Berada di Ekosistem Blogger? Kenapa Tidak

9:32 PM

Berada di Ekosistem Blogger? Kenapa Tidak
Salah satu Ekosistem Blogger di Kota Medan
Ekosistem Blogger tercipta karena adanya kesamaan terhadap suatu hal seperti hobi dan kesenangan lainnya. Salah satunya adalah Liga Blogger Indonesia (LBI 2015) season 2015. Kita bertemu dan saling menyapa di dalam blog dan media sosial, Twitter. Kita berasal dari berbagai kalangan, latar belakang, pekerjaan, daerah, budaya, agama bahkan mungkin kebiasaan dalam menulis di blog (aka posting) berbeda. Lalu berkumpul di satu wadah untuk berkompetisi yaitu LBI 2015. Kita saling mendukung dan menguatkan, bahkan kita saling susul demi memenangkan pertandingan dan mengalahkan tim lawan.

Tidak terasa tiga bulan sudah kita melewati pekan-pekan tersulit kita. Dan aku sangat salut kepada mereka yang tetap bertahan di sini. Dan tetap menulis, menyelesaikan tantangan yang diberikan. Hmm, aku bersemangat untuk hal ini, dan ternyata aku lalai di beberapa pekan. Seperti yang sudah aku ungkapkan di postingan sebelumnya, bahwa terkadang capek itu tidak memperbolehkan aku untuk terus terdiam di layar laptop. Satu hal lagi yang membuatku lalai adalah, aku tidak tahan dengan bantal dan rasa kantuk. uuuhhhh aku benar-benar capek sepertinya

Di pekan terakhir ini, aku berharap kita sebagai peserta LBI 2015 bisa terus berhubungan dan menciptakan sebuah wadah sendiri atau bisa dibilang grup #LBI2015 atau apapun itu.

Ekosistem yang sering digunakan di mata pelajaran Biologi berarti sebuah timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya atau bisa juga diartikan sebagai penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme (Wikipedia).


Jika kita mengaitkannya dengan blogger, maka timbal balik atau hubungan yang terjadi di sini berarti sebuah hubungan antara kita pribadi sebagai blogger dan lingkungan blogger bisa dibilang komunitas. Berada di sebuah komunitas tentu saja mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi komunitas tersebut memiliki kesukaan yang sama dengan kita, seperti nge-blog. Ada banyak hal yang didapat dari bergabung dengan sebuah komunitas blog. Kita bisa menambah teman, ilmu dan kegiatan bermanfaat bagi kita. Tidak jarang juga, setelah bergabung di komunitas blog kita mendapatkan hadiah-hadiah kecil berupa souvenir. Bahkan dengan meniru para blogger profesional mungkin sebagian dari kita telah meraih keuntungan berupa materi dari blog dan komunitasnya.

Aku tidak dapat memungkiri hal itu. Apalagi jika dilihat dari banyaknya komunitas blog dan anggotanya. Sungguh luar biasa. Satu hal yang paling menyenangkan bisa bergabung dengan sebuah komunitas blog adalah, akan ada dari mereka yang dengan rela dan tidak rela mampir di blog kita, sekedar membaca ataupun dengan meninggalkan komentar. Itu sudah menjadi sebuah penghargaan bagi kita. Dan tentu saja, kita selalu berusaha untuk selalu blogwalking ke blog teman-teman yang lain, sama halnya ketika mengikuti Liga Blogger dengan postingan tema. Para peserta akan membalas kunjungan ulang dari peserta lain, walalupun terkadang kita tidak ingin berkomentar, hehehe tapi itulah ikatan yang telah tercipta, kita membutuhkan sebuah komentar dari dia dan begitu juga sebaliknya. Aku harap ikatan tersebut tidak hilang begitu saja.

Seperti yang sudah aku katakan di atas, bahwa kita sebagai peserta LBI 2015 diharuskan membuat sebuah wadah khusus, atau mungkin bisa kita gabungkan dengan LBI season sebelumnya. Sehingga kita bisa saling tukar ilmu dan saling memberi saran, kritik bahkan masukan mengenai blog kita masing-masing. Selain itu, kita bisa juga saling memberi semangat untuk terus posting tiga kali seminggu. #LBI2015 ini telah memberi jalan bagi kita untuk menjadi blogger profesional dengan cara rutin memposting tulisan. Ini seperti menciptakan ekosistem kita sendiri dari para peserta LBI, dan mudah-mudahan akan ada reward atas kerja keras kita. Semoga!

Tetap semangat untuk teman-teman #LBI2015 aku pasti akan merindukan saat-saat dikerjar deadline di hari Jumat malam.

You Might Also Like

7 comments

  1. wahh seru postingannya. wih bahasanya udah sampe ekosistem, komunitas lewat haha

    BalasHapus
  2. Semoga
    amin
    Tidak harus ekosistem berdiri karena kesamaan si menurutku
    kalau sama semua gimana tu?
    iya aku juga akan merindukan deadline jumat malam serta mengenang LBI dalam nostalgia yang indah hueeeh hehe
    mbak
    mohon maaf atas segala kesalahan selama LBI ini khususnya
    terima kasih untuk semua
    semoga silaturahmi bisa tetap terjalin
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bagi blogger, penghargaan terbesar yang diterima adalah komentar dari teman-teman blogger yang lain. Dari komentar timbullah ikatan pertemanan dan emosi ;)

    BalasHapus
  4. Hehe sama dong mbak.. bberapa pekan terakhir ini sy serig setor 2 postingan LBI mepet deadline :) @RuriOnline

    BalasHapus
  5. akan merindukan deadline jumat malam? tentu saja... hehe..

    @f_nugroho

    BalasHapus
  6. Lah, saya ini yg seringnya kejar detlen jum'at malam utk bikin postingan tema.

    @ririekayan

    BalasHapus
  7. Nggak ikut komunitas pun lagi mencoba rajin buat blog walking ini :D kadang kalau lagi sibuk sama kerjaan, sering kelupaan blog wallking sih :D

    BalasHapus