#27Post [1Hari1Ayat] : Pohon Adalah Perkataan Manusia

12:16 AM


Artinya: “ Pohon itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin Tuhannya. Allah  membuat perumpamaan itu untuk manusia agar mereka selalu ingat” (QS. Ibrahim, 14:25)

Allah membuat perumpamaan dari perkataan atau kalimat seorang manusia  yang baik itu melalui pohon yang baik. Kalimat-kalimat baik itu juga bisa berupa ucapan yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran serta perbuatan baik. Kata yang baik adalah kalamullah, firman ilahi atau agama yang benar.

Pohon yang baik dikenal karena  keindahannya, kekokohannya, dan jangkauan yang luas. Begitu juga dengan kata-kata yang baik, benar dan indah, ia tidak pernah goyah oleh kesediahan, jangakuannya merata ke atas, ke samping, dan ke bawah. Dan tentu saja ia disinari oleh sinar Ilahi dari atas langit.

Lidah itu adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang paling berbahaya. Maka kita sebagai pemilik tubuh ini harus ekstra hati-hati dalam menjaganya. Perkataan yang keluar sekali tidak mungkin bisa ditarik kembali. Ingat itu Teman!

Kenapa segitu berbahayanya? Karena semua hal bisa hancur karena perkataan yang bekerja bukan tindakan atau yang lainnya. Lidah yang tidak bertulang pun, menjadi lihai mengolah kata, sehingga orang percaya. Jika perkataan itu mengenai hal yang tidak benar ataupun belum jelas adanya maka, bisa jadi berpengaruh buruk terhadap orang lain.

Jadi teman yukk, kita jaga lisan kita demi kebaikan diri kita sendiri dan orang-orang yang berada di sekitar kita. Jadi tidak ada salahnya kan dengan pribahasa Diam itu Emas, karena dengan diam dia telah menghindari perbuatan yang tidak baik, misalnya menggsosip.

Kebalikan dari pohon yang baik adalah pohon yang buruk. Seperti apakah pohon yang buruk itu? Pohon yang buruk adalah pohon yang daun-daunnya rontok, akar-akarnya dicabut, tiak mendapatkan sinar mentari pagi, dan lain-lain. Dan ingat juga teman, kata-kata yang buruk itu menyebar bagaikan virus mematikan.


 Jika suatu pohon, dicabut akarnya maka ia tidak dapat berdiri dengan sempurna, begitu juga dengan perkataan, jika perkataan itu tidak memiliki landasan yang kuat maka bisa jadi perkataan tersebut tidak akan bisa berdiri, bahkan tidak bisa tegak sedikit pun. 


You Might Also Like

2 comments

  1. Perumpamaan yang indah ya... Jadi harus lebih hati-hati lagi nih sama silat lidah, takut kepleset nanti lukanya fatal... hehe :)

    BalasHapus
  2. Bener mba, lidah itu terkadang jadi sumber masalah,,

    BalasHapus

Popular Posts