Susah Yah, Nyari Rumah itu? Apalagi di Jakarta

9:47 PM

“Rin, besok kemana?” tanya kakakku siang itu

“Nggak ada kak, mungkin di rumah aja,  kenapa?”

“Kawanin kakak yuuk ke arah Ring Road, katanya ada perumbahan murah di sana. Siapa tau cocok”

Susah Yah, Nyari Rumah itu, Apalagi di Jakarta.Yah, dia  adalah kakak sepupuku yang sudah berkali-kali dan disetiap kesempatan selalu minta ditemani untuk melihat perumahan-perumahan yang sedang dibangun. Selama ini dia tinggal dengan menyewa sebuah rumah yang di bayar pertahun, tapi menurutnya menyewa tidak bisa menyimpan uangnya selama beberapa tahun ini. Selian itu, ada keinginan dari dalam diri dia untuk memiliki rumah dia sendiri.

Menurutnya mencari rumah yang sesuai dengan selera itu sangat sulit apalagi dengan harga yang murah. Dia sudah mengumpulkan beberapa brosur dari pameran-pameran perumahan yang ada di mall-mall. Dia juga sudah beberapa kali mendatangi beberapa perumahan yang baru dibangun, dia melihat-lihat lalu bertanya dengan harganya. Dan selalu berakhir dengan tidak adanya kesepatakan antara si konsultan dengannya.

https://muthisuju.files.wordpress.com/2013/09/
Home Sweet Home (Source)
Sesulit itukah menemukan rumah?

Dan jawabnya adalah iya. Kita tidak bisa menemukan rumah yang sesuai dengan apa yang kita inginkan dengan mudah. Apalagi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Buktinya adalah kakak sepupuku sendiri, dia sudah lama mencari rumah idamannya. Tapi, sampai saat ini masih belum  juga menemukan rumah yang sesuai dengan selera dia.

Susah Yah, Nyari Rumah itu? Apalagi di Jakarta
(Source)
Lalu, aku memperkenalkan Rumah.com padanya ketika dia dan anak-anaknya datang berkunjung. Dan voila, dia begitu bersemangat menemukan rumah idamannya. Rumah.com membantu kakak sepupuku tersayang menemukan rumah idaman mereka. Caranya lumayan mudah, hanya dengan memasukkan kriteria rumah yang diinginkan, dengan jumlah kamar dan ukuran dari bangunan serta ukuran tanahnya. Oh, iya di rumah.com juga kita bisa membatasi budget rumah yang kita inginkan. Hmm, jika kamu unlimitted budget, I think you can get what you want.

Memiliki tempat tinggal adalah keinginan semua orang, terutama bagi mareka yang telah berumah tangga. Hidup mandiri adalah salah satu tujuan dari memiliki rumah mereka sendiri. Tidak banyak dari kita yang berkeinginan untuk satu rumah dengan orang tua kita atau mertua kita, kecuali mereka memang diharuskan untuk merawat mereka. Hal ini tentu saja kembali pada keputusan masing-masing.

Jika orang tua kamu sendirian, yah kenapa tidak untuk mengajaknya tinggal bersama. Toh, dia adalah orang tau kita sendiri atau orang tua dari pasangan kita. Pasti akan menyenangkan untuk satu rumah dengan mereka, walaupun bumbu-bumbu kehidupan itu tidak mungkin dihindari. Halah, ngomong gue, kayak yang sudah ngerti aja , yah hahaha... Btw, ini berdasarkan cerita serta curhatan mereka yang sudah berumah tangga. Aku cuma merangkum aja.

Aku juga berkeinginan memiliki rumah aku sendiri yang bakalan aku tinggali dengan keluarga kecil aku nantinya, hmm sampai tua mungkin. Yah, jika dia yang tidak boleh disebut namanya segera melamar dan misalkan harus hidup ‘mengekor’ dengannya, so why not?

Tentu saja, aku memerlukan sebuah rumah yang aku tempati bersamanya. Yah, kita memerlukan sebuah tempat tinggal, apalagi jika orang tua kita masing-masing tidak berada di kota di mana suami kita berada. Mau tidak mau, kita harus mencari tempat tinggal kita sendiri. Baik itu membeli rumah sendiri, mengontrak rumah yang telah ada  atau tinggal di apartment sebagai pilihan lainnya.

Menemukan rumah murah di kota kecil mungkin tidak sesulit menemukan perumahan murah di Jakarta. Jika kita lihat, kota kecil itu pasti sedang  dalam masa pembangunan, dan melakukan alih fungsi lahan dari persawahan menjadi perumahan atau pemukiman. Hal itu sudah sangat sering terjadi di negara kita. Berbeda dengan Kota Jakarta, karena di sana kita akan sulit mendapatkan persawahan, apalagi perumahan dengan harga murah. Terus, berada di daerah strategis perkantoran, dekat rumah sakit, kantor polisi ataupun pusat perbelanjaan. Yah, sudah sulit nih kalau menemukan tempat tinggal murah di tempat-tempat strategis seperti itu. Adapun pasti dengan harga yang mahal, bahkan sangat mahal.

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/
Ayo cek uang di dompet,kalau mau beli rumah (Source)
Masyarakat kita yang tinggal di kota-kota besar, akhirnya memilih apartment sebagai salah satu tempat tinggal. Kita ketahui sendiri, bahwa apartment murah di Jakarta juga menjadi hal yang sulit ditemukan. Apartement yang dikembangkan selalu saja apartment yang dikhusukan bagi pengusaha, dengan semua fasilitas yang memukau. Ini sebenarnya pilihan apakah kita mampu tinggal di apartment seperti itu atau tidak? Toh, semua berpulang lagi kepada kita dan budget yang kita miliki. Kalau menurut aku tempat yang nyaman itu adalah di kota kecil, dengan alamnya yang masih hijau dan dekat ke berbagai fasilitas umum, seperti pasar,  bank, rumah sakit, dan lain-lain.  Susah yah, yaudah kita cek rumah.com saja.

Di rumah.com  kita bisa melihat dan mengecek perumahan yang di jual, tidak hanya di Jakarta, tapi juga di beberapa kota lainnya di Indonesia. Selian itu rumah.com juga menampilkan  beberapa tips dalam membeli rumah, seperti tips untuk membeli rumah untuk pertama kalinya. Ini sangat membantu kita yang akan membeli rumah, dan belum memiliki pengalaman dalam bertransaksi dalam hal property.

Rumah.com membantu aku dan keluargaku menemukan rumah idaman kami. Nah, kakakku mungkin bisa langsung mewujudkan keinginannya itu, nah kalau gue musti nabung berapa lama yah? Maklum, mak lagi bokek!

Buat kamu yang serius mencari tempat tinggal atau hunian, rumah.com bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencari tempat tinggal. Why not, ‘kan? Daripada panas-panasan mencari keliling kota, mending tinggal lihat-lihat di rumah.com. Karena memang susah nyari rumah itu, apalagi di Jakarta.

Selamat menemukan hunian kamu!

You Might Also Like

4 comments

  1. asal duit ada gak susah kok hehhe..
    soale banyaakkk banget developer rumah di jakarta yang semakin liar bkin rumah dengan harga wah

    BalasHapus
  2. Jadi makin mudah nyari rumah sesuai budget ya kak :D

    BalasHapus
  3. jangankan di Jakarta kak, di Medan pun susah hehhee.. jangan beli, mau nyewa aja harganya waw semua *pengalamanpribadi :)

    BalasHapus
  4. ih sekarang aja udah susah nyari rumah, gimana pas iyah butuh nanti ya -,-

    BalasHapus