Menjadi Seorang Blogger Profesional

5:40 AM

Menjadi Seorang Blogger Profesional
Source
Menjadiseorang bloggerprofesional bukanlah sebuah cita-cita pada awalnya, tapi itu adalah sebuah hobi. Hobi yang berasal dari kegemaran mengenai menulis, membaca dan sharing di media blog. Dalam hal menulis, seorang blogger memiliki dua tujuan yaitu supaya tulisannya membantu orang lain dan untuk memberikan informasi. Termasuk manakah blog kamu?

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bisakah blogger menjadi sebuah profesi? Percayakah kamu bahwa menjadi seorang blogger bisa menghasilkan suatu pendapatan? Bagi mereka yang telah menjadi expert di bidang ini, mungkin mereka bisa menggantungkan kehidupan mereka di blog. Tapi, bagi kita-kita yang merupakan blogger kacangan, masih belum bisa menggantungkan hidup di blog secara 100%. Kenapa? Adanya persaingan yang ketat di dunia maya mengharuskan mereka untuk aktif dalam menulis dan mendia sosial.


Satu hal yang aku percayai bahwa, menjadi blogger bisa dikatakan sebuah profesi jika kamu adalah seorang Blogger Profesional. Menurut aku blogger profesional adalah seseorang yang menulis di blog secara teratur dengan konten-konten menarik  dan terfokus. Biasanya skala updates postingan seorang Blogger Profesional juga termasuk sering, bisa saja satu tulisan satu hari atau mungkin beberapa tulisan dalam satu hari. 

Wuish, aku bakalan ngibarin bendera putih deh kalau diminta untuk memposting satu tulisan satu hari. Lagipula, ide tulisan itu pun tidak datang begitu saja, pun tidak bisa kita tuliskan dengan lancar di komputer. Ada aja kendalanya. Salah satunya adalah mengantuk. Aku seorang karyawan swasta, jadi acara posting-memposting tulisan, otomatis aku lakukan malam hari. Pulang kerja!

Dan tahukah kamu, hambatan terberat bagi aku ketika malam hari adalah mengantuk dan cape. Apalagi ditambah dengan kegiatan dari komunitas, lihat bantal guling itu terlalu menggoda untuk dilupakan. Jadi, untuk mencapai predikat Blogger Profesional itu tidaklah gampang, dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Apalagi untuk dikenal banyak orang.

Era digital life merupakan era-nya bagi kecanggihan teknologi, salah satunya adalah smartphone. Bagi sebagian orang smartphone mereka lebih penting daripada yang lainnya. Berinteraksi di dunia maya menjadi lebih penting ketimbang, berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Hmm, itulah teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Karena era digital life yang semakin tinggi, maka setiap orang berusaha mengikuti perubahan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti gaya hidup seseorang yang menjadi role model mereka, misal memiliki sebuah blog. Jika kita tanya beberapa anak muda yang melek teknologi, mengenai apakah mereka memiliki sebuah blog? Pasti jawaban sebagian besar dari mereka adalah, “yes he/she does!”

Yah, blog menjadi salah satu identitas bahwa seseorang melek teknologi. Mereka pastinya akan memajang alamat blog mereka di semua ataupun sebagian situs jejaring sosial mereka. Bagi beberapa orang blog menjadi hal yang penting dan menarik. Nah, bagi para blogger professional blog menjadi amat sangat penting, karena itu adalah lahan mereka. Bagi kita, blog mungkin hanya sekedar hobi atau iseng saja. Tidak bagi mereka para blogger professional.

Para blogger profesional mendapatkan bayaran untuk tulisan yang telah di postingnya. Kalau bagi kita, sebagai blogger pemula. Janganlah dahulu mengharapkan bayaran ataupun penghasilan dari apa yang telah kita posting. Jika kita rajin update blog dan teratur untuk memposting tulisan serta terfokus dalam menulis, maka suatu saat nanti kamu akan menghasilkan pendapatan ataupun bayaran dari apa yang kamu tulis. Ingat, itu hanya bonus dari apa yang telah kita tulis. Jadi, jangan terlalu berharap banyak yah.

