#19Post [1Hari1Ayat] : Karun

2:36 PM


Atinya : “ Kami benamkan Karun bersama rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri” (QS. Al Qashash, 28:81)

Ternyata ini adalah beberapa ayat, selanjutnya dari postingan ayat kemarin. Baiklah mari nyimak teman-teman. Maaf, tidak ingin menggurui, karena aku juga masih dalam proses belajar dan mencari jadi diri (berasa jadi ABG lagi, hehehe).

Udah pada kenal sama Karun (re;Qoruun)?  Itu loh, salah seorang anak paman dari Nabi Musa as. Mungkin bisa dibilang bahwa Karun ini termasuk Kaum Nabi Musa bahkan ada hubungan saudara dengan Nabi Musa. Yah, Allah memberikan harta yang berlimpah ruah melebihi orang lain kepadanya.

Karun terkenal dengan kekayaannya, di berbagai cerita pun Karun selalu disebutkan bersama dengan kekayaannya yang kunci-kuncinya sangat berat dipikul oleh sejumlah orang kuat (berdasarkan Al-Qur’an).

Karun sudah begitu buta dan congkak sehingga ia mengira segala jasa, ilmu, keterampilan dan kepandaian diperoleh karena kekayaannya, dan itu sebabnya dia merasa paling hebat sehingga berbuat zalim dan memperlakukan orang lain sekehendak hatinya.

Seperti juga Karun, orang-orang saat ini pun mulai berlaku seperti dia. Merasa paling hebat dengan kekayaan yang di milikinya, sedang dia tahu sendiri bahwa kekayaan yang dimilikinya itu tidak bisa mengekalkannya.

Dan seperti juga Karun, Allah pasti memberi teguran atau bahkan hukuman kepada orang-orang yang mengikuti jejak Karun, karena Allah tidak menyukai orang –orang yang terlalu sombong atas kekayaan yang dimilikinya. Padahal harta itu berasal dari Allah sendiri.

Allah murka kepada Karun, yang akhirnya Allah mengubur Karun beserta harta yang dimilikinya di dalam bumi. Harta yang banyak dan melimpah itu pun tidak bisa menolongnya. Hmmm,,, jadi teman, hartamu itu tidak bisa menolongmu, tidak bisa mengekalkanmu, dan mungkin jika kamu menjadi Karun ke -2, maka harta itu bakalan terkubur di dasar bumi. Sia-sialah kerja kerasmu ketika mengumpulkannya..

Dan satu lagi,, sebagai orang-orang yang baru di zaman sekarang ini, sebagai umat dari Nabi Muhammad janganlah kalian mencari harta Karun itu, karena hal itu tidaklah akan berkah.---> just intermezzo guys..


Jadi, teman yukkk kita gunakan harta kita lebih berguna lagi bagi kita sendiri, keluarga dan orang lain. Mudah-mudahan, harta itu akan menolong kita kelak di akhirat. Amiinn.

You Might Also Like

0 comments