Foto Blog; Membekukan Waktu, Mengabadikan Rasa

12:14 AM

Photography is a way of feeling, of touching, of loving. What you have caught on film is captured forever… it remembers little things, long after you have forgotton evertythingAaron Siskind-

Gambar yang tertangkap oleh lensa kamera, walaupun terlihat kecil tapi membawa sebuah cerita besar di baliknya. Tentu saja, di balik foto-foto yang sudah kita ambil terdapat cerita yang menarik di dalamnya. Aku menyukai fotografi, walapun tidak memiliki kamera canggih untuk mengabadikan keceriaan serta hal-hal yang aku anggap penting untuk disimpan. Tapi aku percaya bahwa tidak penting seberapa canggih kamera yang kamu gunakan untuk mengabadikan waktu Karena tanpa ‘rasa’ yang ada di kepala ataupun hati kamu, maka semua itu akan menjadi sia-sia belaka.


The important thing is not the camera but the eye-Alfred Eisenstaedt- Satu hal yang membuat foto itu lebih enak untuk dinikmati adalah dari kreativitas kita. Kreativitas yang dimaksud adalah kejelian mata dalam melihat dan kepekaan untuk merasakan sebuah momen, sebuah objek, sebuah ekspresi, suatu kontur, suatu tekstur, suatu detail, yang kesemuanya akan membuat sebuah foto menjadi lebih hidup.

Terkadang foto-foto sudah bisa menjelaskan segalanya. Bagi mereka yang sudah jeli menangkap pesan yang tersebunyi dari sebuah foto, mereka akan lebih menikmati foto tersebut. Nah, foto juga selalu aku hadirkan dalam setiap tulisanku, untuk lebih menguatkan cerita, bahkan dari foto tersebut seseorang akan membayangkan sendiri, isi dari tulisan yang aku buat. Hehehe.. bisa nggak yah?

Pekan kesebelas dari Liga Blogger ini mengangkat tema mengenai Review sebuah Foto Blog, milik seorang blogger asal Jepang bernama Minako Shoh, seorang pengacara dan pencinta travelling. Blog-nya tersebut adalah machinami.biz 


Pertama kali yang aku tangkap ketika membuka blog Minako ini adalah Jepang. Dimulai dari tulisan menggunakan huruf-huruf Jepang (nggak tahu itu katakana atau hiragana) dan tentu saja foto-foto mengenai jalanan, lembah, pasar, dan lain-lain di Jepang dan dunia.

Aku menyukai gambar-gambar yang terdapat di blog miliknya. Aku suka bagaimana dia mengambil gambar-gambar tersebut. Minako, telah berhasil membekukan waktu dan membawanya pada kita. Minako juga telah berhasil membuat sudut-sudut yang mungkin tidak terlihat orang menjadi sesuatu hal yang luar biasa. Dan tentu saja seperti yang sudah aku katakan di awal bahwa tidak penting dengan canggihnya kamera karena yang paling penting itu adalah bagaimana kita bisa mengembangkan kreativitas kita. Memang benar, kamera canggih bisa mengambil gambar lebih bagus dan sempurna, tapi tidak dengan ‘rasa’. Karena ‘rasa’ hanya dihasilkan oleh kreativitas kita sebagai orang yang berada di belakang kamera.

The important thing is not the camera but THE EYE-Alfred Eisenstaedt-

Untuk Header , keren untuk gambarnya, mungkin ada filosofi tertentu mengenai bak dengan dua buah gayungnya tersebut, tapi tidak cukup mewakili mengenai isi blog yang penuh dengan foto-foto tempat yang tidak hanya di Jepang. Mungkin, kalian bisa lebih mengartikan hal ini, karena aku masih newbie dalam hal ini. Menurut aku sih gitu, nggak tahu Mas Anang…

