#16Post[1Hari 1 Ayat] : Toleransi

6:34 AM



Artinya: “ Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia “ (QS. Fushshilat, 41:34)

Taukah kamu bahwa umat Islam mengalami masa yang sulit dalam perjalanan sejarahnya? Selain menghadapi berbagai tantangan globalisasi dan konspirasi musuh, dikalangan internal umat Islam juga terjadi berbagai aksi yang secara sengaja ataupun tidak sengaja berkontribusi menguatkan dugaan yang diembuskan oleh media internasional bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kekerasan dan umat Islam sebagai komunitas yang tidak toleran.

Ini adalah tugas kita untuk menjelaskan kepada masyarakat dunia mengenai nilai-nilai Islam  yang benar dan ajarannya yang sangat menghormati perbedaan dan keragaman. Toleransi! Ini adalah salah satu dari ciri ajaran Islam, namun hal ini terasa hilang dari Islam dan umat Islam. Sebenarnya hal ini tidak hilang, Cuma masalahnya adalah bagaimana cara kita menjelaskan kepada mereka mengenai siapa diri kita.

Mungkin bagi beberapa orang, berbicara mengenai toleransi adalah salah satu sikap lemah dan mengibarkan bendera tanda menyerah. Padahal sebaliknya, toleransi merupakan salah salah satu unsur kekuatan terpenting dalam sejarah peradaban Islam. Sikap toleransi ini dapat mengubah lawan menjadi kawan, seperti firman Allah di atas.

Mungkin, sebelum bertoleransi dengan orang lain alangkah baiknya bila kita bisa bertoleransi terhadap diri sendiri. bahkan sikap toleran harus dimulai dari diri sendiri.  Seperti, ketika seseorang selalu berpuasa dan beribadah setiap hari, maka ingatlah tubuhmu juga perlu diperhatikan dan butuh diistirahatkan (buat aku neh), matamu punya hak untuk dipejamkan dan lain-lain.

Dan terhadap mereka yang berbeda keyakinan, Al –Qur’an menetapkan prinsip tidak ada paksaan dalam beragama, sebab kebebasan beragama merupakan bagian dari penghormatan terhadap hak-hak manusia yang sangat mendasar.

So, penting banget kan toleransi dalam kehidupan bersosialisasi saat ini? tentunya bagi kamu yang aktif dan memiliki segudang kegiatan dengan berbagai kalangan dan komunitas serta teman-teman yang beragam jenisnya (makanankali beragam, heheee) yuukkk tunjukkin kalo kita sebagai umat muslim, sangat bertoleran terhadap perbedaan yang ada.






Sumber Buku Moderasi Islam karya Dr. Muchlis M Hanafi, MA

You Might Also Like

0 comments