Berkunjung ke Museum Negeri Medan

6:59 AM

Selamat datang di Bulan Maret, teman-teman! Udah hampir dua minggu yah kita melewati Bulan Maret ini. Btw udah punya rencana atau resolusi di bulan inikah? Hmm, aku hanya ingin mengakhiri bulan ketiga ini lebih manis dari bulan sebelumnya. Tentu saja, harus diawali dengan sesuatu yang manis. Aku mengawali Bulan Maret ini dengan mengikuti ajakan seorang teman dari SIGi Medan (Sahabat Indonesia Berbagi) untuk Mengukir Cinta bareng anak-anak SD dari daerah Tembung.

Menjadi seorang wanita yang sok sibuk dengan beberapa aktivitas bareng komunitas blog di Kota Medan, yaitu BLOG M. Maka, aku memutuskan untuk mengawali Bulan Maret ini dengan belajar bersama anak-anak SD dan Komunitas SIGi Medan. Judulnya adalah berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara.

Aku sudah jatuh cinta dengan museum sejak duduk di sekolah dasar. Yah, namanya juga kota kecil, jadi aku tidak bisa mengunjungi museum di kotaku, Cianjur. Aku pernah mengunjungi museum pertamaku di Bandung, sebuah museum dengan berbagai jenis hewan yang diawetkan. Aku seolah melihat kekejaman dari manusia, yang mengawetkan bayi-bayi mungil hewan-hewan itu ke dalam sebuah toples berisi cairan. Aku tidak tahu persis alasan bayi-bayi hewan itu berada di sana. Mungkin saja itu bayi-bayi hewan yang sudah mati. Who’s known?
Nah, Museum Negeri Sumatera Utara ini tidak berisi mengenai hewan-hewan yang diawetkan, tapi berisi semua hal mengenai Sumatera Utara. Kesenian, rumah adat, suku-suku, dan lain-lain. Aku baru tahu juga bahwa Sumatera Utara dengan Thailand memiliki hubungan khusus, buktinya ada beberapa peninggalan dari negeri Thailand di Museum ini.


Penasaran dengan isi dari Museum Negeri Sumatera Utara? Nikmati tayangan ulangnya dari gambar-gambar di berikut ini. 

You Might Also Like

0 comments