#5Post [ 1 Hari 1 Ayat]: Allah SWT, tidak Menciptakanmu Percuma

1:17 AM


Artinya :” Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mu’minun, 23:115)

Teman, ketika menikmati sepi pernahkah kamu berfikir mengenai tujuan Allah swt, menciptakan dirimu di dunia yang fana ini?

Kenapa kita diciptakan yang pada akhirnya akan dimusnahkan kembali?

Lalu apakah tujuan penciptaan kita di dunia ini?

Untuk apa kita hidup dan tumbuh kita, untuk apa semua pencapaian ini, untuk apa semua harta ini toh, kita tidak bisa membawanya ke alam kekal nanti, yaitu kampung akhirat?

Pastinya, Allah memiliki rencana besar dibalik izin-Nya memberikan kita kesempatan untuk mencicipi kehidupan di dunia ini. Tapi, apakah maksud Allah tersebut?

Dari ayat di atas, dijelaskan bahwa Allah swt memiliki maksud atas peciptaan kita sebagai manusia di muka bumi ini, bukan iseng-iseng belaka tapi dengan suatu tujuan yang mulia. Lalu untuk apakah penciptaan kita tersebut?

Salah satunya kita diciptakan oleh Allah untuk dijadikan Khalifah di muka bumi ini. Khalifah atau pemimpin! Dalam bahasa sederhana, khalifah berarti pelestari kebaikan di muka bumi. Jadi, hakikatnya, semua manusia yang lahir di muka bumi ini memiliki sebuah misi rahasia dari Allah swt, yaitu untuk melestarikan kebaikan.

Ternyata, misi kita sebagai khalifah itu tidak mudah yah, teman. Mari kita berjuang bersama, karena setiap manusia itu adalah khalifah, kenapa kita tidak saling bekerja sama untuk menciptakan kebaikan di muka bumi ini. Dan tentu saja, menyadarkan para khalifah yang telah melenceng dan khilaf dari misi semula. (berasa main detektif-detektifan yah, ada misi segala,,;))

Melestarikan kebaikan di muka bumi bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan potensi diri yang telah Allah karuniakan, untuk memperpanjang dan memperluas nilai manfaatnya  bagi diri sendiri dan sesama.

Btw, udah pada tahu kan potensi yang ada pada diri masing-masing dari kita ???

Yahh,,, nggak mungkin dong, mau memaksimalkan potensi diri, tapi kita sendiri tidak tahu apa potensi yang ada dalam diri kita sendiri. Waduhhh,,, gaswattt ini mah,,,

Salah satu cara menggali potensi dari diri kita adalah dengan menggali terlebih dahulu potensi yang kita miliki. Kemudian memaksimalkan potensi tersebut, yang pada akhirnya kita bisa menebarkan manfaat lebih luas di muka bumi ini, sebagai mana misi kita yaitu menebar kebaikan di muka bumi. 

Hiks, sebetulnya ketika kita bermalas-malasan, banyak mengeluh, sering kali tidak pandai memaknai karunia Allah, sedih berlarut-larut, merasa tidak pantas, tidak punya semangat untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, itu sudah nggak banget dalam diri seorang khalifah seperti kita, dan itu menyalahi fitrah kita di muka bumi.

Yahh, kadang aku juga seperti itu, bermalas-malasan, sering mengeluh, dan lain-lain, yaaahh namanya juga masih belajar, jadi mudah-mudahan teman-teman bisa maklum, tapi bukan berarti aku harus dimaklumi terus-terusan loh,, kalo keterusan malas berarti aku telah gagal menjadi seorang khalifah. Mudah-mudahan kita bisa terus memperbaiki diri, minimal untuk kita sendiri. Manusia itu harus bisa memberikan manfaat untuk makhluk lainnya.

Dan, teman-teman misi kita belum selesai, yuukkkk kita bersama-sama memaksimalkan potensi diri untuk membawa kebaikan di muka bumi ini.

(Sumber: Be a Great Muslimah (Syar’i, Berprestasi, Menginspirasi) karya Febrianti Almeera atau akrab disapa @Pewski)

You Might Also Like

0 comments