#4Post [1 Hari 1 Ayat]: Khasiat Membaca Al-Qur’an dengan Tartil

6:46 AM

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا


 Artinya : “Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan ”(QS Al-Muzzammil, 73:4)

Al-Quran merupakan Kitab Suci umat Islam, jadi sudah sepantasnyalah kita mengimani kitab suci tersebut.Dan alangkah lebih baiknya jika kita membaca, melafalkannya serta mengamalkannya.

Tanyaaaa,,, berapa kali sehari kamu baca Al-Qur’an??

Nggak pernah?? Miris,

Owh,, masih ada ternyata yang selalu membaca Al-Qur’an, sehari sekali? Syukurlah, ternyata masih ada orang yang mencintai Al-Qur’an.

Zaman sekarang orang tahan berlama-lama dengan gadget mereka tapi tidak dengan kitab sucinya. Taukah kamu, bahwa yang akan menolong kamu nanti di kampung akhirat itu bacaan Al-Qur’an kamu dan bukan gadget kamu.

Yah, sebenarnya kita sama, aku juga bukan orang yang rajin banget untuk bercengkrama lama-lama dengan Al’Quran, kitab suciku sendiri, tapi aku selalu berusaha untuk dekat dengan Al-Qur’an dan bacaan-bacaannya.

Sudah kita ketahui bersama bahwa Al-Qur’an itu sebagai mukjizat yang diterima Oleh Nabi kita Rasulullah. Dan Allahu Akbar, ternyata begitu banyak keajaiban dari Al-Qur’an itu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh konferensi kedokteran Islam Amerika Utara tahun 1984, ditemukan fakta bahwa membaca Al-Qur’an dapat mendatangkan ketenangan jiwa hingga 97%. Penelitian yang dilakukan itu tidak serampangan. Penelitian tersebut menggunakan peralatan canggih. Ternyata respons emosi yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an semakin membaik, dari mulai depresi, sedih , kemudian berubah menjadi tenang.

Amazing bukan,,,,,

Pastinya,,

Dan satu hal lagi, membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan atau tartil juga ternyata bermanfaat bagi tubuh. Dulu kita mengetahui bahwa membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan dan sesuai panjang pendekknya itu  karena menyangkut artinya. Salah membaca Al-Qur’an berarti salah dalam arti atau maknanya.

Nah satu lagi, ternyata membaca Al-Qur’an dengan tartil memberi pengaruh kepada organ tubuh manusia. Vibrasi yang kita dapatkan melalui bacaan tajwid juga ternyata memberikan efek yang luar biasa pada organ-organ, seperti paru-paru, otak dan jantung.

Dr. Al Qadhi, seorang ilmuwan di Florida, Amerika Serikat melakukan penelitian yang hasilnya mencengangkan. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa ternyata Al-Qur’an memberi efek perubahan fisiologis yang sangat jelas ketika diperdengarkan kepada muslim. Dengan demikian, jelas bahwa Al-Qur’an merupakan mukzijat yang diturunkan kepada Rasulullah saw, yang kekal hingga akhir zaman karena Allah sendiri yang menjaganya.

Jadi masih malas untuk membaca Al-Qur’an???

Semua manfaat itu untuk kamu dan tubuh kamu, masih jugakah kamu tidak mau mengamalkan Al-Qur’an?

Dan, dengan mengikuti 1 Hari 1 Ayat ini, alhamdulillah aku bisa lebih menggali kandungan dari setiap ayatnya yang sangat menakjubkan.


You Might Also Like

4 comments

  1. Wah bermanfaat nih mba rin..
    alhamdulillah aku tidak jauh dari al-qur'an, mesikipun tidak dekat juga. Hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheeeee makasih nurii, mdah-mudahan kita bisa terus dekat dengan kitab suci kita

      Hapus
  2. alhamdulillah kaka.... aku masih setia dengan al quran walau cuma magrib saja dibacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terus semangat membacanya yahh

      Hapus