Para pelajar yukk kita Nge-BLOG

9:45 PM

Kota Medan merupakah salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Walaupun terlihat “mengekor” dari Kota Jakarta, Kota Bandung dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa, tentang tren dan perkembangan gadget, fashion, gaya hidup maupun sosial media. Tapi, Kota Medan benar-benar mulai dan mungkin telah siap dengan semua perkembangan digital yang akan menghampirinya. Apalagi budaya ngeksis mulai menyebar di kalangan para remaja Kota Medan. Tidak hanya anak kuliahan yang hobi ngeksis, sekarang anak SD pun sudah mulai terkena “demam” ngeksis tersebut. Tidak jarang anak-anak SD sekarang sudah memiliki akun Facebook.

para pelajar aktif, dan kreatif
Source
Facebook, Path, Instagram, LINE,  dan beberapa sosial media lainnya mulai marak di kalangan anak-anak usia sekolah atau bisa dibilang pelajar. Hal ini dikarenakan, gadget yang mereka gunakan menyediakan semua fasilitas tersebut. Selain itu, memiliki akun di berbagai sosial media menjadi salah satu tolok ukur eksisnya seseorang. Bagaimana dengan blog?

Di Kota Medan ini, aku pernah mendengar blogger pelajar, namun eksistensi mereka tidak terlihat. Karena anak-anak yang dulunya tergabung dalam blogger pelajar ini, kini telah beranjak dewasa, sehingga mungkin mereka enggan untuk dibilang blogger pelajar lagi. Hmm, iya juga yah, pasti mereka nggak mau dibilang blogger pelajar, toh sekarang mereka sudah bukan pelajar lagi.

Para pelajar lebih menyukai ngeksis di sosial media, karena lebih praktis dari pada ngeksis di blog. Apalagi banyak dari mereka yang tidak menyukai menulis. Hmm, padahal seorang blogger itu tidak melulu harus menulis panjang lebar di blog-nya. Blog itu bisa juga berisi foto-foto maupun video. Bila kamu hobi photographi kamu bisa menyimpan foto-foto kamu itu di blog, dan menjadikannya sebuah fortopolio, begitu juga dengan video. Hmm, aku pernah berkunjung ke salah satu blog yang isinya foto-foto semua. Yah, si pemilik blog hanya menulis sekedarnya saja. Jadi blog itu tidak melulu berisi tulisan saja kan?

Nah, bagaimana caranya menularkan virus blogging itu pada para remaja atau pelajar? Ini menjadi salah satu peer besar bagi kita sebagai seorang blogger. Ini juga menjadi salah satu tugas berat bagi para pengurus di BLOG M, yang ingin agar virus-virus blogging ini bisa menyebar di kalangan para pelajar. Salah satu hal yang telah mereka lakukan adalah, menggelar sebuah workshop ke sebuah sekolah di Kota Medan. Alhamdulillah, mereka sangat antusias dalam acara tersebut. Para anggota Blog M, memperkenalkan blog dan memberitahu bagaimana caranya memilki blog serta menggunakannya. Semoga teman-teman di Blog M bisa melaksanakan kembali, kegiatan tersebut, sehingga bisa membentuk blogger-blogger pelajar lainnya.


para pelajar
Source
Para pelajar sekarang, seharusnya tidak lagi menganggap bahwa blog itu hanya sebagai keharusan dari tugas yang diberikan oleh guru, karena di tahun 2016 ini adalah jaman keemasan bagi para blogger. Hmm, di beberapa kota besar di Indonesia kini selalu mengundang blogger dalam berbagai kesempatan seperti, peluncuran produk baru, konser, kegiatan acara, dan lain-lain. Secara tidak langsung, blogger mendapatkan kesempatan untuk mengembangakn dirinya. Tinggal menentukan passion apa yang paling kuat sehingga bisa menjadikan blog sebagai identitas mereka masing-masing.

Blog dan media sosial berbeda jauh, tapi walaupun begitu tetap ada persamaanya. Salah satu persamaannya adalah sama-sama tempat buat ngeksis. Walaupun blog yang kita buat tadinya bukan untuk ngeksis, tapi setelah menulis kesana-kemari, akhirnya kita selalu ingin agar tulisan kita ini dapat dibaca orang lain, bermanfaat bagi orang lain, pamer  dan sebagainya.


Jadi sudah saatnya kita ngeksis di blog, para pelajar yuukk kita nge-blog!!! GoBLog!

You Might Also Like

10 comments

  1. Anak SD main FB? Teman FB nya gimana ya? Atau cuma main games nya saja mungkin ya? Setuju dgn passion. Paling mudah membuat blog tentang hobi kayaknya. @ge1212y

    BalasHapus
  2. Blog M harus sering-sering nih main ke sekolah, biar para pelajar ngeblognya nggak sekedar karena tuntutan tugas :)

    @QuelleIdee07

    BalasHapus
  3. Kota medan banyak bibit unggul blogger ya
    Kabarnya LBI 2016 di dominasi blogger Medan

    @Siethi_nurjanah

    BalasHapus
  4. wah...salut dgn Blog M. semoga banyak menular ke pelajar lainya di Indonesia

    @ririekayan

    BalasHapus
  5. Semoga semakin banyak pelajar yang memiliki blog ya untuk menuangkan isi pikiran mereka, kayaknya keren ada blogger pelajar :)

    BalasHapus
  6. Blog dan media sosial sebenernya saling berkaitan juga, sih. Dari tulisan kita di blog, bisa kita promosikan melalui Facebook, Twitter, etc, etc.

    BalasHapus
  7. teryata banyak ya peserta LBI dari Blog M. hehe

    @adibriza

    BalasHapus
  8. Iya, padahal kalo dikembangkan juga bisa bikin vlog gitu

    @umimarfa

    BalasHapus
  9. blogger pelajar sekarang udah jadi blogger terpelajar kak hehehe. semoga kedepannya ada bibit-bitit unggul(?) kembali bagi para blogger pelajar kota medan :D

    BalasHapus