Cara Membangkitkan Semangat Nge-Blog

6:05 AM

Setiap blogger pasti pernah mengalami saat-saat di mana merasakan malas untuk membuat sebuah postingan di dalam blog-nya. Bukan hanya kamu seorang kok, karena kebanyakan dari kita pasti pernah berada di titik ini. Begitu juga dengan aku. Sampai-sampai beberapa minggu tidak melakukan aktivitas menulis, mungkin sebulanan aku sempat hiatus dari blog setelah sebelumnya aku benar-benar melupakan, bahwa aku memiliki blog selamakurang lebih satu tahunan.

Alasan klise aku adalah karena kesibukan di dunia nyata, kesibukan akan kerjaan yang hampir menyita seluruh waktuku dan kesibukan dengan aktivitas komunitas lainnya. Atau bisa juga karena tidak adanya aktivitas maka, tidak ada pula tulisan di dalam blog ini.

Satu hal yang membuat aku bertahan untuk terus menulis di blog ini adalah adanya passion aku dalam bidang menulis. Selain itu, terkadang aku merasa antusias untuk menulis dan menceritakan pengalaman ataupun sekedar memberikan informasi mengenai suatu hal yang baru aku alami atau ketahui. Dan ditutup dengan tanggung jawab untuk terus mengelola blog pribadi ini.

Terkait dengan Liga Blogger Indonesia 2015 (LBI 2015) ini, aku melihat bahwa teman-teman sesama blogger yang tadinya begitu antusias untuk terus menulis dan memposting tulisan di LBI 2015, mengalami kemunduran. Ada berbagai alasan untuk menyetujui kemunduran ini. Salah satunya adalah adanya rasa malas dan kurangnya tanggung jawab kepada diri sendiri. Sehingga menimbulkan berbagai alasan untuk keluar dari Liga ini ataupun mengabaikan kompetisi yang sebenarnya merutinkan kita untuk terus posting tiga kali dalam seminggu. Ini bisa juga dikarenakan kesibukan pribadi masing-masing di dunia nyata.

Bagi teman-teman yang ingin membangkitkan semangat nge-blog lagi bisa mencoba trik yang biasa aku gunakan berikut:
  1. Gabung dengan sebuah komunitas, lalu posting kegiatan komunitas kalian di blog.,
  2. Terima ajakan teman, atau pun komunitas lain untuk hadir di acaranya, ambil gambar lalu tulislah hal-hal menarik yang mengaharuskan orang tahu mengenai kegiatan tersebut,
  3. Ikutilah kompetisi blog atau lomba menulis di blog. Terkadang DL (dateline) selalu memaksamu menyelesaikan tulisan,
  4. Kunjungi blog teman-temanmu (blogwalking), bisa jadi di blog temanmu itu kamu bisa menemukan ide untuk membuat tulisan yang bakal kamu posting
Cara Membangkitkan Semangat Nge-Blog
Komunitas Blogger Medan
Cara Membangkitkan Semangat Nge-Blog
Memenuhi Undangan dari SWT
Yupp, itu tips and trik untuk bisa rutin menulis di blog versi aku. Biasanya selalu berhasil untuk aku lakukan, mungkin kamu juga bisa mencobanya. Siapa tahu berhasil juga bagi kamu. Kalau tips untuk tetap bertahan di LBI 2015, kalau dari aku sendiri adalah karena adanya antusias dari diri aku sendiri untuk tetap bertahan dan menyelesaikan tantangan di setiap minggunya. Ini bukan masalah kamu sempat menulis atau tidak tapi ini adalah mengenai apakah kamu bisa mengatur waktu dan menyisihkannya untuk membuat sebuah tulisan.

Terlepas dari itu semua adalah karena adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan LBI 2015 sampai akhir. Aku telah memulai untuk mengikuti ini dan aku bertanggung jawab untuk mengakhirinya. Kalau kamu bisa maka, jadikan memposting tulisan itu sama membutuhkannya seperti kamu makan ataupun minum untuk kehidupan kamu. Maka, aku bisa menyimpulkan bahwa seseorang bisa konsisten menulis itu karena passion, antusias dan rasa tanggung jawab terhadap blog miliknya masing-masing.

Selamat menulis teman-teman blogger!
Rn

You Might Also Like

12 comments

  1. Mbak hiatus apaan? Kurang spasi tu di selamakurang

    tipsnya asyik
    Kalo aq pernah malas karena postingan blogku diilangin tapi kmalasan aq buang dan nulis ja di tempat lain hehe

    Klo ngilang 2008 muncul 2011 ngilang lagi dan muncul 2014 malas pa ga ya? Tapi ga ada rasa malas se

    @guru5seni8
    Http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  2. setuju ama paragraf terakhir, berani mulai, harus mau bertanggungjwab untuk menyelesaikannya, jadi kita belajar untuk konsisten yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju....! konsisten, istiqamah mendatangkan berkah

      Hapus
  3. BW...bisa membangkitkan semanagt ngeBLOG. Lha kalau jln2 ke blog eman-2 trs pd keep up date...akan menjadi pemantik utk : aku juga pengen bisa eksis ngeblog..

    @ririekayan

    BalasHapus
  4. Setuju mbak Rin.. kadang2 biar semangat ngeblog emang harus "dipecut" dulu pake deadline, hehehe. @RuriOnline

    BalasHapus
  5. ngeblog ikutan kontes dateline itu seru....

    BalasHapus
  6. Karena dunia nyata itu asyik, karena langsung bisa mengamati dan bertanya, makanya bisa memalingkan dari dunia maya.
    Tanggung jawab mengelola blog pribadi, ya karena milik pribadi jadi kadang aku mikirnya terserah sih gimana pribadi itu sendiri, hehe.
    Mungkin karena kurang sadar sama diri sendiri jadi ngga ngikutin gitu?
    Yuhuu, blog walking itu asyik! :D

    BalasHapus
  7. Deadline nih salah satu usaha kita untuk memepetkan diri, jadi terpaksa, terdesak trus muncul ide kreatifnya.
    tapi yang muncul kadang hanya menggugurkan kewajiban.... asal ada, asal buat, asal kirim.

    @rizalarz

    BalasHapus
  8. Setuju aktif mengikuti lomba blog. Disaat-saat kering tema, lomba blog adalah jujugan mencari tema pas supaya bisa update postingan :D

    BalasHapus
  9. deadliners juga ya? hehehe

    @f_nugroho

    BalasHapus
  10. LBI juga deadline yah, walau diberi waktu 5 hari tapi ngerjainnya mepet-mepet hari H.

    BalasHapus
  11. Wah, tips boleh ni dicoba :) Kebetulan tanggal 10 nanti di Pontianak ada kegiatan rutin Komunitas Blogger Pontianak, biasa, kopdaran hehehe


    @bahruladitya

    BalasHapus