#22Post [1Hari1Ayat] : Ikatan Antara Manusia dengan Alam

8:16 PM

Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah” (QS. Al Mu’minum, 23:12)

Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa Allah menciptakan malaikat dari cahaya, iblis dari api dan manusia dari tanah.

Allah juga sudah menjelaskan melalui Kitab Suci Al-Qur’an mengenai pembentukan manusia tersebut. Salah satunya berdasarkan ayat di atas, yaitu dalam surat Al-Mu’minum ayat 12. Dijelaskan bahwa manusia berasal dari saripati tanah.

Maksud dari saripati tanah tersebut adalah Allah menciptakan manusia dari seorang manusia yaitu laki-laki dan perempuan, dimana keduanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang juga memperoleh makanannya dari tanah.

Dan saripati tanah yang dimakan oleh mereka menjadikan sperma dan sel telur yang kemudian menyatu menjadi diri kita sekarang.

Tapi, sekarang manusia tidak bisa memperlakukan tanah maupun alam secara baik, sehingga terjadi berbagai bencana dan kerusakan alam di mana-mana. Kalau sudah begini siapakah yang pantas disalahkan?

Mereka lupa bahwa sesungguhnya alam lah yang memberi mereka kehidupan. Alamlah yang menjaga mereka. Dan alamlah yang memberi mereka nafkah.

Saat bencana sudah terjadi, semua orang mulai menyalahkan setiap orang yang dirasanya terlibat, tanpa mereka pikir kembali mungkin ada kesalahan kecil mereka yang termasuk di dalamnya.

Dan alangkah bijaknya jika kita tidak menyalahkan orang lain, tapi lebih baik mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan yang ditimbulkan oleh alam tersebut.

Tidak ada gunanya menyesali hal-hal yang sudah berlalu, kini tinggal bagaimana kita bisa ikhlas menerima musibah itu.

Waduh, jadi nglantur ke sana yah bahasan penciptaan manusia ini. Karena tanah adalah alam dan alam itu merupakan intisari manusia secara tidak langsung. Dan tentu saja,, alam dan manusia tidak bisa dipisahkan.

Kita dan alam harus saling menjaga, bahu-membahu memelihara tanah air kita Indonesia, di mana tempat kita berpijak dan langit djunjung, dan alam yang selalu melindungi kita dengan sabarnya.


Karena manusia berasal dari alam, yaitu dari saripati tanah. Bapak manusia (Adam) berasal dari tanah. Dia menjadi mulia karena ilmu pengetahuan yang mengarahkannya sehingga ia tahu bagaimana caranya untuk bersyukur, terhadap semua hal termasuk alam,dan ilmu pengetahuan juga bisa membuatnya terhina karena kesombongan dan keangkuhan.

You Might Also Like

0 comments