luar negeri tempat tinggalnya di sana. Eh, ternyata dia memberi kabar, kalau hadiahnya itu tidak bisa keluar dan tersangkut di bea cukai. Dia lalu meminta sejumlah uang untuk mengeluarkan hadiah “mahal “ itu. Kalau kamu kasih, maka kamu benar-benar tertipu.
  • Terlibat masalah di tempat tinggalnya atau tempat kerjanya

Dia mengabari bahwa dia membutuhkan sejumlah uang, alasannya bermacam-macam, kecopetan, terjadi sesuatu dan berurusan dengan polisi, terjadi masalah dan lain-lain. Dia mengatakan akan mengganti uang yang dipinjamnya, setelah bisa lebih aman, padahal ia tak akan pernah kembali. Jika si Love Scammer mengaku memiliki seorang anak, maka tidak jarang ia menjadikan anakknya alasan untuk memerasmu.

Di negara-negara luar, korban Love Scammer bisa sampai meninggal dunia loh. Hmm, bahkan di salah satu artikel seseorang di Internet aku pernah baca bahwa si pelaku terkadang meminta targetnya untuk bertelanjang atau memperlihatkan salah satu bagian tubuhnya. Dan, itu bisa menjadi salah satu bahan perasan mereka, ketika si target sudah tidak bisa memberi uang lagi pada si pelaku. Yah, pelaku mengancam menyebarkan foto atau video seronok kamu ke teman, saudara atau keluarga. Hal ini, membuat si target stress dan akhirnya mengakhiri hidupnya. Sungguh tragis yah?
Source Google

Biar mudah kita mengenali si Love Scammer, berikut aku beritahu ciri-cirinya:
  • Foto Profile menarik
Salah satu foto yang sempat digunakan oleh Love Scammer. Source Google

Bule-ganteng-mapan-menarik, padahal hmmmm
  • Memanggil dengan sebutan sayang, honey, baby..

Melting? So pasti, padahal mereka melakukan ini karena mereka tidak ingat namamu sama sekali, atau mungkin mereka sedang melakukan chatting dengan banyak perempuan sebagai korban mereka, hmm dan mereka pasti lupa dengan nama kamu, so panggilan yang paling aman adalah honey, baby, dan sayang.
  • Mengaku sebagai pria mapan dan memiliki pekerjaan tetap

Mereka mengaku memiliki, mobil, rumah, barang-barang mewah dan lain-lain, selain itu mereka juga mengaku memiliki pekerjaan seperti dokter, pekerja tambang, tentara atau pekerjaan lainnya yang mengharuskan si pelaku terlihat berpindah-pindah tempat saat bekerja. Intinya, biar kamu tidak bisa melacak tempat tinggal mereka.
  • Cepat percaya, sok serius dan setia

Baru kenal udah nyatain cinta, curhat masalah pribadi, dan berjanji setia serta bersedia menikah dengan kamu. Please, use your mind, girl!
  • Berjanji akan datang menemui kamu

Mereka berjanji akan mengunjungi si target, tapi remember this dia tidak akan pernah datang atau berusaha mengulur-ulur waktu sampai akhirnya tidak jadi datang sama sekali, setelah berhasil menguras uang kamu.
  • Bahasa Inggris mereka aneh

Buktikan dengan meneleponnya, dialek mereka aneh bahkan kalau chatting tata bahasa mereka juga agak aneh, karena mereka mengandalkan google translate.
  • Terkadang suka ngilang tiba-tiba ketika online

Asal kalian tahu, gals mereka itu tidak bermodal, buktinya selalu memanfaatkan fasilitas wifi atau internet gratisan. Kalau kita telepon, mereka pasti akan segera mematikannya dan beralasan sedang sibuk dan berjanji untuk menghubungi kembali. Pelaku juga tidak pernah mau untuk melakukan video call, karena hal ini bisa membuat penyamaran mereka terbongkar. 

Agar kamu bisa terhindar dari kejahatan Love Scammer, mungkin kamu kudu banget mengikuti tips-tips berikut;

  • Percaya naluri wanita

Berfikir lebih logis ketika berkenalan dengan seseorang yang baru dan ‘beda’ dengan kita
Selalu bertindak waspada ketika ada seseorang yang berusaha dekat dengan kamu, apalagi dari online media, atau dating media.

  • Jangan biarkan kalian chatting lebih lama, sehingga kamu termakan rayuan mereka

Menurut Mba Fey Down, seorang wanita yang gencar mengkampanyekan tentang bahayanya kejahatan Love Scammer, jika mereka tidak bisa melakukan apa pun yang kamu minta, maka mereka pastinya adalah Scammer cinta sedang mencari mangsa. Jadi, waspadalah jangan terjebak oleh mereka. Belajarlah dari pengalaman orang lain yang sudah menjadi korban. Mungkin dia tidak bisa menipu uangmu, tapi dia telah menipu hatimu.

Lucunya, para pelaku yang tidak berhasil mengambil uangmu pada akhirnya akan menterormu dengan mengirimkan pesan-pesan kasar. Sekali lagi, pesan untuk para wanita pencinta sosmed, berhati-hatilah mengenal orang asing yang membuatmu meleleh!

Please banget kamu kudu hati-hati yah!

You Might Also Like

7 comments

  1. banyak yang kayak gini ya. harus hati-hati. apalagi memang banyak yang kadang milih kenalan lewat dunia maya. :)

    BalasHapus
  2. aku dulu pernah beberapa kali dapat inbox kayak gini di FB kak. tapi untungnya dari awal aku udah mikir ini penipu. atau kalaupun bukan penipu, pasti orang kurang kerjaan yang mau say hello dan nyatain cinta ke orang yang nggak dikenal. jadi aku cuekin aja hehhehe...

    BalasHapus
  3. dulu pas keranjingan main omegle iyah sempat beberapa kali jumpa dengan bule yang entah beneran bule atau bukan. gitu udah nyeleneh ya langsung di cut aja. lagian chatnya cuma buat iseng. serem ih ternyata ada yang ginian..

    BalasHapus
  4. Kahaha, itulah dia, jauh jauh cri bule yg di depan mata kan selalu memperharikanmu :)

    BalasHapus
  5. Weeww seram juga, selama ini sih kalau chatime ama bule cuma iseng aja hahaha

    BalasHapus
  6. Aku jg pernah kenal bule dan dia menyatakan cinta merayu hampir setiap hari suatu hari dia bilang anaknya butuh uang sedangkan dia sedang krj yg gak ngebolehin dia keluar akhirnya aku hapus pertemanan dan blok smsnya

    BalasHapus
  7. Aku jg pernah kenal bule dan dia menyatakan cinta merayu hampir setiap hari suatu hari dia bilang anaknya butuh uang sedangkan dia sedang krj yg gak ngebolehin dia keluar akhirnya aku hapus pertemanan dan blok smsnya

    BalasHapus