Untuk Apa Media Sosial Ada?

7:46 PM

Untuk Apa Media Sosial Ada?

Memiliki akun media sosial yang sedang digunakan banyak orang saat ini bisa menjadi salah satu tolok ukur bahwa dia telah mengikuti perkembangan zaman terkini. Menurut Wikipedia, media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Facebook. Siapa sih yang tidak tahu Facebook? Semua orang memilikinya, bahkan ketika aku mencari teman-teman lama dari masa SMP, aku menemukannya melalui Facebook. Media sosial memudahkan kita untuk terhubung dengan orang-orang yang sangat kita kenal. Apalagi, untuk bisa mengakses media sosial hanya diperlukan gawai dan jaringan internet bahkan dengan akses yang lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dapat dilakukan sendiri.

Media sosial adalah sebuah wadah dimana orang bisa berkomunikasi. Aku sendiri mulai media sosial sejak kuliah, karena anggap saja saat SMA aku tidak terlalu suka mengakses internet. Bahkan aku terlalu sibuk dengan urusan alam nyataku. Dengan alasan mencari tugas kuliah aku mengakses internet, bahkan sambil mencari tugas kampus aku chating kesana-kemari dan menebar pesona menggunakan layanan MIRC. Yah, walaupun itu hanya untuk kesenangan sesaat saja, bahkan aku bisa memperlancar bahasa Inggrisku, ketika menemukan beberapa orang luar yang ikut dalam percakapan.

Bagi aku media sosial memiliki banyak manfaat, seperti :

  • Media Personal Branding

Bagi orang-orang “tertentu” media sosial digunakan untuk membranding diri mereka atau akun mereka. sehingga mereka bisa dikenal orang dengan branding mereka. Karena aku belum masuk ke dalam tingkatan ini, jadi aku masih membranding diriku sebagai blogger walaupun dalam kenyataannya aku masih belum fokus 100% untuk menjadi seorang blogger atau menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama.

  • Media Berbagi Informasi

Tidak dapat dipungkiri, media sosial menjadi tempat tercepat untuk menapatkan informasi. Saat ini aku selalu mengikuti LINE Today sebagai salah satu media yang paling cepat dalam menyampaikan berita terkini. Kemudian ada juga Instagram yang tidak kalah dalam menyampaikan informasi, disertai gambar-gambar ataupun video.

  • Media Komunikasi

Media sosial selalu menjadi media komunikasi dengan orang-orang. Status mereka terkadang membuat kita tanpa sadar memberikan komentar atau sekedar like. Pada akhirnya, kita bisa berbicara panjang lebar di sana. Dan ini tidak bisa kita lakukan serta merta ketika mengobrol melalui telepon atau saat mengirim SMS.

  • Media Hiburan

Tentu saja, media sosial bisa dijadikan media hiburan saat suntuk. 

Tapi, diantara banyaknya manfaat media sosial, ada beberapa hal buruk juga terjadi dari media sosial diantaranya munculnya tindak kejahatan seperti love scamer, penipuan, dan media sosial juga menjauhkan yang dekat. Sering kita lihat, ketika kita berkumpul bersama tapi setiap orang malah sibuk dengan media sosialnya. Apakah pertemuan offline menjadi tidak penting, atau menjadi kehilangan kata-kata tidak seperti ketika online?

Yah, apapun itu kembali kepada diri kita sendiri, dan bagaiman kita bisa memanfaatkan media sosial dengan bijak. Untuk bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk membantu kita, itulah alasan kenapa media sosial itu ada sekarang. 

You Might Also Like

0 comments