#15Post [1Hari1Ayat]: Tepis Anggapan Bahwa Hartamu Mengekalkanmu

6:33 AM


Artinya: “Manusia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya” (QS. Al-Humazah,104:3)

Sangat disayangkan bagi mereka yang menumpuk harta di dunia, karena harta yang mereka kumpulkan tidak akan membuatnya kekal di alam fana ini. Karena setiap orang pasti mengalami yang namanya kematian.

Lalu untuk apakah harta yang mereka timbun itu? Hanya menjadi penyebab permusuhan antar saudara karena harta itu menjadi rebutan antara si ahli waris atau anak-anaknya kelak. Ya Allah, jangan sampai harta itu menyilaukan kami dari mengingat-Mu.

Ketika harta menyilaukan kita, maka kita akan sering lupa kepada si Pemberi Harta itu sendiri.  Kebanyakan orang mengingat Allah disaat tersakiti, dan dirundung masalah lalu kemanakah dirimu ketika dirimu senang dan bahagia?

Orang-orang berlomba-lomba menimbun hartanya ketika menjabat di suatu perusahaan atau pemerintahan di mana, jabatan tersebut bisa memberinya banyak keuntungan dalam bentuk uang. Hal ini bisa jadi sebagai ajang balas dendam, karena dirinya telah mengeluarkan banyak uang dalam mencapai jabatan yang telah dipegangnya.

Mereka telah lupa apa pekerjaan mereka sesungguhnya, karena yang diingatnya hanya bagaimana cara mengembalikan uangnya yang telah terpakai. Ahh,, ini politik banget yahh? Mangapp deh, beberapa bulan lagi kan kita pemilu.

Manusia mengira bahwa dunia dan harta itu adalah tujuan hidup abadi, padahal dia melihat setiap detik di dunia ini jutaan orang mati. Lalu masihkan mereka tidak bisa melihat semua ini? jangan bilang mereka menutup mata dari permasalahan ini.

Harta itu hanya sebuah ujian kecil dari Allah, kepada mereka yang suka banget mengumpulkan harta. Aku berharapnya sih, orang-orang yang menumpuk harta, demi masa depan yang tidak pasti itu ikhlas menyumbangkan sebahagian harta mereka  kepada yang membutuhkan.

Hal ini disebabkan di dalam harta yang kita miliki terdapat beberapa persen harta mereka, yang harus kita keluarkan. Jadi ketika kita mendapatkan harta maka kita harus mensegerakan untuk mengeluarkan zakatnya.


Jadi, please hentikan berfikiran bahwa dirimu bisa membeli semua hal dengan harta yang kamu miliki, karena kita tidak pernah tau sampai kapan kita bisa bertahan di dunia ini?

You Might Also Like

2 comments

  1. ini semacem zakat ya rin?
    sudah kah anda berzakat hari ini?

    BalasHapus
  2. Bukan mas, ini hanya penjelasan sedikit mengenai bahasan bahwa harta itu tidak dibawa mati dan tidak memberimu semuanya,

    BalasHapus