Menu atau kategori terlihat lebih ribet dan berantakan yah, karena ada huruf alfabeth dan huruf jepangnya. Aku melihatnya jadi lebih berantakan. Walaupun aku bisa lihat bahwa, Minako sangat cinta dengan Jepang dan ingin memasukkan unsur-unsur Jepang seperti huruf-huruf Jepang tersebut. Aku Cuma bisa mengira-ngira saja, mungkin Minako ingin agar teman-temannya yang tidak bisa mengerti bahasa Inggris bisa menikmati blog-nya sama seperti kita.
Untuk postingan blog, bagi aku yang tidak bisa membaca tulisan Jepang suka dengan konsep menulis dengan 2 bahasa tersebut. Untung saja, tulisan tersebut tidak terlalu panjang sehingga, kita bisa langsung melihat versi Inggrisnya kemudian membacanya dengan cepat. Saran buat Minako dari aku, lebih bagus menggunakan dua blog untuk postingan berbahasa Inggris dan satunya lagi untuk postingan berbahasa jepang. Mungkin akan memakan banyak tenaga tapi, Dua Ransel kalau nggak salah sudah mencobanya.

Over all, sebenarnya aku menyukai foto-foto dari Minako, dan bagaimana dia mengambil gambar tersebut menjadi lebih memiliki makna, aku yakin Minako paham mengenai fotografi sehingga bisa mengambil gambar-gambar dengan sempurna. Walaupun aku baca bahwa gambar-gambar tersebut sebagian diambil dengan kamera yang sederhana.

Oh, iya di dalam blog Minako tersebut aku rasa orang akan langsung melihat gambar yang terpajang dan mengacuhkan tulisan-tulisan dengan memakai huruf-huruf Jepang tersebut. See, bahwa gambar bisa lebih menyampaikan apa yang ingin disampaikan oleh si pemilik blog, yaitu Minako.

Aku juga berharap bisa memiliki gambar-gambar yang bagus seperti milik Minako, untuk itu aku membuat menu Pictures sebagai salah satu label untuk memudahkan mencari foto-foto maupun gambar yang aku ambil. (dan sekarang masih vakum, its so sad)

Buktikan kamu juga bisa seperti Minako, bisa membekukan waktu dan bercerita lewat rangkaian foto-foto. Hmm, ini bisa jadi passion kamu dengan blog kamu, yaitu foto blog.


You Might Also Like

12 comments

  1. Pertama kali lihat headernya, bak dan gayung, saya merasa asing, kesannya gak keren blas yak hihi..
    Mungkin akan lebih menarik jika dipajang foto jalanan atau apa yang sekiranya pas dengan tema galeri perjalanan. Atau mungkin saja benar, bak dan gayung sebagai filosofi :)

    BalasHapus
  2. memang aku jg agak ribet ngeliat beberapa sidebar blognya,, namun secara keseluruhan blogny bagus

    BalasHapus
  3. Foto bisa menangkap dan menguatkan cuma jangan lupakan pembaca yang tuna netra, karena ada yang ga bisa melihat foto/gambar, kalau mau buat foto blog, jangan lupa tulis itu foto apa, jadi mereka tahu

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  4. kalau saya malah suka kalau dominan pakai huruf jepang, sebagaimana yg sudah ada di blog itu. jadi sensasi jepangnya kerasa banget. dan dengan adanya beberapa bagian secara singkat diberi penjelasan menggunakan bahasa inggris jadi ga terlalu asing.
    :)

    @f_nugroho

    BalasHapus
  5. Sy udah seneng menikmati foto2nya Minako sehingga tulisan Jepang yg tidak sy pahami itu ngga jadi masalah. ^^ @RuriOnline

    BalasHapus
  6. yang pasti mah fotonya keren...keren...

    BalasHapus
  7. Cocok buat para fotografer

    BalasHapus
  8. Iya nih mbak, rada terkesan berantakan.

    BalasHapus
  9. eh, bener banget ya mbak.
    dokumentasi traveling membawa sensasi utk membekukan waktu dan mengabadikan rasa. Meski telah sekian waktu berlalu, tp saat melihat foto-foto traveling, semuanya terasa baru kemarin

    BalasHapus
  10. Ya berner, tidak di kamera, namun mata . Tapi kamera juga perlu

    BalasHapus
  11. Thank you for visiting and introducing my blog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your welcome, i love to know your blog, coz your blog was awesome. I love your captures

      Hapus