Pola Asuh Anak Penentu Awal Kebahagiaan Keluarga

11:45 PM

Beberapa kali mengikuti acara dari Nestle memberikan banyak manfaat bagi aku yang masih lajang. Salah satu manfaat tersebut adalah mengetahui peran penting keluarga bagi tumbuh kembang anak. Keluarga berperan terhadap penentu karakter dan tumbuh kembang dari anak, yaitu pola asuh anak dan sistem pencernaan yang baik.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga
These are the powerfull team from LACTOGROW
Pola asuh seperti apakah yang harus diterapkan oleh setiap orang tua sehingga anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia dan aktif? Ternyata kunci dari cara mengasuh anak  itu terletak pada kebahagiaan dalam keluarga. Kebahagiaan yang didapat bisa dihasilkan dari kualitas kebahagiaan keluarga yang dilakukan secara bersama-sama antara ayah, ibu dan anak.

Psikologi Rini Hildayani, M.Si memaparkan mengenai keterlibatan ayah dalam pengasuhan dapat mendorong tercapainya  tumbuh kembang anak yang optimal.  Interaksi dan pengalaman yang dialami anak ketika bersama dengan orang tua, khususnya ayah, dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan bersosialisasinya. Hal penting yang perlu diingat oleh orang tua dalam mengasuh dan berinteraksi dengan anak adalah harus peka terhadap apa yang dibutuhkan anak, termasuk kebutuhan untuk merasa bahagia, jelasnya.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga

Hal ini sejalan dengan misi Nestle LACTOGROW yaitu mendukung kualitas kebahagiaan keluarga Indonesia. Sehingga Nestle LACTOGROW membuat sebuah wadah bermain di mana keluarga dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama di kegiatan Happy Date with Legendaddy-Happy Winter Land yang diadakan di salah satu mall di Kota Medan beberapa waktu lalu.

Nestle LACTOGROW Happy Date with Legendaddy – Happy Winter Land diadakan selama dua hari dan dihadiri oleh banyak pengunjung. Pengunjung yang datang kebanyakan adalah para orang tua muda dengan anak mereka yang masih berusia di tiga sampai tujuh tahunan. Sumpeh loh, they were so sweet. If I can, maybe I would have taken one of them home.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga
We were enjoy the snow fall
Selain lingkungan yang bahagia, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh kesehatannya. Pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan bahwa organ imunitas terbesar ada di saluran cerna. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan saluran cerna dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan berbagai fungsinya, termasuk menyerap zat gizi dari makanan. Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang anak baik fisik, mental, dan sosialnya. Saluran cerna yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tapi juga kondisi psikologis anak dan orang tua.

Oh, yah di acara ini hadir juga “papah ganteng” kita yaitu Oka Antara yang membagi pengalamannya dalam mengasuh ketiga anaknya. Oka Antara selalu memastikan bahwa keluarganya mendapatkan waktu berkualias, Oka Antara membagi waktu bersama istrinya dalam mengasuh anak-anaknya.

Sebenarnya, seorang ayah ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak mereka, tapi terkadang waktu mereka tersita pada pekerjaan, sehingga tidak mendapatkan waktu berkualitas bersama anak-anaknya. Dalam hal ini manajemen waktu sangat diperlukan, sehingga ayah mendapatkan waktu berkualitasnya bersama anak mereka. Nestle LACTOGROW Happy Date with Legendaddy bisa menjadi sarana yang mendekatkan ayah dengan anak, di antara waktu luangnya.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga
"You are my snowman"
Hayoo, pada penasaran nggak, ada apaan aja di kegiatan ini? Jawabnya banyak selain ada panggung, photobooth,  dan area kreativitas di sini juga ada winter land zoo yang bikin anak-anak suka banget main-main “salju” dengan boneka snowman sebesar mereka, hihihi walaupun saljunya salju boongan. Untuk memasuki area ini, kita harus mempersiapkan baju ganti dan kaos kaki, untuk anak kita. Sayang, orang dewasa tidak boleh masuk area ini, padahal pengen juga, hehee.  Di sini, Nestle ingin mengajarkan betapa pentingnya untuk mendukung si anak ketika mereka belajar untuk mandiri. Orang tua hanya perlu mendampingi untuk memberikan dukungan pada si anak.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga

Bagi yang hobi mewarnai, memancing ikan atau membuat kreasi snowman bisa mendatangi area kreativitas. Ups aku saranin yah buat ayah bunda dan adik kecil untuk memasuki area foto booth karena tempatnya unik banget, mirip snow globe raksasa gitu, yang pasti seru untuk  mengabadikan momen bareng anak. Walaupun begitu, pasti ada juga tante-tante kece seperti kami yang ikutan narsis di snow globe raksasanya, hihihi . Sayang kami nggak ikutan foto, karena antriannya panjang banget.
Nestle LACTOGROW  Happy Date with Legendaddy-Happy Winter Land ini mendapatkan rekor MURI sebagai arena permainan salju dalam mall terbesar  yang menghadirkan berbagai aktivitas yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Kota Medan adalah salah satu kota dari empat kota di Indonesia yang dikunjungi oleh Nestle LACTOGROW. 

Kegiatan ini sendiri di adakan pertama kali di Jakarta dan kembali di tutup di Jakarta, tanggal 28 Mei lalu. Oh, iya kegiatan ini dilakukan dalam rangka membahas hasil survey Happy Family, yaitu survey konsumen Indonesia mengenai tingkat kebahagiaan keluarga dan kaitannya dengan hubungan antara orang tua dan anak. Kemudian LACTOGROW tergerak untuk melakukan survey lanjutan dan mencari tahu bagaimana memaksimalkan keterlibatan orang tua dalam pengasuhan anak untuk meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga.

Pola Asuh Anak Penentu  Awal Kebahagiaan Keluarga

Hmm, ternyata selain pola asuh anak meluangkan waktu untuk bermain dengan anak dan beraktivitas di akhir pekan dengan keluarga juga merupakan hal sederhana yang dinilai dapat meningkatkan keharmonisan keluarga.

Brand Manager LACTOGROW Gusti Kattani Maulani, mengatakan bahwa Nestle LACTOGROW Happy Date with Legendaddy semoga menjadi inspirasi bagi kita semua terutama ayah-ibu di Indonesia untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkualitas bersama anak, sehingga bisa bersama-sama meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga.

Ups, karena kebahagiaan keluarga adalah penentu karakter dan tumbuh kembang anak yang optimal. Salah satunya dengan melibatkan ayah dalam proses pengasuhan anak.

You Might Also Like

10 comments

  1. Eh oka antara ini anak nya dah 3 biji yaaaa, gw pikir baru 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah tiga anaknya, nggak nyangka kan masih ganteng aja. Kamu kapan?

      Hapus
  2. Wah acara yang seru sekali tapi saya sepertinya belum bisa ikutan deh karena masih nyari calonnya.

    BalasHapus
  3. bagus informasinya kak, sya suka gaya penulisan dan alur cerita nya

    BalasHapus
  4. Aaakh :D Bang Oka bikin salah fokus :D wkwk disitu Oka keliatan cool gimana gitu ya :D padahal aku pernah liat dia di film OK Jek, kelakuannya kocak parah :D wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oka kalem banget loh, nggak sempat foto bareng,karena nahan pipis..

      Hapus
  5. Aku tetep fix fokus ke Oka nya. Hahaha. Bapak yang ganteng dan sayang keluarga :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, Oka keren, dan Leg juga keren, itu loh lelaki lain di foto itu

      Hapus