Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger

4:48 AM

Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger
Event Blogger; Kudis dari Blogger Medan
Event Blogger adalah sebagai ajang silaturahmi dan sharing ataupun berbagi bagi para blogger, salah satunya adalah event Kudis. Kudis adalah salah satu event bulanan yang diselenggarkan oleh Blogger Medan. Kudis yang dimaksud adalah kepanjangan dari Kumpul Diskusi, jadi jangan kaitkan kata Kudis ini ke penyakit kulit yah, pliss jangan  banget, kerena memang tidak ada kaitannya. Kudis merupakan salah satu program dari Blogger Medan, di event Kudis ini, kita bisa sharing dan berbagi pengalaman dengan tema dan pembicara yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu Blogger Medan. Banyak banget yang dibahas di event ini, yang pasti kesemuanya berhubungan dengan blog.

Tadinya aku berfikir bahwa blog adalah salah satu media untuk menulis. Hanya itu saja, tapi setelah berkomunitas dan banyak sharing dengan teman-teman di komunitas dan di Kudis sendiri akhirnya aku mulai paham bahwa blog bisa juga dijadikan sebagai salah satu mesin ATM kita. Mungkin teman-teman sudah mengetahui bagaimana menjadikan blog sebagai mesin ATM bagi kita, karena kalian lebih jago dari aku. Aku ini apalah, hanya blogger kacangan. Eheheh…

Penting nggak sih event blogger itu bagi para blogger?

Event-event yang diselenggarakan oleh dan untuk blogger sangat penting untuk diikuti. Selain menambah teman, di event tersebut kita bisa menambah ilmu, sharing dan kalau panitianya baik bakalan dapat goodie bag ataupun  cemilan/makan gratis deh. Hihihi..
Bagi blogger pemula yang masih bingung bagaimana mengoperasikan blog mereka, maka inilah saat yang tepat buat mereka untuk bertanya. Blogger-blogger senior pasti dengan senang hati menjelaskan  mengenai ketidaktahuan kita mengenai blog ataupun kendala yang sering kita hadapi.

Aku jadi ingat ketika aku di complain mengenai tampilan blog aku yang sangat berantakan, dengan warna latar hijau hitam yang membuat sakit mata. Mereka juga mengajari bagaimana cara merubah template menjadi lebih responsive. Semua itu tidak aku dapatkan begitu saja, tapi aku dapatkan ilmu-ilmu sederhana itu melalui event blogger, walaupun hanya event  bulanan dari Blogger Medan saja.

Pengen juga sekali-kali ikut serta dalam Event Blogger Nasional, seperti Blogger Nusantara yang katanya masih simpang siur bakal diadakan tahun ini. Lalu, tanggal 24 Januari 2015 kemarin, Warung Blogger telah mengadakan kopdar nasionalnya yang dihadiri oleh banyak blogger dan tidak sedikit pula blogger-blogger daerah yang ikut serta di dalamnya.

Pengalaman selama mengikut event blogger

Kudis merupakan event blogger yang rutin diadakan oleh Blogger Medan. Walaupun masih terbilang baru dan sepi peminat, tapi ilmu yang didapat sangat berguna bagi perkembangan blog aku, hehehe, mastah-mastah blog pun dengan senang hati membantu member yang lain untuk sekedar mempercantik tampilan blog, ataupun mengajarkan sedikit kode-kode html ataupun CMS, yang sumpah bakalan pusing banget kalau dipelajari sendiri.

Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger
Event Blogger Kudis, dengan tema Photo Capture
Pernah juga diundang dalam acara Roadshow Q-Words yang diadakan di Kota Medan. Di event ini aku mengetahui mengenai domain dan hosting. Selain itu, dibahas juga mengenai kaitan antara blog dan personal branding.

Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger
Event dari Qwords (sumber @donisilalahi)
Seru juga ketika menghadiri Digital Content Gathering 2015 yang diadakan di DiLO (Telkom). Apalagi asyik mengetahui bahasan yang dibawakan oleh salah seorang panitia bahwa ketika zaman semakin maju maka konsumen pun semakin pintar. Di sini, aku manangkap bahwa blogger memiliki peluang besar untuk menjadi penulis iklan ataupun copywriter atau bisa juga menjadi seorang reviewer.

Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger
Menghadiri invite event di DiLo-Medan

Aku sangat senang bisa mengenal teman-teman blogger baik yang satu kota maupun yang berlainan kota bahkan pulau. Oh, iya aku jadi ingat bagaimana rasanya menyiapkan sebuah event blogger. Deg degan dan pastinya seru banget melakukan semua hal tersebut secara bersama-sama.
Event Blogger Ajang Silaturahmi dan Sharing Para Blogger
Event Blogger dalam rangka ultah Blogger Medan
Harapan untuk event blogger di tahun 2015

Hmm, aku hanya berharap bahwa event-event blogger baik skala lokal maupun nasional bisa terus dilakukan secara berkesinambungan. Tidak terhenti begitu saja setelah berusaha untuk membangunnya. Mungkin setiap orang akan menemui titik jenuh mereka dalam menulis di blog, tapi aku percaya mereka akan kembali bersemangat dengan adanya event-event blogger tersebut.

