#4Post [1 Hari 1 Ayat]: Khasiat Membaca Al-Qur’an dengan Tartil

6:46 AM

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا


 Artinya : “Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan ”(QS Al-Muzzammil, 73:4)

Al-Quran merupakan Kitab Suci umat Islam, jadi sudah sepantasnyalah kita mengimani kitab suci tersebut.Dan alangkah lebih baiknya jika kita membaca, melafalkannya serta mengamalkannya.

Tanyaaaa,,, berapa kali sehari kamu baca Al-Qur’an??

Nggak pernah?? Miris,

Owh,, masih ada ternyata yang selalu membaca Al-Qur’an, sehari sekali? Syukurlah, ternyata masih ada orang yang mencintai Al-Qur’an.

Zaman sekarang orang tahan berlama-lama dengan gadget mereka tapi tidak dengan kitab sucinya. Taukah kamu, bahwa yang akan menolong kamu nanti di kampung akhirat itu bacaan Al-Qur’an kamu dan bukan gadget kamu.

Yah, sebenarnya kita sama, aku juga bukan orang yang rajin banget untuk bercengkrama lama-lama dengan Al’Quran, kitab suciku sendiri, tapi aku selalu berusaha untuk dekat dengan Al-Qur’an dan bacaan-bacaannya.

Sudah kita ketahui bersama bahwa Al-Qur’an itu sebagai mukjizat yang diterima Oleh Nabi kita Rasulullah. Dan Allahu Akbar, ternyata begitu banyak keajaiban dari Al-Qur’an itu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh konferensi kedokteran Islam Amerika Utara tahun 1984, ditemukan fakta bahwa membaca Al-Qur’an dapat mendatangkan ketenangan jiwa hingga 97%. Penelitian yang dilakukan itu tidak serampangan. Penelitian tersebut menggunakan peralatan canggih. Ternyata respons emosi yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an semakin membaik, dari mulai depresi, sedih , kemudian berubah menjadi tenang.

Amazing bukan,,,,,

Pastinya,,

Dan satu hal lagi, membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan atau tartil juga ternyata bermanfaat bagi tubuh. Dulu kita mengetahui bahwa membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan dan sesuai panjang pendekknya itu  karena menyangkut artinya. Salah membaca Al-Qur’an berarti salah dalam arti atau maknanya.

Nah satu lagi, ternyata membaca Al-Qur’an dengan tartil memberi pengaruh kepada organ tubuh manusia. Vibrasi yang kita dapatkan melalui bacaan tajwid juga ternyata memberikan efek yang luar biasa pada organ-organ, seperti paru-paru, otak dan jantung.

Dr. Al Qadhi, seorang ilmuwan di Florida, Amerika Serikat melakukan penelitian yang hasilnya mencengangkan. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa ternyata Al-Qur’an memberi efek perubahan fisiologis yang sangat jelas ketika diperdengarkan kepada muslim. Dengan demikian, jelas bahwa Al-Qur’an merupakan mukzijat yang diturunkan kepada Rasulullah saw, yang kekal hingga akhir zaman karena Allah sendiri yang menjaganya.

Jadi masih malas untuk membaca Al-Qur’an???

Semua manfaat itu untuk kamu dan tubuh kamu, masih jugakah kamu tidak mau mengamalkan Al-Qur’an?

Dan, dengan mengikuti 1 Hari 1 Ayat ini, alhamdulillah aku bisa lebih menggali kandungan dari setiap ayatnya yang sangat menakjubkan.


You Might Also Like

4 comments

  1. Wah bermanfaat nih mba rin..
    alhamdulillah aku tidak jauh dari al-qur'an, mesikipun tidak dekat juga. Hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheeeee makasih nurii, mdah-mudahan kita bisa terus dekat dengan kitab suci kita

      Hapus
  2. alhamdulillah kaka.... aku masih setia dengan al quran walau cuma magrib saja dibacanya

    BalasHapus