#26Post [1Hari1Ayat] :Buah Dulu Teman Sebelum Makan Berat

2:55 PM


Artinya: “Dan Kami berikan kepada mereka tambahan berupa buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini” (QS. At Tur, 52:22)

Dari dulu kala, mungkin dari zaman nenek moyang dulu, kita sudah terbiasa dengan memakan buah setelah makan. Jiah, gimana mau kurus kalo abis makan cuci mulutnya buah bukan air. Hahahaa,

Dari ayat di atas, Allah menyebutkan buah terlebih dahulu baru daging. Jadi kita tuh mustinya makan buah dulu baru makan makanan berat, ini katanya Allah loh, liat lagi deh arti dari ayat di atas.

Gula sederhana yang terdapat dalam buah cepat meresap, sehingga memudahkan untuk penyerapan makanan selanjutnya. Jadi, teman mari kita ubah kebiasan lama yang tadinya memakan buah setelah makan menjadi sebelum makan. Setelah lima belas menit, barulah kita bisa memakan makanan berat.

Dan aku juga pernah membaca dari sebuah blog kesehatan bahwa kita diharuskan memakan buah sebelum makan bukan sesudah makan, tapi kebiasaan kita dan mungkin masyarakat Indonesia lainnya malah terbalik. Kalau di luar negeri, aku nggak tahu tapi biasanya di luar negeri ilmu pengetahuan lebih berkembang dan di hargai. Jadi aku percaya banyak diantara mereka yang melakukan ritual memakan buah terlebih dahulu sebelum makan.

Memakan buah sebelum makan dilakukan karena buah akan membusuk sebelum berhasil diserap oleh darah di saluran pencernaan kalau dikonsumsi sehabis makan. Sebaliknya, buah baru akan diserap sempurna apabila dikonsumsi sebelum makan.

Hal tersebut dilihat dari bagaimana sistem pencernaan kita bekerja. Buah yang baru dikonsumsi sesudah makan tidak bisa diserap lagi kerena enzim yang berfungsi untuk menyerapnya sudah habis terpakai untuk penyerapan makanan berat.

Sehingga, buah dibiarkan “numpang lewat “saja di usus dan menjadi busuk di usus tanpa dimanfaatkan oleh tubuh.

Jadi,buah itu lebih baik dikonsumsi sebelum makan, karena zat gizi yang kita butuhkan dari buah-buahan dapat termanfaatkan oleh tubuh, sebelum makanan berat masuk. Dan yang kedua adalah pembusukan buah di saluran usus berdampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi setelah makan. Hal ini sama halnya ketika kita mengkonsumsi makanan kalengan, atau ikan yang sudah tidak segar dan segala jenis menu ampas lainnya.

Teman, ternyata Allah telah memasukkan hal ini di dalam Al-Qur’an sebelum ilmu pengetahun itu muncul, makin tahu dan makin cinta deh, eheheh,, (mulai deh lebaynya *tepokjidat).
Yuuukkk, kita ubah kebiasan salah kita menjadi kebiasaan baik.



You Might Also Like

0 comments