Tuk Tuk Siadong, Desa Wisata di Sumatera Utara

11:20 PM

Kota Medan identik dengan Danau Toba, yaitu danau terbesar di Asia Tenggara yang memiliki sebuah Pulau di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Tapi, tahukah kamu bahwa Danau Toba itu sebenarnya tidak berada di Kota Medan. Danau Toba itu terletak di suatu tempat yang diberi nama Parapat. Kita akan berada di sana setelah menempuh perjalanan kurang-lebih enam jam dari Kota Medan.

Danau Toba terkenal dengan keindahan alam dan budaya dari masyarakat Batak yang berdiam di sana.  Setiap tahun, di Danau Toba selalu diselenggarakan Festival Danau Toba. Banyak kegiatan dan pertunjukkan seru yang dilaksanakan di sana. Jadi, jika dimungkinkan maka kunjungilah Danau Toba saat Festival Danau Toba itu berlangsung.

Bagi siapa pun yang menyukai adat istiadat dari masyarakat Batak yang unik, kuno dan mempesona serta memegang teguh budaya dan tradisi leluhur mereka, maka kamu wajib mengunjungi desa wisata yang terletak di dekat Danau Toba, yaitu Desa Tuk tuk Siadong.

Tuk Tuk Siadong, Desa Wisata di Sumatera Utara
Sumber
Tuk Tuk Siadong, Desa Wisata Di Sumatera Utara
Sumber

Desa Wisata Tuk Tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir-Sumatera Utara. Berjarak kurang lebih empat kilometer dari Tomok. Desa Wisata Tuk Tuk Siadong terletak cukup dekat dengan pintu gerbang dari Pulau Samosir. Kawasan ini merupakan tempat yang paling diminati baik oleh wisatawan asing maupun lokal karena keindahan budayanya dan tentu saja ini adalah gerbang menuju ke Pulau Samosir.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di Desa Wisata Tuk Tuk Siadong ini diantaranya berenang, menyelam, berlayar, canoe, memancing, bermain jet sky dan lain-lain. Di kawasan ini juga terdapat restoran dan industry kreatif, salah satunya adalah ukiran. Bagi kamu yang penasaran dengan kebudayaan Batak, kamu bisa menyaksikannya langsung di sini, misalnya menenun ulos, pembuata kerajinan tradisional Batak, opera batak dan berbagai macam hiburan bernuansa batak di café-café yang terdapat di kawasan ini. Bagi kalian yang bukan muslim, mungkin kalian bisa ikut bergabung di café-café ataupun lapo tuak tradisional untuk mengetahui tradisi masyarakat Batak secara lebih lebih real. Aku pernah membaca di suatu buku, bahwa  jika kamu ingin mengetahui keadaan dari suatu desa yang kamu kunjungi maka, kunjungilah kedai-kedai minuman (bar) di sekitar desa tersebut. Maka kamu akan mendapatkan berbagai informasi, mengenai desa tersebut. Tapi, ini hanya berlaku di luar negeri seperti Paris saja, sedangkan di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, hal ini akan sulit ditemui.

Tuk Tuk Siadong, Desa Wisata di Sumatera Utara
Sumber
Tuk Tuk Siadong, Desa Wisata di Sumatera Utara
Hasil Kerajinan masyarakat Batak (Sumber)
Desa Wisata Tuk Tuk Siadong merupakan tempat yang kaya akan eksotisme alam. Bagi kamu yang memiliki banyak waktu, kunjungilah Bukit Beta, sebuah tempat wisata yang sangat indah, biasa digunakan untuk lokasi paralayang berkelas internasional dan sering digunakan sebagai tempat bermain layang-layang. Tempat ini juga biasa digunakan saat Festival Danau Toba, seperti kontes layang-layang. Yang masih bertenaga boleh melanjutkan perjalanan ke Bukit Siulakhosa yang berada di atas Bukit Beta Samosir. Biasanya di tempat ini digunakan untuk kegiatan gantole dan paralayang. 

Beberapa alasan kamu kudu banget mengunjungi Dewa Wisata Tuk Tuk Siadong:
  1. Destinasi wisata terindah di Sumatera Utara, 
  2. Pusat kebudayaan Batak Toba, karena banyak terdapat sanggar tari, museum dan pesanggrahan yang lengkap,
  3. Banyak pilihan untuk tempat menginap dengan harga yang bervariasi,
  4. Tuk Tuk Siadong, merupakan destinasi favorit wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba, dan 
  5. Tuk Tuk Siadong menyuguhkan pantai dan area berenang yang sangat indah

Masih adakah alasan untuk tidak mengunjungi Desa Wisata Tuk Tuk Siadong? 


Sumber:

You Might Also Like

3 comments

  1. alasan ada yakni izin,uang

    danau Toba ya?
    ada mitos saat nyebrang ga bole bcr sembarangan

    o y gambarny sumber ada yg blm d cantumin

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah keren ya desanya...
    aku udah ke danau toba tapi gx tau desa dekat sana yg aku mampiri itu tuk2 siadong atau bukan hehe

    BalasHapus
  3. Jadi pingin ke sana :D @RuriOnline

    BalasHapus