#18Post [1Hari1Ayat] :Ada Dunia yang Harus di Jalani, Selain Akhiratmu!

2:44 PM

Artinya: “Carilah pahala negeri akhirat dengan apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baik kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan”(QS. Al-Qashash, 28:77)

Kita pasti sama-sama mengetahui kalo hidup di dunia ini tidaklah sepanjang diameter bumi. Nah loh, kok bawa-bawa diameter bumi sih? Hahahaa,,, Cuma perumpamaan aja kok.

Di dunia ini hanyalah sementara, dan kita akan pulang ke suatu tempat yang abadi yaitu alam akhirat. Sebuah negeri tempat kita berpulang, setelah lelah berkelana di dunia yang fana ini.

Kita mungkin pernah mendengar cerita, bahwa ada orang yang hidup berpuluh-puluh tahun hanya untuk beribadah, hanya untuk mengejar pahala dunia akhiratnya, dimana dia akan kembali. Hal seperti ini memang tidak salah, malah itu mungkin adalah salah satu bentuk pengambian kepada Allah, sang pemilik raga dan jiwanya.

Tapi, ada hal lain yang harus kita kerjakan di dunia ini selain mengejar kehidupan akhirat. Ada lingkungan dengan berbagai sosialitasnya yang harus kita perhatikan, ada alam yang harus kita nikmati, dan tentu saja ada tubuh kita yang memerlukan haknya sendiri.

Kita tidak boleh hanya mengejar akhirat, tapi melupalan kehidupan dunia kita sendiri bersama lingkungan yang berada di sekitar kita. Akhirat dan dunia harus sama-sama diraih. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Surat Al-Qashash di atas.

Harta yang telah Allah berikan kepada kita itu harus kita pergunakan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri, tapi juga orang lain, dengan cara bersedekah dan segala amal yang baik.

So, mari kita mencari pahala akhirat dengan ibadah-ibadah pribadi kita kepada Allah dan mencari pahala dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan bersosialasisi dengan orang lain, membantu orang lain ataupun amal baik lainnya.
Negeri akhirat adalah tempat di mana kita kembali, untuk itu kita dituntut beribadah kepada Allah demi kebaikan diri kita sendiri di akhirat kelak. Tapi, bukan berarti mengabaikan kehidupan dunia kita.

Kehidupuan dunia pun harus kita jalanin, semoga visi dunia kita bisa baik untuk kita dan orang lain, karena manusia tidak berguna jikalau tidak memberi manfaat kepada orang lain.

Yukkk,, bareng-bareng raih visi akhirat dan visi dunia demi Allah dan kebabaikan dari diri kita masing-masing. Btw, udah pada punya visi akhirat belum?? Mumpung inget yukkk,,, kita bikin visi akhirat kita. Kalo visi dunia pastinya udah dibuat kan? Secara baru awal tahun Masehi neh, pasti masih segar kan dengan resolusi atapun visi dunia kamu?


Baiklah, mudah-mudahan sedikit celotehan aku hari ini bisa sedikit menambah pengetahuan, atau mungkin mengingatkan kembali hal-hal yang terkadang kita lupakan.

You Might Also Like

2 comments

  1. Ya, selalu beri yg terbaik. Jadikan aktivitas dan target-target kita semata-mata untuk meraih ridho-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinnn,,makasih sudah berkunjung yahh

      Hapus