Blogger dan Event-event yang diselenggarakan oleh para blogger memang sangat berguna bagi kita terutama bagi aku yang notabene adalah blogger pemula yang tidak tahu apa-apa. Setelah mengikuti acara bulananya Kudis dan acara-acara blog yang lainnya  kita menjadi tahu bahwa blog itu bukan sekedar menulis, kita bisa mengoptimasinya sehingga kita bisa meraih kepingan dolar. Kita juga bisa merubah tampilan dari blog kita seperti yang kita kehendaki dengan tetap menghormati aturan blogging dan menjaga kesehatan mata si pengunjung, hahaa. So, event blogger itu bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar blogger dan sharing mengenai blog.
Selamat mengikuti event-event blogger¸kawan!  Jangan lupa posting kegiatannya di blog kamu yah!

You Might Also Like

38 comments

  1. Iya mbak Rin, salah satu asyiknya bisa ketemu langsung sama para blogger adalah, semangat nge-blog yang mungkin sempat turun jadi menanjak lagi :D @RuriOnline

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Ruri, dan kalau udah ngumpul itu asyik banget, bisa sampai lupa waktu. Beneran loh, ada aja pembahasannya hahaha

      Hapus
  2. nama eventnya unik
    kudis hehe...
    bakal banyak dapat isnpirasi ya dissana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuishhh,, inspirasinya mengalir bagai air, sampe kudisan kita loh di acara itu

      Hapus
  3. Kudis awalnya aku mikir itu sesuatu hueh
    keren info event bloggernya
    amin semoga harapannya terwujud
    aku masih belum mengerti gimana itu menjadikan pundi ATM tapi fokusku bukan disana sih, dibuat gratisan juga ga apa kok
    dari
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba, untuk menuju situ masih belum paham banget, yang penting menulis aja deh, benerin ejaan, kalimat dan semuanya dulu..

      Hapus
  4. wuiih mbak rin bener-bener aktivis perbloggeran,, asik acaranya... semoga bisa semakin berkembang dan ramai mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, waduh aktivis perbloggeran,, keren sech tapi nggak gitu juga, aku ini apalah cuma butiran debu di lantai aja

      Hapus
  5. saaaadeeeeeeeeeeezzzzzzzz ulasannya mbak, ajib deh pokoke, event blogger itu nyata adanya, jangan main di digital aja ya kan, ketemu pasti seru mana tau dapat gebetan sesama blogger kahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, btw dirimu udah dapatkah gebetannya?

      Hapus
  6. Ternyata blogger dan event blogger itu berhubungan erat sekali ya. Jika tidak ada blogger pasti tidak ada event blogger begitu juga sebaliknya. Tulisannya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya, event khusus blogger pasti orang-orang blogger yang menyemak, hehehe.. makasih

      Hapus
  7. Kopdar Blogger itu penting didatangi karena biasanya ada dorprizenya wakwaw haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. mba Yuni kena virus wakwaw juga teranyata. *tepok jidat

      Hapus
  8. Wah, nama event bloggernya serem. Berarti sebelum berangkat harus bekal Kalpa**x lah ya biar gak kudisan, hehehehhee... Maaf cuma bercanda. Ma kasih udah berbagi tulisan... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,, udah sedia di dalam tas kalau itu mah hehehe..Sama-sama

      Hapus
  9. Waw, kudis rame juga yaaa. keren. :D

    BalasHapus
  10. harusnya seru banget ya bisa ikutan kopdar kayak begini.. bisa kenal dan ketemu langsung orang yang selama ini kita lihat secara virtual.. aku paling jarng ikut kumpul2 begini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ayu sibuk sih, kapan kita kopdaran mba?

      Hapus
  11. nama eventnya unik ya. Kudis :D kayak penyakit kulit haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..gitu deh, kan itu ada kepanjangannya

      Hapus
  12. Kudis tapi banyak makanan... hiii... :D

    @f_nugroho

    BalasHapus
  13. event blogger itu bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar blogger, mantap juga menambah ilmu dan rejeki pastinya :)

    BalasHapus
  14. Pengen juga sebenernya ikutan event bogger di luar Pontianak, tapi sayang masih terkendala dengan biaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang itu sih yang memang menjadi salah satu kendala untuk mengahdiri kopdar di luar pulau, apalagi keseringan kopdar itu dilakukan di pulau jawa.

      Hapus
  15. Mba, Kudis nya rutin dilaksanakan kah?
    Di Pekanbaru juga ada sih kumpul-kumpul, tapi nggak rutin kalau ngajak pembicara hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun 2014 rutin mba, tiap bulan, pembicaranya juga masih dari kita kita aja

      Hapus
  16. Keren yah, bisa menjadikan Blog sebagai mesin ATM, banyak yang gagal melakukannya, termasuk saya belum bisa mewujudkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya, masih jauh kalau untuk itu mah

      Hapus
  17. Semoga pas ada kopdarnas bisa ngumpul semua yah peserta LBI ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semoga waktu dan kantong nya mendukung

      Hapus
  18. Iya,, event-event itu buat seru dan semangat pastinya,, Ayok susun Event Untuk di MEdan khususnya tenttang Blog

    BalasHapus
  19. Pengen ikutan juga jadinya.

    BalasHapus