Kenapa Blog Rinjaniah ?

7:50 PM


Nama blog merupakan garis besar atau merangkum keseluruhan dari isi blog. Ada beberapa blogger yang menamai blog mereka sesuai dengan hobi mereka seperti travelling, kuliner, dan lainnya. And of course aku menamai blog aku sesuai dengan namaku : Blog Rinjaniah! Sekedar ingin memberitahukan secara tidak langsung bahwa ini adalah blog personal, tentang aku dan semua hal yang ingin aku tulis. Lalu, orang-orang pun mulai bertanya kenapa nama blog yang aku gunakan tidak sama dengan nama domain? Nah lho...

Seperti yang aku jelaskan di postingan sebelumnya, bahwa aku membuat blog ini di tahun 2011 dimana saat itu aku sedang alay-alaynya. Bahkan aku juga masih belum mengerti apa itu blog, dan harus bagaimana, serta harus aku apakan blog ini? Berawal dari Mizsipoel.com kemudian, aku mengubahnya menjadi Blog Rinjaniah. Bukan tanpa alasan, karena terkadang aku suka kesel ketika orang-orang merasa kesulitan ketika menyebut mizsipoel, apakah harus dibaca mizsipul, missipul, mizsipol atau apa? Hehe... bahkan aku sendiri pun tidak bisa membaca ejaan tersebut dengan benar. Jadi aku membacanya dengan mizsipoel, dengan e yang dibaca jelas seperti dalam kata 'cabe'.

Orang-orang pun mulai bertanya-tanya makna dari kata tersebut. Sipoel sendiri aku ambil dari nama sebuah portal kampus yang aku buka ketika mencari tugas saat masa kuliah dulu. Yah, jadi Sipoel itu bukan diambil dari kata ipul, seperti pemikiran kalian (malah ada yang bilang ipul itu nama pacar aku, terus dimasukkan menjadi nama blog) Hadeuh... Entah kenapa, aku menyukaj nama SiPoel saat itu, apakah SiPoel merupakan plesetan dari kata Sipil karena membahas Jurusan Teknik Sipil, entahlah.

Jadilah, mizsipoel seperti yang aku buat disemua media sosial aku, bahkan mungkin ini bisa menjadi personal branding. Hanya salahnya adalah aku memilih katan yang salah atau sulit untuk dilafalkan bahkan diingat orang.

Kembali lagi membahas mengenai blog aku, sebenarnya tidak ada arti khusus untuk nama blog yang sekarang. Blog Rinjaniah sendiri aku ambil dari namaku yang 'kaya' akan kata Rin (Rin Rin Rinjaniah), mungkin orang tuaku sangat menyukai kata Rin saat itu. Rinjaniah sendiri, mereka ambil dari nama kapal yang mereka tumpangi ketika pulang ke Cianjur dari Medan. Bahkan ada juga beberapa orang yang beranggapan nama aku dari nama gunung di Lombok.

Mengganti nama blog menjadi Blog Rinjaniah, bagi aku seperti sebuah proses pendewasaan dalam menulis blog. Aku mulai sadar dari kealayan aku, lalu merasa harus segera mengganti nama blog, sehingga orang tidak kesulitan untuk menyebut nama blog aku.

Tidak ingat kapan tepatnya aku mengganti nama blog tersebut,  mungkin berbarengan dengan mengganti template menjadi seperti sekarang. Its like a new brand for me, walaupun aku tidak bisa mengganti nama domain. Padahal aku ingin mengganti nama domainnya.

Menjadikan tampilan blog menjadi seperti ini bukan tanpa alasan, ada banyak perubahan yang terjadi karena ini sangat berbeda dari saat pertama kali aku membuat blog, hingga menjadi seperti sekarang. Hal ini berdasarkan ilmu dan saran-saran dari teman-teman blogger yang membuat perubahan seperti sekarang. Mereka juga mengajari SEO, template, personal branding dan macem-macem hanya aku tidak menangkap dengan jelas apa maksud mereka, karena kepala aku udah pening duluan. Apapun itu, aku hanya mengerti bagaimana harus menulis atau memposting tulisan. Lupain dulu deh, SEO-SEO-an, karena ilmu aku masih belum kesana, tidak tahu esok lusa.

Singkatnya, kenapa aku memilih nama blog yang sekarang aku pakai anggap saja sebagai sebuah  proses pendewasaan aku dalam berkecimpung di dunia blog. Blog yang mulai meninggalkan sedikit demi sedikit kealayan nya,  menjadi aku yang baru yang lebih 'dewasa'.

Kalau kamu sendiri apakah ada arti khusus dari nama blog yang sekarang kamu gunakan? 

You Might Also Like

0 comments