Lain ceritanya saat kamu mencari pendapatan dari blogging. Ada banyak cara untuk mendapatkan imbalan di blog. Aku yakin kalian lebih paham mengenai ini. Bisa melalui ads, review ataupun memenangkan kompetisi blog. Kesemuanya itu harus kita pupuk dari sekarang dengan konsistensi dan kesabaran dalam nge-blog. Mana tahu suatu saat kelak, kamu menjadi blogger profesional. Dan mereka mencari kamu dan blog kamu. Inilah bedanya blogger profesional dan blogger pemula. Suatu saat, mereka yang akan mencari kita, mereka akan mendatangi kita untuk meminta bantuan kita dengan memanfaatkan blog kita. Inilah kenapa Blogger Profesional itu berbeda!

Aku memang bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa dibandingkan dengan banyak blogger yang sudah malang-melintang di blogosphere. Saat ini aku hanya blogger kacangan, yang menulis ketika jari-jariku bisa menari dengan indah di atas tuts keaboard. Maybe im nothing for today, but tomorrow future.. hmmmm,,, (liat yah ntar gwe jadi apaan) hihihi…

Bagi teman-teman yang bercita-cita menjadi blogger profesional dengan meninggalkan semuanya demi berkutat dengan blog, kamu bisa mulai melatih kepenulisan kamu di Liga Blogger Indoneisa selanjutnya. Karena kompetisi ini ngena banget buat yang lagi latihan menjadi Blogger Profesional, karena di kompetisi ini kamu dituntut untuk memposting tulisan tiga kali seminggu, blogwalking dan aktif di media sosial.  

Berani??

You Might Also Like

19 comments

  1. tulisan ini bukan saja menarik dan tidak memberatkan pembacanya. Dan mengarahkannya untuk ke sebuah tujuan dari makna tulisan itu sendiri.

    Selamat. Saya bisa menulis komentar disini.

    Sukses yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas. Suatu kehormatan bisa mendapatkan komentar dari mas mas satu ini, dengan tidak saya Paksa. Hehehe sukses selalu, mas. Btw, sudah postingkah hari ini ?

      Hapus
    2. Selamat. Saya juga bisa menulis komentar disini. :-D

      Sukses yah mba

      Hapus
    3. Selamat juga, makasih sudah komen hahaa

      Hapus
  2. saya pribadi juga ngeblog untuk hobi sekaligus berbagi mbak, kurang sreg kalo harus full-time. btw ga setuju deh kalo blogger seperti kita disebut blogger kacangan. Lha kan emang ngga berniat untuk jadi blogger profesional kok, hehe. @RuriOnline :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. kita lebih cocok dipanggil apaan yah mba?

      Hapus
  3. ampunn, aku aja nyerah ama LBI hiks hiks

    BalasHapus
  4. aku hanya mau jadi blogger yagn berbagi ide aja

    BalasHapus
  5. semoga sukses di LBI...salam medan

    BalasHapus
  6. Wuih 3 x dalam seminggu ya rin? Daku paling juga 3 x dalam sebulan postingannya, hahaha..

    BalasHapus
  7. saya masih selalu merasa salut bagi mereka yg bisa posting 1 tulisan tiap 1 hari. bahkan mbak honeylizious bisa posting tiga tulisan dalam satu hari. :)

    BalasHapus
  8. berani
    mbak ada typo di mendia hehe

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  9. aku tertarik banget tapi belum bisa menanggalkan aktifitas nyataku untuk fokus ngeblog hehehe

    BalasHapus
  10. wah keren nih seni SEO nya udah jalan...

    BalasHapus
  11. kalau aku sendiri ga yakin bisa jadi blogger pro kak, syaratnya aja bikin konten menarik dan terfokus, artinya blog harus punya niche, sementara kita blog personal yang isinya curhatan, tapi cita2ku tetap untuk bisa dapatin rupiah lewat tulisan2 sederhana

    BalasHapus
  12. Blogger kacangan ya?
    Kalau aku blogger musiman, musim pengen nulis baru nulis. Masih jauuh dr pantas di sebut problogger diriku, tapi normal dunk jika ttp pengen juga jd lbh pro dalam ngeblog

    @ririekayan

    BalasHapus
  13. Saya setuju. Ngeblog bila dilakukan karena hobi hasilnya Insya Allah lebih baik. Tetapi kalau ngeblog karena pengin dibayar, hmm.. bisa gak konsisten soalnya mikirnya duiiiitt mulu :D

    BalasHapus